Home / healthy / Impetigo: Gejala, Jenis, Penyebab Serta Pengobatan Infeksi Kulit

Impetigo: Gejala, Jenis, Penyebab Serta Pengobatan Infeksi Kulit

Sangat penting memang kesehatan bayi, bahkan kulitnya saja sangat sensitif sekali. Apalagi anda yang baru saja memiliki momongan yang begitu lucunya. Pastinya anda sangat bingung untuk menjaga segala kesehatan sang bayi tersebut, karena popoknya saja bisa menyebabkan penyakit pada buah hati anda lho. Nggak lucu juga kalau anda menghiraukan segala kesehatan si bayi. Nah, dengan artikel kali ini saya akan membahas Impetigo yang biasa akan lebih sering menyerang anak-anak. Tetapi bisa juga Infeksi kulit semacam ini menyerang orang dewasa.

Dengan begitu, sangat diperlukan artikel ini untuk anda simak lebih dalam mengenai Impetigo tersebut. Agar anda mengetahui juga segal Gejala, Penyebab, jenis serta sampai pada pengobatannya juga. Guna menambah wawasan dan cara mencegah supaya anda dan si kecil tidak terkena Infeksi tersebut yang menyerupai Cacar Air. Ulasan yang sudah saya rangkum menjadi satu di artikel ini, kiranya bisa membantu anda juga ya. Yuk, simak lebih lanjut lagi.

Impetigo adalah kondisi kulit yang memang sangat menular dan Biasanya terjadi pada wajah, leher serta tangan anak kecil dan bayi. Anak-anak yang memakai popok juga cenderung akan mengalaminya di sekitar area popok. Impetigo biasanya hilang dalam waktu dua sampai tiga minggu. waduhhh, kasian juga kalau bayi anda yang akan merasakan hal semacam ini. Tapi tenang, saya juga sudah ada pengobatan dan mengenali gejalanya, agar anda bisa menanganinya terlebih dahulu.

Gejala Impetigo

Yuk, mari anda mengenal berbagai gejala dari penyakit tersebut, agar anda bisa memberikan pertonlongan pertama serta bisa juga untuk mencegah agar anak anda dan anda sendiri tidak mudah terserang Infeksi Kulit tersebut. Gejala impetigo bisa terasa tidak nyaman saat si penderita akan merasakannya. Meskipun gejalanya akan sedikit berbeda dari tipe ke jenis impetigo, keduanya serupa dan bisa meliputi :

  • Luka merah yang mudah pop dan meninggalkan kerak kuning
  • Lepuh berisi cairan
  • Gatal gatal
  • Lesi kulit
  • Bengkak kelenjar getah bening

Apakah anda pernah berpikir kalau pada saat anak anda akan merasakan gejala yang saya sebutkan diatas tersebut. Tentunya sangat memprihatinkan sekali ya, pastinya anda juga akan kebingungan. Tidak perlu bingung untuk menanganinya, tenangkan diri anda lalu segera untuk melarikan sang anak ke dokter yang memang sudah ahli dalam penyakit tersebut. Setelah anda mengenali segala gejalanya, saya jugua sudah merangkum Beberapa Jenis dari Impetigo tersebut. Berikut dibawah ini adalah jenis-jenisnya :

Jenis Impetigo

Ada beberapa jenis impetigo. Gejala dan penyebabnya bisa dilihat dari apa yang membedakan masing-masing jenis dari yang lain.

Impetigo contagiosa

Tipe ini juga disebut Impetigo Nonbullous ini adalah bentuk impetigo yang paling umum pada anak-anak. Ini sangat menular. Jenis impetigo ini biasanya dimulai dengan luka merah di sekitar hidung dan mulut. Lepuh ini akan pecah dan meninggalkan ruam merah yang menetes yang menjadi berkerak. Ruamnya mungkin gatal tapi tidak menyakitkan. Kelenjar getah bening bengkak (kelenjar berbentuk kacang yang membantu tubuh Anda melawan infeksi) juga dapat terjadi dengan Impetigo Contagiosa.

Impetigo Menggembung

Jenis impetigo ini paling sering terjadi pada anak di bawah usia dua tahun. Lepuhan biasanya terjadi terlebih dahulu pada tubuh, lengan, dan kaki mereka. Lepuh ini awalnya mungkin tampak jernih dan kemudian berubah mendung. Lepuh yang disebabkan oleh impetigo bulosa cenderung bertahan lebih lama daripada lepuh yang disebabkan oleh jenis impetigo lainnya. Daerah di sekitar lecet mungkin berwarna merah dan gatal.

Ecthyma

Ini adalah bentuk impetigo yang paling serius karena mempengaruhi lapisan kedua kulit, bukan hanya lapisan atas. Lepuh cenderung menyakitkan dan bisa berubah menjadi bengkak, luka terbuka, atau bisul. Pembengkakan kelenjar getah bening dan bekas luka juga bisa terjadi.

Nah, pasti anda juga akan bertanya-tanya dalam hati, apa sih penyebab dari Impetigo tersebut? Tenang, karena saya nggak hanya memberikan informasi tentang gejala dan jenisnya saja. Karena saya juga sudah merangkum penyebab penyakit Infeksi Kulit tersebut. Agar anda bisa memahami segala infeksi ini, Berikut Ulasannya.

Penyebab Impetigo

Impetigo sangat besar akan disebabkan oleh infeksi kulit dengan satu dari dua jenis bakteri, yaitu Streptococcus Pyogenes dan Staphylococcus Aureus. Infeksi impetigo juga dapat terjadi dan disebabkan dalam beberapa cara yang berbeda, seperti. Berikut dibawah ini :

  • Kontak kulit-ke-kulit dengan orang yang memiliki impetigo
  • Menyentuh hal-hal yang berhubungan dengan impetigo, Misalnya seperti handuk, tempat tidur atau mainan
    luka pada kulit
  • Gigitan serangga
  • Gigitan binatang

Yang saya sebutkan diatas itu adalh segala penyebabnya. Kira-kira siapa saja yang akan menderita penyakit semacam ini. Yuk mari simak ulasanya yang sudah saya kupas secara tuntas, berikut dibawah ini :

Kaum Yang Mengalami Impetigo

Individu tertentu lebih memungkinkan daripada yang lain untuk berkembangnya penyakit impetigo. Nah, dibawah ini juga ada faktor dan para penderita yang akan di serang Infeksi kulit tersebut, berikut dibawah ini :

  • Anak yang berusia dua sampai enam tahun secara teratur menghadiri pusat penitipan anak atau sekolah
  • Memiliki kulit yang teriritasi akibat kondisi lain, seperti dermatitis (peradangan pada kulit gatal, kadang disebabkan oleh reaksi alergi)
  • Tidak menjaga Kebersihan
  • Suhu Cuaca yang hangat
  • Berada di lingkungan yang penuh sesak dimana bakteri dapat menyebar dengan mudah
  • Berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan kontak kulit-ke-kulit
  • Menderita diabetes
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu

Lantas, bagaimana dengan orang dewasa? Apakah akan terserang infeksi kulit menular tersebut? untuk mengetahuinya, mari simak lebih lanjut lagi agar pertanyaan anda akan terjawab.

Bisa Nggak Orang Dewasa Mengalaminya?

Ya, tentu saja impetigo bisa terjadi pada orang dewasa, meski pun memang lebih jarang daripada pada anak-anak tersebut juga. Namun, pada orang dewasa biasanya sangat lebih memperhatikan kulit lain atau infeksinya. Bagaimana caranya agar anda memperhatikannya? Berikut dibawah ini juga metode untuk mengetahuinya :

Diagnosa Impetigo

Dokter Anda akan memeriksa luka Anda dan bertanya tentang luka baru-baru ini pada kulit Anda. Sebagian besar kasus impetigo dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik. Namun, dokter Anda mungkin ingin mengambil secara budaya untuk menentukan jenis bakteri yang menyebabkan impetigo Anda.

Dengan Mengambil contoh budaya yang akan melibatkan menyikat sampah di daerah yang terkena. Usus ini kemudian dikirim ke laboratorium untuk diuji bakteri. Informasi dari tes ini dapat membantu dokter Anda memutuskan apakah Anda memerlukan antibiotik dan juga jenis antibiotik apa yang harus diresepkan. Kalau soal itu, nanti dokter yang akan lebih mengetahuinya lebih lanjut.

Pengobatan Impetigo

Pengobatan untuk impetigo tergantung pada tingkat keparahan gejala Anda, serta jenis bakteri yang menyebabkan impetigo. Jika impetigo Anda parah, dokter mungkin meresepkan pengobatan dengan antibiotik. Dokter juga mungkin akan meresepkan krim antibiotik topikal untuk dioleskan langsung ke kulit Anda. sangat Penting untuk membersihkan kulit Anda sebelum mengoleskan krim antibiotik. Ini sangat membantu krim untuk menembus luka yang ada dibagian tubuh anda juga.

Antibiotik Oral

Dokter Anda mungkin juga meresepkan antibiotik oral. Ini datang dalam bentuk cair untuk anak-anak dan bentuk pil untuk orang dewasa

Perhatikan kebersihan

Bersihkan daerah yang terkena beberapa kali setiap hari, gunakan air atau pencuci antibakteri. Penting untuk tidak menggosok area saat membasuhnya, karena ini bisa mengiritasi kulit Anda lebih lanjut.
Setelah dicuci, tepuk kulit Anda kering dan oleskan antibiotik antibakteri atau over-the-counter, sesuai dengan rekomendasi dokter Anda.

Merendam

Jika Anda memiliki banyak keropeng pada kulit Anda, Anda bisa merendam daerah tersebut untuk membantu menghilangkan beberapa kudis dan meningkatkan penyembuhan.
Rendam daerah yang terkena air bersabun atau larutan cuka dan air 1:32 cuka (1 ons cuka untuk setiap 32 ons air).

Barang Atau Sesuatu Yang Tidak Boleh di Sentuh

Cobalah untuk tidak memetik atau menyentuh area yang terkena impetigo. Anda bisa mengoleskan Dressing Antilengket untuk membantu mengurangi penyebaran impetigo. Jangan lupa untuk Selalu cuci tangan dengan seksama setelah menyentuh area kulit Anda yang terkena impetigo.

Nah, mungkin ada sedikit yang kurang dari Penyakit tersebut. Ya’ saya juga tidak lupa untuk memberikan informasi bagaimana caranya untuk melakukan pencegahannya agar tidak menderita penyakit tersebut. Yuk, simak lagi agar anda bisa  melakukan pencegehannya.

Pencegahan Impetigo

Kebersihan yang baik sangat membantu untuk mencegah impetigo. Metode ini yang meliputinya sebagai berikut dibawah ini :

  • Sering cuci tangan
  • Mandi secara teratur
  • Membersihkan dan menutupi luka-luka pada kulit Anda

Jika Anda sudah terlebih dahulu memiliki impetigo, ada juga beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tidak menyebar ke area lain di tubuh Anda dan juga pada orang lain. Berikut dibawah ini :

  • Gunakan sabun antibakteri untuk mencuci tangan
  • Gunakan handuk bersih atau handuk kertas segar untuk mengeringkan tubuh atau tangan Anda
  • Mencuci seprai dan pakaian dalam air panas
  • Membersihkan area permukaan di rumah Anda dengan produk antibakteri
  • Menjaga kuku jari Anda pendek
  • Menghindari sekolah dan pusat penitipan anak sementara infeksi menular
  • Tidak berbagi barang kebersihan pribadi

Saya pikir, sudah lengkap juga berbagai informasi dari Empitigo tersebut. Semoga saja berbagai dari informasi artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda dan sekeluarga agar tidak terjangkit penyakit tersebut. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Check Also

Mari Kenali Lebih Dalam Mata Silinder Pada Penglihatan

Berbagai penyakit memang sudah terlalu banyak untuk diketahui. Pada umumnya semua penyakit sudah pasti akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *