Home / healthy / Akibat Mengkonsumsi Mie Instan

Akibat Mengkonsumsi Mie Instan

Mie instan pertama kali diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi mie instan pertama di dunia dengan rasa ayam. Mie instan adalah mie yang dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak serta dapat disiapkan untuk dikonsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan rempah-rempah yang sudah dalam bungkusan.

Mie instan di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh PT Lima satu Sankyu, kemudian berganti nama menjadi PT Supermi Indonesia dan PT Sanmaru, makanan manufaktur Indonesia Ltd yang didirikan pada tahun 1968. Pada tahun yang sama, merek yang diluncurkan mie instan pertama di Indonesia adalah Supermi. Empat tahun kemudian, pada tahun 1972, dirilis merek terkenal mie instan dan yang kedua di Indonesia yaitu, Indomie.

Mie instan adalah makanan favorit warga negara Indonesia. Hampir semua orang telah merasakan mie instan. Bahkan terkadang orang-orang membawa mie instan ke luar negeri sebagai persediaan “makanan lokal” jika makanan luar negeri tidak sesuai selera.

Supermi dan Indomie adalah merek mie instan pertama kali yang hadir dan paling terkenal di Indonesia, merek-merek mie instan lainnya yang terkenal antara lain Supermi, Sarimi, Salam Mie, Mi ABC, Gaga Mie, Alhami, Santremie dan Mie Sedaap.

Saat ini, Indonesia adalah produsen mie instan terbesar di dunia. Dalam hal pemasaran, pada tahun 2005 Cina menduduki posisi teratas dengan paket 44.3 miliar, diikuti oleh Indonesia dengan paket 12,4 miliar dan Jepang dengan paket 5.4 miliar. Tapi Korea Selatan makan mie instan terbanyak per kapita dengan rata-rata paket 69 bungkus per tahun, diikuti oleh Indonesia dengan 55 bungkus dan Jepang dengan 42 bungkus.

Siapa yang tidak mengenal mie Instan? Makanan ini memang sangat terkenal di seluruh dunia khususnya di wilayah Asia. Di Indonesia sendiri makanan ini hadir dengan berbagai macam merek dan rasa yang membuat penggemar makanan ini tidak sedikit. Sebenarnya sudah banyak yang paham bahwa Mie Instan adalah makanan yang memiliki bahaya dan tidak baik untuk dikonsumsi. Namun efek mengenyangkan juga harga yang murah menjadi hal utama mengapa makanan yang mengancam kesehatan ini tetap laku.

Akibat mengkonsumsi mie instan terlalu banyak:

  • Kerusakan hati. Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya, salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakkan dan mengganggu kerja hati.
  • Gagal ginjal. Isi Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain bahwa kerusakan ginjal bekerja sebagai salah satu organ-organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.
  • Diabetes. Mie instan meskipun cenderung memiliki rasa gurih juga mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan Diabetes. Secara tidak langsung, kadar gula tersebut diserap dengan baik oleh tubuh.
  • Meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang dapat meningkatkan kolesterol tidak hanya makanan bersantan atau aneka seafood, tetapi tampaknya mie instan juga telah menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.
  • Mengganggu hormon wanita. Mie instan yang dikonsumsi secara teratur atau berlebihan bagi perempuan dapat memberikan hormon berbahaya  karena natrium yang terkandung dalam mie instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu dan menyebabkan jerawat.
  • Obesitas. Bahaya dari mengkonsumsi Mie Instan adalah obesitas. Mie Instan jika dikonsumsi memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam Mie Instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Apa lagi tidak sedikit yang menyandingkan Mie Instan dengan nasi.
  • Memicu tekanan darah tinggi. Secara umum, tekanan darah normal seseorang adalah 130/80. Mie instan akan meningkatkan darah tinggi alias pemicu tekanan darah tinggi yang terjadi karena bahan kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.
  • Menurunkan metabolisme. Zat kimia di mie instan juga dapat menurunkan metabolisme Anda. Jangan berpikir mie instan dapat memberi energi bagi kita karena mie instan sebenarnya akan memberikan hanya sedikit energi dan menurunkan metabolisme kita kembali karena bahan kimia tersebut.
  • Menghambat penyerapan nutrisi. Orang tua tidak sedikit yang memberikan anak-anak mereka makanan instan seperti mie. Untuk alasan-alasan yang tertentu seperti masalah waktu atau memang anak ketagihan dengan rasa mie instan. Mie instan ini sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak-anak. Hal ini dikarenakan mie instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak-anak. Apa lagi untuk anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun.
  • Penyakit jantung. Mie Instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung.
  • Keguguran untuk wanita hamil. Bagi wanita yang sedang hamil, harus menghindari makan mie instan. Bahan kimia dalam mie instan juga pengawet yang kuat dapat menyebabkan keguguran. Jangan biarkan sesuatu yang sudah dinanti lama harus hilang karena mie instan.
  • Memicu penyakit Stroke. Penyakit stroke yang sering menyerang kebanyakan orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia juga dapat datang karena mengkonsumsi secara teratur mie instan. Mie instan dapat mengganggu aliran darah.
  • Mengganggu pencernaan. Karena mie instan dapat menghambat nutrisi ke dalam tubuh, itu membuat pencernaan dalam tubuh terganggu. Bantuan pencernaan yang baik memerlukan banyak nutrisi dan mineral. Oleh karena itu, tidak sedikit bagi yang suka mengkonsumsi mie instan menderita sembelit atau susah buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan lambung dan usus bocor.
  • Memicu sakit kepala. Mie instan mengandung tingkat tinggi MSG yang sangat banyak. MSG ini tidak baik untuk tubuh dan otak. Mengkonsumsi MSG dapat memberikan efek ringan sampai serius. Sederhananya adalah hanya sakit kepala. MSG dapat menyebabkan sakit kepala karena tubuh tidak menerima zat-zat berbahaya.
  • Menyebabkan kanker. Siapa yang tidak merasa ngeri mendengar penyakit ini. Penyakit kanker ini mudah mendekati banyak orang pada usia berapa pun. Dan mie instan menjadi salah satu penyakit yang dapat menghampiri  kita. Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya Mie Instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri kita. Stryfoam yang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam Mie Instan.

 

Itulah beberapa bahaya dari mengkonsumsi mie instan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi mie instan. Seandainya Anda terpaksa harus memakan mie instan, Anda dapat menambahkan makanan bergizi lain seperti sayur-sayuran.

Check Also

Jenis, Cara Menghindari dan Mengobati Infeksi Jamur Kulit

Apakah anda sedang mengalami penyakit Infeksi kulit Jamur? Memang sih, penyakit ini tidak akan merenggut nyawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *