Home / healthy / Amputasi: Pengertian, Proses dan Pemulihan Emosional

Amputasi: Pengertian, Proses dan Pemulihan Emosional

Amputasi memang harus diperlukan jika seorang manusia akan merasakan rasa sakit dalam tubuh. Seperti Batu Ginjal mungkin salah satunya yang akan dilakukan para medis atau dokter dengan menerapkanya untuk melakukan penyembuhan juga pastinya. Nah, meskipun anda juga belum pernah merasakan Amputasi, tentunya anda juga diharuskan untuk mengetahui segala tentang Amputasi. Mulai dari operasi, proses dan pemulihan secara Emosional.

Sangat penting juga bagi anda yang belum merasakannya untuk mengetahui segalanya mengenai Metode yang akan diterapkan para medis ketika anda akan menderita penyakit dalam atau terjadi pembusukan pada danging anda. Memang terdengar sangat menyeramkan, tapi setelah anda mengetahui semuanya. Anda pasti akan mengerti proses dan penyembuhannya.

Amputasi adalah pengangkatan bagian tubuh yang terluka atau sakit. Ini mungkin akibat luka traumatis atau ini mungkin operasi yang direncanakan untuk mencegah penyebaran penyakit pada jari atau tangan yang terinfeksi. Beberapa jari yang diamputasi secara traumatis dapat ditanam kembali atau disambungkan kembali. Dalam banyak kasus, Reattachment pada jari yang diamputasi tidak memungkinkan atau dianjurkan karena pasien akan lebih nyaman dan memiliki fungsi lebih baik jika bagiannya tidak disambungkan.

Operasi

Bila diperlukan operasi, ahli bedah menghilangkan bagian tubuh yang terluka. Sebelum operasi, dokter bedah akan melakukan pemeriksaan teliti terhadap tangan Anda. Seringkali ahli bedah akan mendapatkan sinar-x atau studi pencitraan lainnya untuk menilai kerusakan pada jari dan tangan Anda. Area yang diangkat didasarkan pada tingkat cedera dan kesehatan bagian tubuh yang tersisa. Dalam banyak kasus, ahli bedah mampu menutup lokasi pembedahan dengan menata ulang kulit dan memperpendek tulang atau tendon.

Terkadang, ahli bedah mungkin harus menggunakan kulit, otot atau tendon dari bagian lain dari tubuh Anda untuk menutup tempat operasi. Pada kebanyakan cedera ujung jari, ahli bedah mampu menutup situs secara langsung. Pada luka yang lebih luas, ahli bedah bisa membentuk jari atau tangan agar bisa sesuai dengan prostesis nantinya.

Untuk beberapa minggu pertama, Anda harus mengalami sedikit rasa sakit. Nyeri akan dikontrol dengan obat nyeri. Saat Anda sedang penyembuhan, dokter Anda akan memberi tahu Anda cara membalut dan merawat tempat bedah dan kapan kembali ke kantor untuk perawatan lanjutan. Anda mungkin diberi latihan untuk membangun kekuatan dan fleksibilitas Anda. Anda mungkin diminta untuk menyentuh dan memindahkan kulit Anda agar tidak peka dan tetap menggunakannya.

Proses

Jenis prostesis tergantung pada lokasi dan panjang jari atau tangan sisa dan kebutuhan fungsional dan gaya hidup Anda. Prostesis menggantikan beberapa fungsi dan penampilan bagian tubuh yang hilang. Penting untuk berbagi aktivitas yang menurut Anda paling penting dengan ahli bedah dan Prosthetist Anda, jadi prostesis yang tepat dapat diberikan untuk Anda.

Prostheses dapat mengembalikan panjang ke jari yang diamputasi sebagian, memungkinkan pertentangan antara jempol dan jari atau, dalam kasus tangan palsu, menstabilkan dan menahan benda dengan jari yang dapat diikat. Jika tangan Anda diamputasi melalui atau di atas pergelangan tangan, Anda bisa diberi prostesis lengan penuh dengan tangan listrik atau mekanik. Beberapa pasien mungkin memutuskan untuk tidak menggunakan prostesis.

Sebuah prostesis dibuat dari pemeran impresi yang diambil dari jari atau kaki kiri dan bagian yang sesuai pada tangan yang tidak rusak. Proses ini bisa membuat pencocokan tepat dengan detail keseluruhan. Prostesis jari atau tangan dibuat dari karet silikon transparan yang fleksibel. Warna dalam silikon dengan hati-hati disesuaikan dengan warna kulit Anda untuk memberi tampilan dan tekstur seperti kulit asli pada prostesis. Hal ini biasanya dipegang oleh isap, dan fleksibilitas silikon memungkinkan rentang gerak yang baik dari bagian tubuh yang tersisa.

Kuku jari dapat diwarnai secara individual agar sesuai hampir sempurna. Kuku bisa dipoles dengan cat kuku, dan catnya bisa dilepas dengan penghapus cat kuku yang lembut. Silikon tahan terhadap pewarnaan, sehingga tinta bersih dengan mudah dengan alkohol atau sabun dan air hangat. Dengan perawatan yang tepat, prostesis silikon bisa bertahan 3-5 tahun. Biasanya, tiga bulan setelah Anda benar-benar sembuh dari operasi dan semua pembengkakan telah mereda, pembuatan prostesis Anda bisa dimulai. Anda mungkin perlu terapi untuk belajar menggunakan prostesis baru Anda.

Pemulihan Emosional

Hilangnya bagian tubuh, terutama yang terlihat seperti jari atau tangan, bisa membuat orang tersinggung secara emosional. Mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan penampilan Anda dan kemampuan Anda untuk berfungsi. Berbicara tentang perasaan ini dengan dokter Anda atau pasien lain yang memiliki kondisi ini sering membantu Anda mengatasi kerugian Anda. Anda mungkin meminta dokter Anda untuk merekomendasikan konselor untuk membantu proses ini.

Penting untuk diingat bahwa seiring berjalannya waktu, Anda akan menyesuaikan diri dengan situasi Anda dengan menemukan cara baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari Anda. Koalisi Amputee  adalah sumber lain yang bermanfaat. Sumber daya ini dapat membantu Anda menjadi kuat selama pemulihan. Ingat bahwa kualitas hidup berhubungan langsung dengan sikap dan harapan, tidak hanya memperoleh dan menggunakan prostesis.

Nah, dengan begitu mulai sejak dini, cobalah untuk selalu menjaga kesehatan anda agar dijauhkan dari kata Amputasi dan Operasi juga. Mengingat begitu banyak biaya yang akan anda keluarkan ketika anda akan melakukan operasi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan bisa meambah wawasan para pembaca sekalian. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Check Also

Mari Kenali Lebih Dalam Mata Silinder Pada Penglihatan

Berbagai penyakit memang sudah terlalu banyak untuk diketahui. Pada umumnya semua penyakit sudah pasti akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *