Home / general / Ternyata Inilah Alasan Sia Pelantun Lagu “Chandelier” Menyembunyikan Wajahnya

Ternyata Inilah Alasan Sia Pelantun Lagu “Chandelier” Menyembunyikan Wajahnya

Siapa sih yang gak tau lagu-lagunya Sia, ya gak guys? Pastinya kamu juga tau dong lagu-lagunya. Setiap penyanyi pasti memiliki ciri khas masing-masing, seperti Sia yang selalu menutupi wajahnya. Tapi apa kamu tau alasan ia menutupi wajahnya? Buat kamu yang belum tau, baca artikel ini yuk.

Sia Furler adalah seorang penyanyi yang memiliki ciri khas yang unik dalam penampilannya. Bagi kamu yang cenderung menyukai musik barat, pastinya tidak akan asing lagi dengan pelantun lagu  “Chandelier” ini. Sebelum terlalu terkenal sebagai penyanyi, wanita asal Austalia dengan nama asli Sia Kate Isobelle Furler ini terlebih dahulu populer sebagai seorang pencipta lagu dari beberapa penyanyi TOP.

Bakatnya dalam menulis lagu pertama kali ditemukan oleh penyanyi Christina Aguilera yang mengajaknya untuk membuatkan lagu di dalam album keenam yang tengah digarapnya. Sejak saat itu Sia semakin mempertajam kepandaiannya dalam menulis lagu hingga namanya sebesar sekarang.

Awalnya Sia memulai debutnya pada tahun 1996, ketika ia bergabung dalam sebuah band bernama Crisp. Sayangnya, kurang lebih satu tahun kemudian band tersebut harus bubar sehingga membuat Sia mulai beralih menjadi penyanyi Solo. Mulai saat itu Sia benar-benar memulai kariernya kembali dengan menjadi backing vocal sebuah band Inggris hingga menjadi penyanyi solo yang tak terlalu diperhitungkan selama beberapa tahun.

Diawal kariernya dulu, ketika ia belum terlalu terkenal ternyata Sia pernah mengalami kejadiaan yang naas. Sia pernah kehilangan pacarnya akibat sebuah kecelakaan. Pada saat itu Sia dan pacarnya janjian untuk bertemu di suatu tempat. Namun, ketika ia tengah menunggu tiba-tiba ia malah mendapatkan kabar mengejutkan yang mengatakan bahwa pacarnya itu mengalami kecelakaan yang merenggut nyawa kekasihnya. Akibat kejadian ini Sia sempat mengalami masa yang sulit selama 6 tahun lamanya.

Ia juga mengaku seorang biseksual. Dalam sebuah wawancara Sia menekankan bahwa ia dapat jatuh cinta kepada siapa saja, tidak peduli apa gender dari orang tersebut. Sia beberapa kali pernah terlihat dekat dengan beberapa orang, baik itu pria atau wanita.

Sia mempunyai alasan kuat memutuskan untuk tak lagi memperlihatkan wajahnya kepada publik. Ia mengatakan tidak ingin menjadi terkenal atau gampang dikenali banyak orang saat ia pergi. Sebelumnya penyanyi asal Australia tersebut sempat dikabarkan dekat dengan Robert Pattinson. Sia pun kerap tampil dengan rambut putihnya serta lipstick merah. Ia memilih wajahnya tak terlihat kamera, bahkan saat tampil di Grammy Awards pun Sia membelakangi penonton. Sejumlah kritikus musik di Amerika Serikat pun memuji langkah Sia yang dinilai unik untuk tampil dengan membelakangi penonton. Ia sendiri merasa nyaman ketika harus bernyanyi dan berkomunikasi dengan penggemarnya dan menghadap ke belakang panggung.

“Aku tak mau terkenal. Aku juga tidak ingin dikritik tentang penampilanku yang masih ada di internet. Aku menulis lagu pop untuk bintang ternama sekarang, untuk beberapa pasangan dan aku berteman dengan mereka serta melihat kehidupan mereka yang aku tidak inginkan,” ungkap Sia.

Tentu saja hal ini mampu membuat publik penasaran. Banyak yang penasaran apa yang sebenarnya terjadi pada Sia hingga ia sengaja menyembunyikan wajahnya dan rela kesulitan berjalan karena matanya yang terhalang wig besar. Keputusan Sia untuk menyembunyikan wajahnya tersebut dilakukannya tepat 2014. Ia mengganti penampilannya tersebut hanya karena Sia ingin hidupnya sebagaimana yang ia mau.

Tak hanya membahas soal wig, Sia juga sempat mengungkapkan jika ia sempat kecanduan narkoba dan alkohol. Masa-masa kelam itulah yang membuat Sia sempat berhenti menyanyi usai merilis albumnya, WE ARE BORN pada tahun 2010 silam.

Dalam album We Are Born. Sia turut mengajak DJ hip hop Diplo untuk single “Elastic Heart” yang merupakan soundtrack dalam film The Hunger Games: Catching Fire. Uniknya, Sia berjanji tak akan memperlihatkan wajahnya dalam video dan foto. Ia lebih fokus terhadap seni visual. Ini merupakan bentuk promosi dalam album terbarunya ini. Bahkan dalam penampilannya di salah satu talk show terkenal, Ellen DeGeneres Show, ia tak menunjukkan wajahnya. Ia telah menandatangani kontrak dengan label RCA untuk tak melakukan tur atau promosi lewat media.

“Aku tak memakai wig ini, kecuali saat ada kamera di sekitarku. Aku hanya memakainya untuk mempertahankan privasiku,” tutur Sia. Sia pun mengungkapkan kenapa ia memilih untuk tidak menunjukan wajahnya ketika tampil di konser atau televisi. Menurutnya, menjadi orang terkenal bukanlah sesuatu yang menyenangkan dan ia ingin mendidik penggemarnya bahwa seorang penyanyi tidaklah harus selalu dipuja hanya karena ia terkenal.

Sia mencoba tak banyak tampil di media massa. Padahal ia merupakan artis yang sedang naik daun. Ia ingin masyarakat fokus kepada suaranya dibandingkan wajah atau penampilannya. Strategi unik dalam memasarkan album terbaru ini terbilang baru di industri musik.

Hmmm udah tau kan guyss kenapa Sia tidak mau menunjukkan wajahnya. Kirain ada sesuatu ya dibalik wig nya tersebut, hihihi. Nah, patut diacungi jempol penyanyi seperti ini, yang kayak gini nih harus dicontoh. Udah terkenal tapi gak mau sombong. See you 🙂

 

 

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …