Home / healthy / Mau Gigi Putih Alami? Ini Tipsnya

Mau Gigi Putih Alami? Ini Tipsnya

Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi putih tanpa harus ke klinik kesehatan dan kecantikan, tanpa sepengetahuan kamu ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu membuat gigi kamu putih lho. Kadang merawat kebersihan gigi dengan rajin menggosoknya setiap pagi dan malam hari belum cukup untuk menjadikan gigi putih. Kamu perlu tahu makanan dan minuman apa saja yang membuat gigi berwarna putih. Berikut ini adalah makanan dan minuman tersebut:

1. Minyak Kelapa

Siapa sangka bahwa minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi kamu yang bermula kuning menjadi lebih putih dan bersih. Minyak kelapa merupakan minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang dibilang cukup unik dan kaya akan manfaat, karena keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).

2. Keju

Makanan satu ini mampu membuat gigi kamu tetap putih bersinar berkat kalsium dan fosfat yang ada di dalamnya. Kandungan ini dapat mengurangi keasaman mulut dan menjaga gigi dari kerusakan. Gigi kamu pun jadi lebih kuat karena kandungan vitamin C keju yang tinggi. Sudah putih dan sudah pasti terlindungi lagi kesehatannya.

3. Strawberry

Tidak hanya enak dikonsumsi, strawberry mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi. Beberapa seleb hollywood seperti Catherine Zeta-Jones dan Tyra Banks bahkan terbiasa menggunakan strawberry sebagai bahan pemutih gigi. Efek pemutih yang ditimbulkan oleh strawberry bisa didapat dalam waktu yang singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang populer dan sering digunakan untuk memutihkan gigi. Baking soda adalah serbuk halus berwarna putih yang biasa digunakan sebagai pengembang makanan seperti kue dan makanan lainnya. Namun, penggunaan baking soda secara berlebihan malah dapat merusak gigi kamu. Maka dari itu, gunakan baking soda minimal satu atau dua bulan sekali.

5. Kacang

Apakah kamu penggemar kacang? Jika iya, kamu bisa makin suka mengonsumsinya karena ternyata kacang termasuk salah satu makanan yang baik untuk membersihkan gigi. Kacang almond misalnya, mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi sehingga gigi kamu kuat dan segar. Bahkan plak dan noda yang menempel pada gigi dapat hilang. Hal ini tentu saja membuatmu makin percaya diri.

6. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mungkin dianggap sebagai sampah bagi kebanyakan orang dan seringkali tidak dimanfaatkan meskipun banyak memiliki manfaat. Selain berguna untuk menghilangkan jerawat, kulit jeruk yang mengandung vitamin C bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

7. Buah Pir

Ketika mengonsumsi buah pir, kamu mungkin akan merasa kalau buah ini cukup banyak kandungan airnya. Pir memang menyegarkan, maka nggak salah kamu gemar memakannya. Ditambah lagi saat mengunyah pir, bakteri-bakteri yang membuat mulut bau dan noda-noda kuning pada gigi dapat berkurang. Bahkan, kotoran-kotoran yang ada di sela gigi bisa menghilang.

8. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel atau yang dikenal sebagai apple vinegar adalah cuka yang tebuat dari sari buah apel yang difermentasi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka sari apel dapat menghilangkan noda pada gigi terutama yang disebabkan oleh kafein dari teh atau kopi serta nikotin yang terkandung dalam rokok. Berkumur dengan menggunakan cuka sari apel juga mampu membunuh bakteri dalam mulut yang dapat menyebabkan karies pada gigi.

9. Sayuran

Kalau kamu nggak begitu suka sayuran seperti seledri, coba pikirkan kembali. Karena seledri mampu membuat gigimu putih alami, sebab bisa menghilangkan noda-noda pada gigi. Kamu pun dapat mengonsumsi seledri layaknya sedang menggosok gigi dengan menggunakan batang seledrinya. Dengan begitu, gigi kamu tampak putih bersinar.

10. Arang Kayu

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa arang bisa memutihkan gigi dengan cepat. Hal ini memang terdengar tidak wajar karena arang tentunya berwarna hitam dan mungkin kita bingung bagaimana arang bisa membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi yang berwarna kuning. Arang mengandung senyawa aktif karbon yang bisa mengikis noda pada enamel gigi dengan cepat.

11. Garam Dan Lemon

Garam dan lemon bisa jadi perpaduan ampuh untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Garam merupakan eksfoliator atau pengelupas alami yang bisa digunakan untuk mengikis noda pada gigi, sementara lemon mengandung asam yang bisa membantu melunturkan noda pada lapisan enamel.

12. Teh Hijau

Terdapat senyawa bernama Catechins pada daun yang mampu memerangi plak pada gigi. Bakteri-bakteri pun dapat hilang jika mengonsumsi teh hijau secara rutin. Mau penyajiannya panas atau dingin, sama-sama bisa kamu konsumsi dan membuat gigi putih bersinar.

13. Buah Apel

Mengunyah apel secara rutin ternyata dapat menguatkan gusi gigi kamu sekaligus memutihkannya. Kandungan dari apel juga terbukti ampuh meningkatkan produksi air liur yang berperan penting membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan pada gigi.

14. Hidrogen Peroxida

Hidrogen peroksida adalah salah satu bahan kimia yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Senyawa hidrogen peroksida biasanya digunakan sebagai produk pemutih pada makanan dan dalam konsentrasi tertentu bisa membantu memudarkan noda pada gigi. Hidrogen peroksida banyak dijual di apotik dan toko bahan kimia. Jika kamu ingin menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi sebaiknya pilih produk hidrogen peroksida yang memiliki label food grade atau aman untuk dikonsumsi.

15. Siwak

Istilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi. Penelitian arkeologis juga menemukan bahwa siwak telah digunakan sejak jaman peradaban Mesir kuno.

Itulah makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk membuat gigi kamu putih. Semoga informasi di atas sangat bermanfaat untuk kita semua ya. Bye. . .

Check Also

Jenis, Cara Menghindari dan Mengobati Infeksi Jamur Kulit

Apakah anda sedang mengalami penyakit¬†Infeksi kulit Jamur? Memang sih, penyakit ini tidak akan merenggut nyawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *