Home / Game / 8 Perusahaan Game Terkaya di Dunia

8 Perusahaan Game Terkaya di Dunia

Saat ini Industri game memang mengalami kemajuan yang sangat pesat, dengan total pendapatan US$99.9 Miliar atau dirupiahkan sekitar 1,331 Triliun rupiah dan pengguna yang aktif pada tahun 2016 sekitar 2,1 miliar gamer, dari banyaknya keuntungan yang didapat disektor game. Tahukah kamu apa saja perusahan game terkaya yang ada didunia ini? inilah video peruhaan game paling terkaya saat ini beserta pendapatannya ditahun 2016. Berikut Videonya dibawah ini :

Dengan video diatas, kamu sudah pasti pernah melihatnya atau bahkan kamu juga salah satu penggunanya yang aktif saat ini dan berikut dibawah ini 8 daftar perusahaan game yang paling laris serta keuntungan yang didapatkan dari pengguna game tersebut :

1. Activision Blizzard (Rp 61,3 Triliun)

Activision Blizzard didirikan pada tahun 1979 oleh David Crane dan desainer Alan Miller yang berpisah dari Atari mengenai isu hak cipta dan eksekutif hiburan Jim Levy. Perusahan game ini sendiri resmi belum merilis jumlah pendapatan mereka untuk tahun 2016 kemarin. Namun dengan banyaknya game populer yang berhasil dibuatnya, diperkirakan sudah mencapai US$4,6 Miliar dan kalau dirupiahkan sekitar Rp 61,3 Triliun.

Sementara itu game-game populer yang dibuat oleh Activision Blizzard adalah Hearthstone, World Of Warcraft, Heroes Of The Storm, Guitar Hero, Quake II dan masih banyak lagi game yang populer dari perusahaan game tersebut.

2. Nintendo (Rp 58,6 Triliun)

Nintendo menjadi sebuah perusahaan permainan video dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini. Di samping permainan video, Nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle dan Washington pada tahun 2001. Perusahaan game ini berada diurutan kedua, dengan pendapatan sekitar 504 miliyar yen dan kalau dirupiahkan sekitar Rp 58 Triliun.

Penururan ini disebabkan gagalnya penjualan game dan konsil di Wii U senilai US$49 juta (Rp 650 miliar). Meski tidak beruntung di tahun ini, Nintendo masih menjadi salah satu perusahaan game paling kaya di dunia. Beberapa game populer yang dibuat Nintendo antara lain adalah Pokémon, Mario dan Zelda.

3. Electronics Arts (Rp58,5 Triliun)

Electronic Arts merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan beragam macam produk multimedia. Didirikan oleh William M ‘Trip’ Hawkins III (lahir 28 Desember 1953). Perusahaan ini mempekerjakan 8.000 karyawannya pada tahun 2008. Bermarkas di Redwood City, California. EA sering dikritik karena sering melakukan aksekusi secara baik maupun tidak baik.

Perusahaan game berada diurutan ketiga berhasil memperoleh pendapatan hingga US$4,39 Miliar dan kalau dirupiahkan sekitar Rp 58,5 Triliun. Game FPS terbaru buatannya adalah Battlefield One juga berhasil menjadi salah satu game populer yang dirilis di tahun 2016. Beberapa game lain buatan EA yang cukup sukses di pasaran antara lain adalah FIFA Series, Burnout dan Command & Conquer Series.

4. SEGA (Rp 42 Triliun)

Pada tahun 1951, pemerintah Amerika Serikat melarang mesin slot di wilayah AS, jadi Bromley mengirim dua pegawainya, Richard Stewart dan Ray LeMaire ke Tokyo, Jepang, pada tahun 1952 untuk mendirikan distributor baru. Perusahaan tersebut menyediakan mesin slot yang dioperasikan dengan koin ke basis A.S. DiJepang mereka mengganti namanya lagi menjadi Service Games.

Selama tahun 2016 SEGA diperkirakan berhasil memperoleh keuntungan hingga US$3,2 Miliar dan kalau dirupiahkan sekitar Rp 42 triliun. Beberapa judul game populer buatan SEGA antara lain adalah Sonic The Hedgehog, Total War dan Daytona USA.

5. Ubisoft (Rp 41 Triliun)

Pada bulan Maret 1986, lima saudara dari keluarga Guillemot mendirikan Ubi Soft di Carentoir, sebuah desa kecil yang terletak di departemen Brittany di wilayah Brittany di Prancis. Yves Guillemot segera membuat kesepakatan dengan Electronic Arts, Sierra On-Line dan MicroProse untuk mendistribusikan permainan mereka di Prancis. Pada akhir dekade ini, Ubi Soft mulai berkembang ke pasar lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Jerman. Mereka memasuki distribusi video game dan pasar grosir dan pada tahun 1993 mereka telah menjadi distributor video game terbesar di Prancis.

Pada awal 1990an, Ubi Soft memperkuat program pengembangan permainan in-house, yang menyebabkan pembukaan sebuah studio di Montreuil, Prancis pada tahun 1994. Ini kemudian menjadi kantor pusat administrasi dan komersial mereka, bahkan saat perusahaan tersebut terus mendaftarkan kantor pusatnya di Rennes. Ubi Soft menjadi perusahaan publik pada tahun 1996 dan melanjutkan ekspansi di seluruh dunia, membuka lokasi di Annecy (1996), Shanghai (1996), Montreal (1997) dan Milan (1998).

Dibandingkan tahun sebelumnya, pada tahun ini Ubisoft berhasil meningkatkan pendapatan mereka. Seperti yang dirangkum di laporan keuangan 2016, Ubisoft berhasil memperoleh US$3,1 miliar dan kalau dirupiahkan sekitar Rp 41 triliun. Beberapa judul game populer yang dibuat Ubisoft antara lain adalah Assassin’s Creed, Far Cry, Rainbow Six, Prince of Persia dan Watch Dogs.

6. Bandai Namco Entertainment (Rp 37 Triliun)

Perusahaan game ini didirikan pada tanggal 1 Juni 1955, Shinagawa, Tokyo, Jepang dan pada laporan tahun 2016. Bandai Namco Company berhasil memperoleh pendapatan 575.5 milyar yen atau dirupiahkan sekitar Rp 67 triliun. Sementara untuk bagian game saja, Bandai mendapatkan US$2,81 miliar dan dirupiahkan sekitar Rp 37 triliun. Beberapa judul game populer yang dibuat oleh Bandai Namco antara lain adalah Naruto Series, Tekken, Soulcalibur, Wild Hunt dan Dark Souls series juga memberi keuntungan besar bagi perusahaan game ini.

7. Konami (Rp29 Triliun)

 

Perusahaan game ini didirikan pada tahun 1969 di Osaka, Jepang oleh Kagemasa Kōzuki. Nama “Konami” berasal dari gabungan suku kata pertama dari nama keluarga pendirinya Kagemasa Kouzuki, Yoshinobu Nakama dan Tatsuo Miyasako. Sementara itu laporan keuangan Konami menunjukkan perbandingan antara pendapatan bersih tahun 2014 dan 2015. Pada tahun ini, diperkirakan Konami berhasil memperoleh pendapatan 250 miliar yen atau dirupiahkan sekitar Rp 29 triliun.

Seri game terbaru dari perusahaan ini adalah Metal Gear Solid, The Phantom Pain dan beberapa game mobile terbaru di 2016 ini berhasil membantu meningkatkan keuntungan mereka. Selain game tersebut, game terkenal Konami lainnya antara lainnya adalah Castlevania, Dance Dance Revolution dan Silent Hill.

8. Square Enix (Rp25 Triliun)

Perusahaan game ini didirkan pada tanggal 22 September 1975 di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Square Enix adalah hasil dari bergabungnya perusahaan Square Co Ltd dan Enix pada tanggal 1 April 2003. Secara resmi Enix menarik Square, disini para pemegang saham Square menerima 0,81 bagian saham dalam perusahaan baru ini sedangkan para pemegang saham Enix menerima bagian satu banding satu. Akan tetapi, posisi-posisi pimpinan dalam struktural perusahaan baru ini diduduki oleh pejabat-pejabat tinggi dari Square, termasuk presiden Square Yoichi Wada, yang ditunjuk sebagai presiden perusahaan yang baru.

Perusahaan game terkaya terakhir adalah Square Enix. Di laporan keuangan yang dirilis pada 31 Maret 2016 lalu. Square Enix berhasil memperoleh pendapatan 214 miliar yen (Rp 25 triliun). Pendapatan tersebut diperkirakan akan meningkat dengan dirilisnya game terbaru Final Fantasy XV dan beberapa game populer yang dibuat Square Enix antara lain adalah Kingdom Hearts dan Dragon Quest.

Itulah beberapa perusahaan game paling kaya yang ada di dunia ini dan semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *