Home / general / Bahaya Akibat Memakai Headset Terlalu Lama

Bahaya Akibat Memakai Headset Terlalu Lama

Buat kamu yang suka mendengarkan musik dengan menggunakan headset, wajib baca nih sob. Memang dengan menggunakan headset akan lebih praktis dan juga lebih baik dari segi suara. Tapi apakah kamu tau kalau memakai headset terlalu lama itu sangat berbahaya lho. Gak percaya? Silahkan simak aja artikel ini.

Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon seluler.

Pada jaman sekarang, siapa yang tidak tau apa itu headset? Ya, headset sepertinya sudah menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan oleh pecinta musik. Headset memberikan privasi yang lebih baik dibandingkan menggunakan speaker besar dan dapat memberikan pengalaman mendengarkan audio yang baik.

Kebiasaan mendengarkan MP3 player bisa membuat telinga cedera akibat terlalu sering memakai headset dengan volume tinggi. Berdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone atau headset selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.

Saat ini mungkin dampaknya belum terlihat, namun kelak akan terasa. Mendengarkan pemutar musik personal secara reguler dalam volume tinggi ketika muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang, jelas salah seorang peneliti pada International Herald Tribune.

Beberapa cara untuk mengurangi kerusakan pendengaran adalah dengan mengurangi volume suara dan mengurangi waktu untuk mendengarkan dengan headset. Namun seringkali juga orang-orang menggunakan headset pada tempat-tempat yang ramai seperti stasiun kereta dan terminal bus, jadinya tanpa sadar cenderung untuk meningkatkan volume headset lebih keras lagi. Berikut ini adalah bahaya memakai headset terlalu lama:

1. Kerusakan Permanen Pada Telinga

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset

Kerusakan pada telinga dapat terjadi dikarenakan penggunaan headset secara terus menerus. Hal ini dikarenakan suara keras dari musik yang berasal dari headset yang dimiliki dan telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari headset yang langsung terhubung dengan lubang telinga.

2. Kerusakan Otak

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset

Headset yang digunakan ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri. Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Hal ini dapat memicu kerusakan otak dikarenakan radiasi dari headset tersebut. Ini dibuktikan dengan percobaan pada tikus dan tumbuhan. Otak tikus terpengaruh oleh gelombang radiasi ini yang mengakibatkan kerusakan pada otak tikus. Sedangkan pada tumbuhan, perlahan layu dikarenakan paparan musik keras yang menerpa selama beberapa hari.

3. Membuat Tuli Sesaat

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset terlalu lama

Memakai headset terus-menerus dapat membuat telinga berdengung dan dapat mengalami tuli sesaat. Hal ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Ini terjadi karena mendengarkan musik dengan suara keras. Jadi usahakanlah agar penggunaan headset dibatasi dalam sehari, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Memperbesar Resiko Kecelakaan

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset

Pemakaian headset terlalu lama dapat menyebabkan kita menjadi kurang awas dan cenderung mengabaikan dunia sekitar kita, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Beberapa fakta menyatakan bahwa terjadinya kecelakaan disebabkan orang tidak peduli dengan hal sekitar mereka karena asyik dengan headset dan musik mereka, sehingga tidak fokus dan pada akhirnya malah menyebabkan terjadinya kecelakaan.

5. Infeksi Telinga

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset terlalu lama

Hal ini dikarenakan oleh mekanisme penggunaan headset yang masuk ke dalam rongga telinga. Jika headset yang digunakan tidak bersih, maka potensi terjadi radang pada rongga telinga semakin besar. Jika sudah terkena infeksi, maka telinga akan terasa gatal dan dapat mengurangi pendengaran kamu.

6. Kehilangan Pendengaran Diusia Muda

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset menyebabkan kehilangan pendengar usia muda

Efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan. Jika sering memaparkan suara musik keras secara langsung kedalam telinga melebihi 90dB, maka kamu beresiko besar mengalami penurunan pendengaran diusia muda.

7. Telinga Mengalami Kelelahan

Hasil gambar untuk bahaya memakai headset terlalu lama menyebabkan telinga lelah

Kelelahan telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga ini dapat menyebabkan daun telinga terasa perih dan sakit. Hal ini kemudian juga dapat menyebabkan telinga kita menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.

Itulah bahaya dari pemakaian headset terlalu lama, maka dari itu dianjurkan jika ingin memakai headset untuk tidak melebihi batas 100 desibel ya sob. Ya kalau bisa kamu membatasi pemakaian headset agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Oke see you …..

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …