Home / general / Keren Banget, Inilah Stadion Canggih Yang Ada Di Dunia

Keren Banget, Inilah Stadion Canggih Yang Ada Di Dunia

Kemajuan teknologi pastinya sudah berkembang dimana saja, tak terkecuali dengan perkembangan tentang sepak bola. Ya, seiring berkembangnya teknologi, dunia tentang si kulit bundar ini terus mengalami kemajuan serta kecanggihan-kecanggihan yang berarti.

Salah satu perubahan yang cukup terasa dalam kemajuan teknologi di sepakbola adalah stadion. Saat ini, banyak stadion di dunia yang terkenal akan kecanggihannya. Anda menyukai dunia sepak bola? Apakah Anda tau dimana saja stadion-stadion yang memiliki kecanggihan-kecanggihan tersebut? Kalau Anda ingin mengetahuinya dimana saja, baca artikel ini yuk sob.

1. Doha Port Stadium (Qatar)

Sebagai penyelenggara Piala Dunia 2022, Qatar terus bebenah diri. Mereka menyiapkan berbagai kebutuhan untuk melancarkan event akbar empat tahunan tersebut. Salah satunya dengan membangun stadion sepakbola tercanggih. Doha Port Stadium adalah satu diantara stadion berteknologi terbaik yang pernah di buat Qatar. Mengapa demikian? Stadion ini diklaim mampu mengatur suhu Qatar yang panas menjadi sejuk. Jadi, siapapun yang hendak menonton piala dunia disana, bisa dipastikan tak akan kegerahan dengan kondisi cuaca Qatar yang panas.

2. Allianz Arena (Jerman)

Stadion Tercanggih

Markas milik Bayern Munchen ini bisa bertransformasi menjadi tiga warna, tergantung siapa pemakai stadion tersebut. Putih untuk timnas Jerman, Merah untuk Munchen dan Biru untuk TSV 1860 Munchen. Selain itu, Allianz Arena juga dilengkapi dengan konstruksi yang unik jika kita melihatnya dari atas. Keren banget ya sob.

3. Veltins Arena (Jerman)

Stadion Tercanggih

Stadion kebanggaan Schalke 04 ini bisa menyesuaikan di segala kondisi. Saat kondisi hujan, atap stadion bisa ditutup. Saat ada konser musik, maupun kegiatan lainnya, rumput stadion ini bisa dilipat kedalam. Selain kondisional, Veltins Area juga dilengkapi teknologi super canggih untuk menhalau perusuh masuk ke dalam stadion.

4. Avaya Stadium (Amerika Serikat)

Stadion Tercanggih

Selain terkenal akan kemewahan stadion football dan baseballnya, Amerika Serikat juga memiliki stadion super canggih dalam diri Avaya Stadium. Markas San Jose Earthqukes ini dilengkapi dengan teknologi cloud computing, yang mana teknologi ini bisa memprediksi pergerakan awan. Selain itu, stadion ini juga mampu mengintegrasikan beragam data, server, sistem tiket, reservasi, kunjungan, penyiaran dan lain sebagainya. Canggih ya ­čśÇ

5. Stamford Bridge (Inggris)

Stadion Tercanggih

42 Ribu penonton selalu memadati stadion ini kala sang pemilik, Chelsea FC bermain. Tak berhenti sampai disitu, stadion ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium seperti hotel, bar dan cafe yang tersebar hampir di seluruh penjuru stadion. Stamford Bridge juga dilengkapi dengan lampu LED berteknologi tinggi yang belum pernah ditemukan di stadion manapun.

6. Juventus Arena (Italia)

Stadion Tercanggih

Jika banyak stadion menggunakan listrik untuk menerangi stadion, maka lain halnya dengan Juventus Arena. Stadion kebanggaan Juventus ini menggunakan panel surya untuk menerangi seisi stadion. Tak heran jika stadion ini menuai banyak pujian karena ramah terhadap lingkungan.

7. London Olympic Stadium (Inggris)

Stadion ini dibangun sebagai salah satu sarana Olimpiade 2012 yang diselenggarakan di London. Pembuatan awal stadion berkapasitas 80 ribu tempat duduk ini hanya menghabiskan dana 486 juta dolar AS (Rp 4,6 triliun), tetapi kini angka tersebut mencapai total hingga 775 juta dolar atau sama dengan 7,4 triliun rupiah.

Biaya super besar tersebut tampak konyol, sebab pasca Olimpiade 2012 selesai, stadion tersebut tak lagi memiliki fungsi apapun. Kini pihak Komite Olimpiade London tengah berusaha menjual stadion itu ke berbagai pihak. Kabarnya, Tottenham Hotspur dan West Ham menjadi dua klub yang berminat untuk membelinya.

 

8. Santiago Bernabeu (Spanyol)

Stadion Tercanggih

Real Madrid tak hanya dikenal sebagai tim termewah di dunia karena banyak disesaki pemain bintang di dalamnya. Mereka juga memiliki kemewahan di dalam diri Santiago Bernabeu, yang notabene merupakan markas mereka. Stadion yang berkapasitas 80 ribu tempat duduk ini menyajikan berbagai teknologi termutahir seperti atap yang bisa digeser untuk meminimalisir turunnya air hujan dan sinar matahari secara langsung. Selain itu, Bernabeu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium seperti club store, mall, hotel dan lain sebagainya. Asyik ya bisa sambil jalan-jalan deh.

9. Camp Nou (Spanyol)

Untuk jawara stadion terbaik dan tercanggih kali ini di anugerahkan kepada Camp Nou Stadium. Stadion milik tim FC Barcelona tersebut adalah stadion terbesar yang ada di Spanyol dengan daya tampungnya yang mencapai 99.000 penonton. Pada awalnya, stadion kebanggaan Barca ini secara resmi bernama Estadi del FC Barcelona, namun tak lama kemudian segera populer dengan nama Camp Nou yang berarti lapangan baru.

Awal pembangunannya di tahun 1957, mereka menggunakan stadion lama Les Court. Tetapi baru pada musim 2000/01, pihak manajemen mengadakan pemungutan suara. Hasilnya, suara terbanyak memilih untuk mengganti namanya menjadi Estadi del FC Barcelona menjadi Camp Nou.

10. Stadion Luzhniki (Rusia)

Stadion Luzhniki adalah stadion olahraga terbesar di Rusia, terletak di Luzhniki, Moskwa. Stadion ini berkapasitas 84.745 kursi. Stadion ini mulai dibuka tahun 1956. Stadion ini pun pernah menjadi tempat Olimpiade Musim Panas 1980.

Stadion ini nanti akan  menjadi stadion utama Piala Dunia 2018, sebagai tempat pertandingan pembuka dan final. Stadion baru ini dibangun di lokasi stadion lama (dibangun 1955-1956) yang dihancurkan pada 2013 lalu. Rencananya stadion ini siap beroperasi tahun 2017.

Gimana sob, bagus-bagus kan? kira-kira stadion mana nih yang mau Anda kunjungi? gimana kalau ke ┬áStadion Luzhniki (Rusia), karena stadion tersebut akan dipakai untuk piala dunia tahun 2018 lho sob. Masih ada waktu tuh untuk nabung sampai tahun depan, hehe ­čÖé

 

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …