Home / general / Keren! Kincir Tertinggi Di Dunia Ini Sampai 210 Meter

Keren! Kincir Tertinggi Di Dunia Ini Sampai 210 Meter

Bianglala atau kincir seringkali kita anggap sebagai wahana yang ramah dan jauh dari kata ekstrim. Mungkin pandangan seperti itu tidak berlaku untuk bianglala yang ada dalam daftar berikut ini. Mereka tidak hanya berukuran puluhan meter saja tapi ketinggiannya di atas seratus meter bahkan beberapa diantaranya memiliki ukuran lebih dari 150 meter. Bayangkan jika kamu naik di salah satu wahana ini, deguban jantung pasti akan terpacu kencang. Semakin majunya teknologi yang semakin modern, banyak beberapa negara membangun wahana hiburan yang meriah. Wahana tersebut bisa sebagai simbol di setiap negara.

1. The Dubai Eye, (210 meter)
Dubai selalu saja berusaha untuk membuat sesuatu yang baru. Paling tidak untuk soal tinggi. Kali ini, sebuah wahana kincir raksasa dibangun di kota tersebut. Kincir ini dirancang menjadi kincir raksasa terbesar dan tertinggi di dunia, dengan tinggi 210 meter. Sang penguasa Dubai, Sheik Mohammed bin Rashin Al Maktoum, baru-baru ini diberitakan telah menyetujui biaya pembangunan Dubai Eye yang mencapai sekitar US$1,6 miliar itu. Dubai Eye bakal menunjukkan ambisi dan kehebatan pemerintah kota Dubai. Terutama, setelah ekonomi global mengalami penurunan.
Pembangunan kincir raksasa ini diharapkan dapat menarik wisatawan yang mengunjungi Dubai lebih banyak lagi. Kincir yang merupakan salah satu proyek di Bluewaters Island diharapkan dapat menarik tiga juta pengunjung setiap tahunnya. Proyek ini pun akan dilengkapi dengan area toko-toko, restoran, dan tempat hiburan. Selain itu, hotel bintang lima pun dibangun di tempat ini untuk menampung wisatawan. Pembangunan kincir ini dimulai pada April 2013. Dengan tingginya yang begitu menjulang, dari puncak The Eye wisatawan dapat menikmati pemandangan seluruh Kota Dubai. Burj Al Arab, Palm Jumeirah, dan Burj Khalifa yang kini menjadi landmark Dubai pun dapat Anda nikmati dari wahana ini.
2. New York Wheel, (190 meter)
Selama dua tahun belakangan ini, sebuah kincir raksasa juga dibangun di Pulau Staten, New York City. New York Wheel tadinya juga digadang-gadang sebagai bianglala terbesar, sebelum Dubai Eye memulai pembangunannya. Bianglala tersebut adalah bagian dari strategi membangkitkan kembali turisme di kota New York khususnya area pertokoan tepian Pulau Staten. Dari kincir ini, wisatawan tak hanya  disuguhkan dengan pemandangan gedung pencakar langit kota Manhattan dan Staten Island,  namun wisatawan juga bisa melihat New York Harbor dan Patung Liberty.
Kincir ini dapat menampung hingga 1.440 orang per perjalanan, dan diperkirakan menyambut sebanyak 30.000 pengunjung per hari dan diantisipasi 3 juta lebih pengunjung per tahun. The New York Wheel akan buka 7 hari seminggu, sekitar 350 hari per tahun, dari jam 10 pagi sampai 10 malam di musim gugur, musim dingin dan musim semi, dan tetap buka pada acara-acara khusus.

3. High Roller, Amerika Serikat (167 Meter)

High Roller, Amerika Serikat, via Instagram
Las Vegas  mencoba membangun bianglala tertinggi. Proyek ini sudah dimulai pada 2011 dan pada awal konstruksi direncanakan menjadi kincir tertinggi melebihi Singapore Flyer. Kincir ini juga dirancang menjadi kincir observasi. Pembangunan proyek ini menghabiskan biaya senilai US$ 500 juta atau setara Rp 5,2 triliun. The High Roller akan tegak terpacak di antara gedung kasino Harrah, Imperial Palace, dan Flamingo Las Vegas.
Pembangunan the High Roller ini seolah bersaing dengan calon rival mereka, yakni SKyVue, lokasinya hanya 4,8 kilometer di sebelah selatan Bundaran Las Vegas.  Namun, the High Roller masih unggul 15,24 meter daripada SkyVue.
4. Singapore Flyer, Singapore (165 Meter)
Singapore Flyer, Singapura, via Instagram

Kawasan Marina Bay Sands di Singapura memang menjadi pusat pariwisata di sana. Di kawasan ini pula traveler bisa menemukan air mancur patung singa berwarna putih bernama Merlion, kompleks Marina Bay Sands yang megah, komplek taman raksasa Gardens by the Bay hingga jembatan Helix semua ada dalam satu kawasan.

Tapi ada satu landmark yang mencuri perhatian di sana yaitu Singapore Flyer, sebuah bianglala raksasa setinggi 165 meter di pinggir pantai Marina. Bianglala atau kincir ini mulai beroperasi 7 tahun silam lebih tepatnya pada tanggal 11 Februari 2008 yang pada saat itu didapuk sebagai bianglala tertinggi di dunia. Sebelumnya putaran roda wahana ini mengarah menjauhi Marina tapi setelah mendapat saran dari ahli Feng Shui arah roda dibalik menjadi mengarah ke pantai. Tersedia 28 kabin dengan kapasitas 28 orang per kabin, artinya dalam satu putaran bianglala ini cukup kuat untuk menampung lebih dari 400 penumpang.

5. London Eye, Inggris (135 Meter)

London Eye, Inggris, via Instagram

Salah satu yang paling diminati turis yang pergi ke kota London di Inggris adalah naik bianglala London Eye. Ini merupakan bianglala setinggi 135 meter dan menjadi yang terbesar di Eropa. Dengan ukuran seperti itu berarti kincir ini memiliki tinggi yang hampir setara dengan Monas di Jakarta. Bayangkan bagaimana rasanya berada di dalam kabin berbentuk kapsul dengan kaca transparan dan diangkat di ketinggian ratusan meter. Kalau jantung tidak kuat bisa pingsan tuh orang ya. Hihihihi

Meski keamanannya terjamin namun melayang di ketinggian tersebut cukup untuk membuat kepala pusing juga ya guyss. Mau kesana atau malah takut nih? tapi tempatnya keren banget lho guyss. Gak ada salahnya lho nyobain wahana tersebut untuk mengisi liburan Anda.

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …