Home / animal / Bahaya, Jangan Pernah Berikan Makanan Ini Pada Kucing Anda

Bahaya, Jangan Pernah Berikan Makanan Ini Pada Kucing Anda

Apa kamu penggemar kucing dan kamu memiliki peliharaan kucing yang banyak di rumah? Ya, kucing memang hewan yang menggemaskan dan sangat lucu. Semua orang pasti menyukai hewan kecil berbulu lembut ini dan orang yang benar-benar sayang dengan kucingnya pasti akan memperhatikan kucing seperti anaknya sendiri. Apalagi masalah makanan, kamu pasti selalu memberikan makanan yang terbaik untuk kucing. Namun apakah kamu tau ada beberapa makanan yang berbahaya jika dimakan oleh kucing? Ada beberapa makanan yang tidak bisa dimakan kucing dan jika dimakan, kucing kamu bisa mengalami sakit yang serius dan bahkan bisa mati. Berikut ini adalah makanan yang sangat berbahaya untuk kucing:

Alpukat

Meski mengandung lemak, alpukat mengandung lemak baik yang tidak berbahaya jika dikonsumsi. Bila dimasak dengan tepat, alpukat bisa menjadi hidangan yang sangat lezat. Baik untuk manusia, namun jangan sekali-kali kalian memberikannya pada kucing.

Bagi kucing, alpukat adalah buah yang berbahaya tapi sayangnya kucing tidak tahu itu. Jadi sudah tugas manusia untuk mengawasi kucing peliharaan jangan sampai memakan buah ini. Alpukat mengandung racun yang disebut dengan persin. Memakan alpukat bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan, kesulitan bernafas dan paru-paru dipenuhi air. Biji alpukat juga bisa mendatangkan masalah yang serius apabila tertelan.

Telur Mentah

Telur mentah sangat kaya akan vitamin, protein dan nutrisi. Karena banyaknya nutrisi yang terdapat pada telur mentah, banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi telur mentah sangat bagus untuk tubuh. Apalagi bagi yang sedang ingin membesarkan otot tubuh. Kalian boleh saja memakan telur mentah jika mau, tapi jangan pernah berikan telur mentah pada kucing.

Telur mentah bisa membuat kucing terserang salmonella dan parasit lain yang bisa membuat pankreas mereka terbakar atau yang biasa disebut dengan pankreatitis. Tidak hanya itu, enzim yang terdapat pada telur mentah bisa membuat penyerapan vitamin B pada tubuh kucing menjadi terhambat.

Xylitol

Xylitol adalah pemanis buatan yang ditemukan dalam produk makanan seperti permen, pasta gigi dan obat kumur. Xylitol berbahaya bagi kucing karena menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) dan meningkatkan sekresi insulin. Xylitol juga dapat menyebabkan kerusakan hati pada kucing. Dalam waktu 30 menit setelah makan makanan yang mengandung xylitol, anjing bisa muntah, lesu, kejang, diare atau menjadi tidak terkoordinasi atau bertingkah aneh. Namun, beberapa tanda-tanda toksisitas ini bisa tak nampak selama berjam-jam atau bahkan untuk beberapa hari. Toksisitas xylitol pada kucing bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Xylitol merupakan racun paling berbahaya bagi kucing dan bahkan bisa menunjukkan gejala penyakit kuning.

Bawang

Manusia menggunakan bawang untuk dijadikan bumbu masakan. Segala jenis bawang baik itu bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan semuanya memiliki rasa yang enak bila dimasak secara tepat. Kalian boleh saja makan bawang yang banyak dan tidak mendapatkan masalah kesehatan tetapi bagi kucing, segala jenis bawang bisa sangat mematikan bagi mereka.

Semua jenis bawang, baik itu bawang merah, bawang putih dan bawang bombay dapat memberikan masalah kesehatan yang sangat serius apabila sampai termakan oleh kucing. Bawang dapat merusak sel darah merah pada tubuh kucing dan mengakibatkan anemia. Tidak hanya anemia, bawang juga bisa membuat perut kucing menjadi sakit.

Nasi

Kucing juga tak boleh memakan nasi karena saluran pencernaan kucing itu sulit untuk mencerna karbohidrat. Nasi memang bisa menjadi sumber energi, tapi tidak perlu terlalu banyak. Karena nasi tidak dapat dicerna oleh lambung kucing dan akan membuat organ dalamnya harus bekerja lebih berat sehingga mempercepat radang usus, gagal ginjal dan sakit pencernaan lainnya. Perbaiki dengan memberikan daging dan ikan yang kaya protein, terutama bagi kucing yang masih muda.

Alkohol

Sudah banyak berita yang mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Jika manusia saja dianjurkan untuk tidak minum minuman yang mengandung alkohol, maka begitu juga dengan hewan. Apalagi jika itu adalah kucing. Alkohol diketahui dapat memberikan efek negatif pada kucing.

Kucing memiliki tingkat toleransi terhadap alkohol yang sangat rendah, hanya sedikit saja alkohol maka bisa berdampak negatif pada mereka. Alkohol bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan, diare, stres, koordinasi tubuh yang buruk dan kesulitan bernafas.

Anggur Dan Kismis

Anggur dan kismis adalah 2 jenis makanan manusia yang enak. Anggur sering dijadikan snack ketika sedang lapar sedangkan kismis sering ditemukan pada kue. Karena ukurannya yang kecil dan nampak tidak berbahaya, banyak orang menggunakan anggur dan kismis sebagai snack bagi hewan peliharaan. Padahal 2 makanan ini justru sangat tidak dianjurkan diberikan pada hewan, terutama kucing.

Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada kucing dan anjing. Tanda-tanda klinis dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah makan seperti sering buang air kecil, muntah, diare dan kelesuan. Kasus keracunan bahan makanan ini memang sebagian besar ditemukan pada anjing. Tapi kelompok ASPCA (Animal Poison Control Center) menyarankan untuk tidak memberikan anggur atau kismis pada hewan peliharaan apa pun, seberapa pun jumlahnya.

Susu

Bagi kalian yang memelihara anak kucing, pasti menjadi hal yang wajar apabila kita memberikan susu pada anak kucing. Jika masih anak-anak, memberikan susu adalah hal yang wajar tapi jika kucing sudah dewasa, memberikan susu pada kucing bisa mendatangkan masalah besar.

Sama halnya seperti kita manusia, ada orang yang tidak tahan dengan laktosa pada susu. Jadi, meminum susu bisa mengakibatkan masalah pada perut. Sama juga pada kucing, ketika kucing sudah dewasa, kucing menjadi intoleran terhadap zat laktosa yang terkandung dalam susu. Kucing yang minum susu bisa mengalami masalah perut seperti diare.

Terkadang kita berpikir kalau makanan di atas adalah makanan yang baik untuk kucing kesayangan. Namun pada kenyataan adalah kebalikannya. Jadi, lebih perhatikan lagi ya makanan yang kamu berikan kepada hewan kesayangan kamu. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan bisa bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *