Home / healthy / Jenis, Cara Menghindari dan Mengobati Infeksi Jamur Kulit

Jenis, Cara Menghindari dan Mengobati Infeksi Jamur Kulit

Apakah anda sedang mengalami penyakit Infeksi kulit Jamur? Memang sih, penyakit ini tidak akan merenggut nyawa manusia yang sedang mengalaminya. Bahkan Jamur tersebut tidak mengenal kalangan yang akan diserangnya. Mau itu dari segi usia, kaum pri dan wanita, semuanya bisa berkemungkinan akan terkena Infeksi Jamur tersebut. jika tidak menjaga kulit anda sendiri. Dengan begitu anda juga harus mengetahui segala penyebab dan cara mengatasinya agar tidak merasakan Infeksi Jamur.

Yang pastinya, semua umat pernah mengalami Infeksi kulit yang disebabkan Jamur. Infeksi Jamur merupakan penyakit yang sangat sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari bahkan anda pernah menglaminya mungkin. Meskipun Ruam tersebut tidaklah berbahaya, namu akan terasa gatal dan mengganggu penampilan anda juga. Tanpa anda sadari, Jamur juga merupakan Organisme Primitif yang akan hidup dan berkembang di sekitar lingkungan manusia. Jamur juga berkembangbiak dengan spora dan tersebar di udara. Inilah sebabnya, Infeksi Jamur yang akan menyerang bagian luar tubuh manusia.

Jika anda adalah seorang pekerja yang ditugaskan di luar ruangan kerja dan sudah pasti akan berkeringat. Ini juga biasanya akan sering terkena Infeksi Jamur Kulit, Aplagi anda tidak sangat berhati-hati untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Selain itu, penyakit semacam ini juga lebih sering dijumpai pada bayi dan balita yang menggunakan popok. Nah, jika anda seorang ibu, berhati-hatilah terhadap Jamur ini agar tidak menyerang buah hati anda dan tentunya bagi anda sendiri juga. Karena sangat murah untuk sehat dan sangat mahal untuk sakit.

Nggak ada salahnya juga jika anda tidak sedang terserang Infeksi Jamur tersebut untuk mengetahui segala tentang Penyakit tersebut. Guna lebih berhati-hati lagi dalam menjalani kehidupan sehari-hari anda dan keluarga anda. Ulasan dibawah ini akan menjelaskan tentang Jenis, Gejala dan cara mengatasi Infeksi Jamur. Berikut dibawah ini segala ulasannya yang harus anda ketahui :

Jenis Infeksi Jamur Kulit

Sebelum anda mengenal lebih dalam lagi tentang penyebab dan cara mengobatinya. Ada baiknya juga anda untuk mengetahui segala jenis dari Infeksi Jamur Kulit tersebut. Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis Infeksi Jamur Kulit yang pali sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari anda :

  • Dermatofitosis (ringworm). Ruam pada kulit berbentuk lingkaran berwarna kemerahan dan gatal. Warna merah di bagian tepi lebih jelas, terlihat seperti cincin, dan berbatas tegas. Ringworm dapat menular, tetapi biasanya tidak menjadi parah. Bisa terdapat di kulit kepala, wajah, leher, atau di bagian tubuh lainnya.
  • Tinea pedis atau kurap kaki (athlete’s foot). Gejalanya berupa kulit yang mengelupas dan pecah-pecah di bagian kaki, terdapat kulit yang melepuh dan berwarna merah, terasa gatal serta perih. Infeksi jamur ini banyak ditemukan pada kaki olahragawan yang sering terbungkus oleh kaos kaki dan lembap. Umumnya timbul pada sela-sela jari kaki.
  • Tinea cruris (jock itch). Tinea cruris muncul di bagian-bagian lipatan kulit yang lemab dan hangat, misalnya bagian bokong, selangkangan, dan alat kelamin. Bagian kulit yang terinfeksi akan tampak kemerahan dan gatal atau perih. Sering terjadi pada pria usia remaja dan dewasa, atau orang yang sering mengenakan celana ketat.
  • Kandidiasis kulit. Infeksi ini disebabkan oleh jamur candida, dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun, tapi biasanya lebih mudah muncul di daerah yang hangat dan lembap, seperti selangkangan dan ketiak. Kulit yang terinfeksi terlihat kemerahan dan terasa gatal.

Cara Menghindari dan Mengatasinya

Menjaga kebersihan kulit adalah kunci pencegahan infeksi jamur kulit, khususnya bagi Anda yang aktif bergerak, senang berolahraga, atau sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan agar tidak terserang infeksi jamur, Berikut dibawah ini :

  • Jaga kebersihan kulit. Gunakan sabun pada saat mandi.
  • Segera keringkan kulit apabila basah atau berkeringat.
  • Ganti pakaian dalam dan kaos kaki setiap hari.
  • Jemur sepatu di udara terbuka dan jaga agar bagian dalam sepatu tidak lembap.
  • Jangan bertukar pakai handuk, baju dalam dan pakaian dengan orang lain.
  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat pada saat olahraga.
  • Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat.

Setelah anda sudah mengetahui tentang jenis, penyebab dan cara untuk menghindarin penyakit Infeksi Jamur Kulit tersebut. Maka saya juga akan memberikan satu ulasan lagi untuk  anda mengetahui cara mengatasi Infeksi tersebut. Tentunya hal untuk mengatasi sangatlah anda perlukan pada saat anda akan mengalaminya. Penanganan yang paling utama adalah dengan obat-obatan antijamur tentunya. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis obat antijamur yang biasanya sering diapakai untuk mengatasi Infeksi jamur Kulit :

  • Antijamur topikal (oles) : ditorehkan langsung ke kulit, rambut atau kuku.
  • Antijamur oral : dalam bentuk kapsul, pil atau bentuk cair. Diberikan apabila infeksi jamur kulit luas dan tidak dapat diatasi dengan obat antijamur topikal.

Seperti yang diketahui juga, bahwasannya obat-obatan antijamur juga banyak macam dengan berbagai bentuknya, Merk dan tingkat kualitasnya. Pada umumnya, Obat antijamur tersebut yang berisi dengan Clotrimazole, Miconazole, Nystatin, Ketoconazole. Kandungan seperti ini biasanya dikombinasikan pada obat antijamur, maka anda akan mengetahui berapa Persen kandungan yang terdapat di obat Antijamur tersebut. Nah, dengan begitu anda juga harus bisa memilih kandungannya yang dikatakan kuat, tapi jangan yang membahayakan diri anda juga.

Aturan pakai obat tersebut juga tidak sembarang tentunya. Bagi anda yang belum mengetahuinya, maka pemakaiannya harus sesuai dengan anjurannya. Jangan sampai anda melebihi atau mengurangi total pemakaian yang semestinya. Untuk mematikan sisa-sisa jamur yang masih tertinggal pada kulit anda, dengan cara terus memakai obat tersebut selama beberapa hari setelah ruam pada kulit anda hilang.

Nah, itulah berbagai ulasan mengenai Infeksi jamur Kulit yang mungkin bisa menyerang anda. Setelah membaca artikel ini, setidaknya anda bisa mengetahui segala Infeksi Jamur kulit tersebut. Semoga artikel ini sangat berfaedah bagi seluruh para pembaca sekalian. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya. Semoga kita semua diberi kesehatan atas segala kehidupan kita semua. Aminn..

Check Also

Mari Kenali Lebih Dalam Mata Silinder Pada Penglihatan

Berbagai penyakit memang sudah terlalu banyak untuk diketahui. Pada umumnya semua penyakit sudah pasti akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *