Home / culture / Inilah Tarian Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

Inilah Tarian Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

Indonesia memiliki berbagai ragam seni dan juga budaya, ini dikarenakan banyaknya suku yang ada di Indonesia yaitu hampir 1500 suku tinggal di negeri dengan populasi terbesar ke 4 di dunia ini. Setiap suku memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah berbagai jenis tari tradisional Indonesia yang mewakili setiap suku masyarakat di negeri ini. Banyak orang yang kagum akan tarian Indonesia yang memiliki keunikan dan gaya yang khas. Berikut ini adalah tarian Indonesia yang telah Mendunia dan dikenal oleh banyak orang:

1. Tari Jaipong

Jaipongan adalah tari yang terlahir dari kreativitas seniman asal bandung yang bernama Gugum Gumbira, ia terinspirasi dari kesenian rakyat yang salah satunya adalah kethuk tilu. Kethuk tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul pola pola gerak tari tradisional yang ada pada kliningan atau bajidoran. Sehingga dia dapat mengembangkan tarian atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan.

Tari jaipong pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat. Tarian ini terlihat pada acara-acara penting kedatangan tamu dari negara asing yang datang ke Jawa Barat. Meski tarian ini tergolong dalam golongan tarian yang masih berusia muda, tapi tarian ini sudah dapat menjadi tarian resmi jawa barat.

Jaipong sudah dikenal di mancanegara sebagai tarian pergaulan. Gerakannya yang lincah dan atraktif membuat tarian ini banyak disukai. Inilah yang harus kita teruskan lagi dari kesenian yang ada di Indonesia. jangan sampai kita melupakan seni yang ada di negara kita hanya karena adanya pengaruh budaya asing.

2. Tari Pendet

Tarian ini diyakini banyak orang diciptakan oleh seorang maestro tari dari Pulau Dewata, yakni I Wayan Rindi pada tahun 1950. Awalnya, tari Pendet sendiri merupakan tari pemujaan yang dilakukan umat Hindu di tempat ibadahnya, pura, dalam ucapara keagamaan. Tarian ini dilakukan sebagai penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Makanya ada banyak gerakan yang mengandung nilai-nilai kesakralan dan religius dalam tarian ini.

Tari pendet juga bisa berfungsi sebagai tari penyambutan. Seiring perkembangan jaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “tarian ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Tari Pendet hingga saat ini menjadi tontonan wajib wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata. Tidak heran jika Tari Pendet sempat diklaim oleh Malaysia sebagai budaya mereka. Salah satu kejadian inilah yang menyebabkan tarian ini terkenal di dunia.

3. Tari Saman

Aceh juga memiliki tarian tarian yang terkenal hingga mancanegara, yakni Tari Saman. Tari Saman termasuk dalam kategori seni tari yang sangat menarik, keunikan tari saman terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari Saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis. Gerakan-gerakan teratur itu seolah digerakkan satu tubuh terus menari dengan kompak mengikuti dendang lagu yang dinamis. Tak salah lagi jika Tari Saman banyak memikat hati para seni tari, tidak hanya di Indonesia tapi juga dari mancanegara.

Tari Saman termasuk dalam kategori tarian yang unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya seperti gerak kireb, jinggang dan surang saring. Selain itu ada dua baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua penari Saman harus menari dengan harmonis.

4. Tari Reog Ponorogo

Tarian ini adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Reog juga sangat menghibur turis-turis yang datang ke Indonesia dan Reog pun menjadi salah satu tarian Indonesia yang mendunia.

5. Tari Bali

Kesenian Tari Bali ini memang sangat dikagumi oleh banyak wisatawan asing seperti wisatawan dari AS, Thailand, Australia, Jerman, Jepang dan juga Cina, karena mereka suka dengan tarian anak bangsa indonesia yang semakin tersohor karena karya kesenian tari mereka ini. Banyak sekali turis yang mau berkunjung untuk bisa belajar Tari Bali karena mereka suka sekali dengan cerita dan juga pertunjukan seni Bali itu sendiri, Bali sangat banyak ditemui sanggar tari seperti Tari Leak atau Tari Legong yang sudah sangat terkenal sekali.

6. Tari Serimpi

Tari Serimpi berasal dari daerah Surakarta dan Yogyakarta. Tarian Serimpi merupakan salah satu tari klasik yang dimainkan oleh beberapa penari wanita cantik dan anggun. Tarian ini menggambarkan kelemah-lembutan dan kesopanan yang diperlihatkan dari gerakan yang pelan dan lembut oleh masing-masing penarinya.

Nama Serimpi sendiri oleh Dr. Priyono dikaitkan dengan akar kata “impi” atau mimpi. Gerakan lemah gemulai tarian serimpi yang berdurasi 3/4 hingga 1 jam itu dianggap mampu membawa para penonton ke alam lain (alam mimpi). Konon, munculnya tari Serimpi berawal dari masa kejayaan Kerajaan Mataram, saat Sultan Agung memerintah antara 1613-1646. Dan tarian ini dianggap sakral karena hanya dipentaskan dalam lingkungan keraton sebagai ritual kenegaraan hingga peringatan Naik Takhta Sultan.

Itulah tarian-tarian Indonesia yang sudah mendunia, masih banyak lagi jenis tarian-tarian Indonesia lainnya yang juga menjadi ciri khas masing-masing daerah. Indonesia sangat terkenal dengan seni dan budayanya, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikannya budaya yang kita punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *