Home / general / “Piranha”, Ikan Terganas Di Dunia

“Piranha”, Ikan Terganas Di Dunia

Tahukah Anda hewan air apakah yang paling mematikan di dunia selain hiu? Jawabannya tentu saja piranha. Piranha merupakan salah satu jenis ikan kecil yang hidup di sungai-sungai besar yang ada di Amerika Selatan. Beberapa piranha bisa kamu temukan di danau dan sungai yang memiliki suhu hangat (dari Amerika Selatan hingga Kaptai Lake Bangladesh). Nama Piranha sendiri memilik arti kata “ikan gigi”, kata ini diambil dari bahasa asli amazon. Jumlah spesies piranha pun sangat beragam, antara 30-60 spesies piranha tersebar diseluruh sungai amazon.

Ikan Piranha memiliki panjang tubuh dari 15 cm hingga 40 cm. Memiliki gigi yang tajam dan berbentuk segitiga. Beberapa spesies merupakan pemakan tumbuh-tumbuhan, namun ada juga yang pemakan daging. Sebagian akan melahap ikan lain dengan satu gigitan kecil pada sirip atau sisik ikan lain sebelum membiarkan ikan tersebut dilepaskannya. Setiap sirip atau sisik mengandung antara 35-85% protein, yang membuatnya begitu bergizi. Selain itu, sungai air hitam Amerika Selatan kerap kali hanya mengandung sedikit kalsium dan fosfor serta sisik atau sirip ikan penuh dengan mineral-mineral ini. Sirip atau sisik korban akan tumbuh kembali dalam beberapa minggu sehingga ikan piranha bisa mendapat makanan kembali.

Berasal dari Sungai Amazon, ikan piranha selama ini dikenal sebagai karnivora yang kejam. Daging mangsanya akan dicabik-cabik dengan giginya yang tajam dan hanya disisakan tulang belulangnya saja. Namun, hasil pengamatan para peneliti di Universitas St. Andrews menunjukkan bahwa ikan piranha termasuk jenis omnivora yang makan daging, tumbuh-tumbuhan dan serangga.

Selain itu, ikan piranha sering terlihat bergerombol termasuk saat menghabisi mangsa. Lagi-lagi hasil pemantauan memastikan bahwa perilaku tersebut mungkin bentuk pertahanan dan bukan strategi menyerang secara berkoalisi.

Inilah ikan piranha terbesar yang pernah tertangkap di dunia. Ikan ini ditemukan oleh pemancing asal Inggris berusia 52 tahun, Jeremy Wade, di Sungai Kongo dalam ekspedisi Afrika-nya. Dengan 32 taring yang dimilikinya, piranha ini memiliki panjang hingga 1,5 meter dan berat 50 kg! Oleh karenanya, ikan ini diduga bukan hanya memangsa ikan kecil, namun juga memakan buaya dewasa.

Hasil gambar untuk ikan piranha terbesar

Bayangkan jika piranha seukuran ikan gurami dapat menghabiskan seekor kambing dalam beberapa menit, bagai mana lagi kalau ikan sebesar ini? mungkin seekor sapi bisa di habiskan hanya dalam beberapa detik.
Ikan piranha makan manusia, menyerang secara berkelompok dan membabi buta bahkan hanya dengan hitungan detik saja ikan ini mampu menghabiskan mangsanya dan hanya tinggal tulang-belulang.

Ikan piranha adalah ikan air tawar yang mendiami sungai amazon. Spesiesnya sangat banyak, bahkan tercatat ada 40 spesies. Panjangnya mencapai 5,5 hingga 17 inci dan beratnya bisa mencapai 7,7 kg. Jika kita amati piranha dan bawal sangat mirip, mereka sama-sama dari sungai Amazon.

Ikan bawal pertama kali masuk di Indonesia sebagai ikan hias yang dipelihara di aquarium ataupun kolam, akan tetapi karena perkembangan ikan bawal sangat cepat menjadikan bawal tidak cantik lagi untuk dijadikan sebagai ikan hias. Di tambah dengan rasa daging ikan bawal yang gurih, akhirnya ikan bawal menjadi ikan konsumsi.

Perbedaan ikan piranha dan ikan bawal adalah sebagai berikut:

Ikan bawal:

~ Giginya mirip bentuk sekop yang bagian ujungnya meruncing
~ Dahinya tidak menonjol, bahkan terlihat cekung
~ Biasanya pada bagian samping tubuh ikan ini ada bercak

Ikan piranha:

Nama latinnya yaitu Pygocentrus Nattereri. Yang mana masuk dalam keluarga characidae, yang berarti termasuk ikan omnivora. Omnivora berarti memakan apa saja, bukan hanya daging bahkan juga tumbuhan. Sebagian spesies ikan piranha bahkan hanya memakan tumbuh-tumbuhan.

Biasanya piranha makan hewan-hewan air yang ada dilingkunganya seperti siput, katak, ikan, serangga, tumbuhan, bunga, biji-bijian dan juga buah-buahan. Ikan piranha juga disebut ikan kanibal, karena pada saat dimana ia hidup dan persediaan makanan mulai jarang ditemukan, maka ia mulai agresif terhadap sesamanya dan melakukan kanibalisme.

Nah jika piranha ini adalah salah satu jadi ikan hias peliharaan anda, maka jangan sampai telat dalam pemberian makan jika tidak ingin mereka saling menyerang dan memakan satu sama lain.

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …