Home / culture / Wow, Tari Saman Cetak Rekor Muri Untuk Kedua Kalinya

Wow, Tari Saman Cetak Rekor Muri Untuk Kedua Kalinya

Bercerita soal Tarian, mungkin seluruh penjuru negara mempunyai tarian khas yang melambangkan kenegaraan. Meskipun banyaknya Tarian yang diketahui, namun tidak begitu banyak juga tarian yang pernah membuat rekor MURI dan kini Indonesia yang telah berhasil memecahkan rekor MURI tersebut. Tidak sedikit yang kita ketahui tentang tarian di Indonesia, setiap Provinsi memiliki khas tarian.

Indonesia kembali mencengangkan dunia dengan membuat rekor muri dunia. Ini terjadi pada tanggal 13 Agusutus 2017 pada pukul 10 : 20 Wib yang berlangsung di Aceh, Stadion Seribu Bukit Blangkejeren Gayo Lues. Aceh telah berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Perwakilan MURI yang bernama Andre Purwandono di Blangkejeren menyebutkan jumlah para peserta tari Saman sebanyak 12, 262 ribu orang. Bahkan sampai melebihi dari yang ditargetkan sebanyak 10.001 penari.

Tarian Saman tersebut juga didukung dari berbagai daerah yang ikut serta menghadiri dengan antusias para penari berkumpul di Stadion Seribu Bukit Blangkejeren Gayo Lues Aceh. Namun sangat disayangkan sekali, karena Tarian Saman ini tidak disiarkan secara live (langsung) oleh televisi-televisi swasta. Hanya satu stasiun televisi yang telah menyiarkannya secara langsung, yakni stasiun Inews Tv.

Karena mengingat ini adalah salah satu kebanggan Indonesia yang telah mencetak rekor Muri sepanjang massa. padahal sebelumnya pada tahun 2014 tarian saman ini sudah mencetak rekor dunia dengan menghadirkan 5057 penari. Kini ditahun 2017 tarian saman tersebut telah mencetak rekor dunia untuk yang ke dua kalinya dengan menghadirkan 10001 penari bahkan lebih seperti yang kita ketahui.

Acara yang dihadiri ribuan penonton itu dibuka langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan didampingi wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Selain itu turut hadir Dirjen Kebudayaan dari Kemendikbud, Hilmar Farid Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Riefky Harsya dan beberapa penjabat lainnya.

Penghargaan tersebut pun langsung diserahkan oleh Manager MURI yang bernama Andre Purwandono kepada Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim dan didampingi oleh Gubernur Aceh yang bernama Irwandi Yusuf. Penyerahan tersebut juga berlangsung di atas panggung utama Pagelaran Saman 10001 penari. Dalam sambutannya sebelum menyerahkan piagam penghargaan itu, Andre juga mengatakan berikut :

Untuk Tari Saman Jilid dua kali ini, tercatat oleh kami berjumlah 12.262 penari dan rekor ini merupakan rekor dunia, yang mana hanya Indonesia yang memiliki sebuah maha karya yang sangat indah, yang kita saksikan secara bersama dan mampu membuat bulu kuduk merinding, membuat kami ingin menari dengan kalian semua. Semoga dengan kegiatan ini, kita bersama-sama bisa melestarikan budaya Indonesia,” ucap Andre yang disambut tepuk tangan penonton dan para penari saman yang baru saja tampil di hadapan puluhan ribu penonton, pada hari Minggu (13/8/2017).

Tarian Saman yang sudah menjadi warisan dunia tak berbenda dari UNESCO ini akan terus kita jaga dan lestarikan bersama. Melalui Disbudpar akan dukung upaya-upaya pelestarian seni budaya Aceh,” tutur Irwandi Yusuf yang berpakaian adat Gayo. Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, menyatakan, tari saman merupakan diplomasi budaya yang sangat efektif.

Ini merupakan sebuah diplomasi yang sangat efektif di mana dalam setiap gerakan memperlihatkan keserasian dan kebersamaan,” katanya. Dengan adanya rekor ini mungkin Indonesia bisa menambah dan mencetak rekor MURI yang sudah diakui dunia.

Seluruh masyrakat Indonesia juga mungkin mengharapkan dan menantikan rekor-rekor selanjutnya yang akan disalurkan lewat kebudayaan lainnya. Harapan ini juga tidak akan berhenti sampai pada rekor tarian saman saja yang telah dicetak pada tahun ini 2017. Untuk menuju Indonesia bangga pemerintah juga mengharapkan kepada anak bangsa agar sudi kiranya mengkreasikan segenap kemampuannya untuk membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia ke dunia.

Tidak ada kata terlambat untuk menciptakan dan belajar agar membuat segala penemuan dan kreasi yang membanggakan negeri kita tercinta ini, Indonesia. Mimpi untuk mengembangkan segala Aspirasi bukanlah hal yang salah, akan tetapi jangan lupa untuk bangun. Karena disaat terbangun itulah kita akan bisa menciptakan segalanya yang ada didalam mimpi kita.

Semoga artikel diatas bisa memberikan salah satu contoh untuk anak Indonesia lebih semangat lagi dalam menggapai rekor-rekor selanjutnya. Jangan pernah berhenti mengejar mimpi karena takdir, tetapi buatlah takdir itu berhenti karena kita mengejar mimpi tersebut.

“Matahari telah terbit dan hari baru sudah terbuka lagi. Mulailah hari anda dengan penuh motivasi. Tataplah cermin dan yakinkan bahwa anda siap untuk menghadapi semuanya dan berhasil hari ini” Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *