Home / history / Mengulik Asal-Usul Penemuan Sedotan

Mengulik Asal-Usul Penemuan Sedotan

Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang sedotan. Yap, SEDOTAN!! Pernahkah kalian tau darimana sih asal mula sedotan itu? Hmm8, kita semua sudah pasti pernah dong minum pakai sedotan, tapi gak pernah kepikiran kan darimana sedotan itu berasal? Baru muncul rasa penasarannya kan? Okey, yuk kita simak aja langsung sejarahnya.

Asal Mula Sedotan

Sedotan adalah sebuah tabung yang dimaksudkan untuk mentransfer minuman dari wadah ke mulut peminum dengan penerapan kekuatan mengisap. Sedotan yang paling awal berbentuk cekungan batang rumput dan benar-benar terbuat dari rumput atau jerami.

Sedotan juga dianggap bermanfaat untuk kesehatan gigi, mengapa? Sedotan dapat membantu menurunkan kerusakan gigi karena asam yang disebabkan minuman berkarbonasi. Sedotan akan membantu mengalirkan cairan minuman langsung ke kerongkongan tanpa mengenai gigi. Selain untuk minum, sedotan pun dapat digunakan untuk bermain balon-balon sabun. Bahkan sedotan dapat digunakan untuk membuat kerajian tangan. Sedotan sudah menjadi hal yang sangat biasa dalam aktifitas kita sehari hari, khususnya saat kita sedang menikmati minuman.

Munculnya sedotan disinyalir ada pada 2000-3000 sebelum Masehi. Orang Sumeria mencoba rumput jerami yang seperti pipa kecil untuk digunakan sebagai sedotan. Sayangnya sedotan dari rumput ini menyusahkan juga, sedotan tersebut sering menyisakan rasa rumput dengan bau yang tidak enak dan mengganggu lidah saat menyeruput minuman.

Sedotan dari bahan jerami mulai merambah ke bahan kertas tepatnya pada tahun 1888 setelah Marvin Stone memproduksi sedotan yang berasal dari lembaran kertas yang digulungkan pada sebatang pensil. Agar tahan terhadap air, gulungan tersebut dicelupkan ke dalam parafin. Pada tahun 1889, Stone mematenkan temuannya dan mendirikan pabrik sedotan Stone Straw Company.

“Sedotan kertas menemui masa kematiannya perlahan-lahan di tahun 1960-1970an,” kata David Rhodes, manajer di Aardvark Paper Drinking Straw, sebuah perusahaan sedotan kertas. “Di pertengahan tahun 70-an, mereka semua hilang.”

Kemudian bahan sedotan berkembang lagi yaitu dengan menggunakan bahan plastik polypropylene. Sampai saat itu sedotan dengan pipa lurus yang ada dan barulah setelah tahun 1930-an, sedotan model tekuk ditemukan oleh Joseph B. Friedman dari San Fransisco.

Perkembangan Sedotan

Pada saat sekarang sedotan tidak hanya dibuat dari bahan plastik, namun dapat terbuat dari kaca. Selain itu bentuk sedotan tidak hanya tegak lurus tetapi dibuat lengkung dan berkelok-kelok. Dengan sedikit kreatifitas sedotan dapat di jadikan bahan kerajinan yang sangat unik dan tentunya memiliki nilai ekonomis yang lebih baik dari sekedar sedotan biasa. Selain itu pengolahan sedotan baik bekas ataupun baru dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang kita ketahui bersama bahwa plastik merupakan limbah yang paling lama terurai oleh tanah.

Jenis-Jenis Sedotan

1. Color changer straw

Ini adalah sedotan yang ajaib karena warnanya bisa berubah-ubah ketika cairan atau air menyentuh sisi-sisinya

2. Sedotan bengkok

Ini adalah sedotan yang biasa kita temui berwarna putih yang ujungnya bisa ditarik dan bengkok sesuai dengan yang kita inginkan.

3. Wide straw

Sedotan ini bentuknya simple tetapi ukuran diameternya lebih besar. Kita biasa menemuinya digunakan di cafe-cafe, biasanya untuk digunakan saat menyediakan minuman dengan agar-agar atau topping dengan ukuran besar.

4. Cereal straw

Sedotan ini bentuknya sama dengan sedotan biasa hanya saja ukurannya lebih besar dan berat. Biasanya sedotan ini bisa dimakan seperti biscuit atau astor dan dicelupkan ke minuman dingin yang lezat.

5. Spoon straw

Sesuai namanya, ini adalah sedotan tetapi ujungnya berbentuk seperti sendok dengan ukuran kecil. Ini biasa digunakan saat menyendok dan meminum es atau es krim. Salah satu gerai makanan cepat saji di Indonesia yang cukup terkenal juga menggunakan sedotan ini untuk menyajikan es krim nya.

6. Life straw

Ini adalah salah satu sedotan hebat yang mana bisa menyaring bakteri jahat yang biasanya ada pada air atau minuman yang kita beli di luaran. Ketika menggunakan sendok ini maka bakteri itu akan tersaring dan yang kita minum adalah air yang bersih dan aman saja.

Macam-Macam Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Tas

Untuk membuat tas dari sedotan tidaklah mudah, harus butuh konsentrasi agar pengerjaan bisa maksimal dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Terlebih jika pengrajin berencana untuk menjualnya, maka dibutuhkan ketelitian kuhsus saat mengerjakan kerajinan tangan tas yang terbuat dari sedotan ini.

Bunga

Sudah tidak jarang lagi bagi kita, gambar bunga mawar diatas adalah salah satu kerajinan sedotan yang saat ini paling banyak diminati oleh para pengrajin. Variasinya yang beragam, unik dan cantik. Membuat siapapun yang ingin memperaktikannya tidak akan bosan untuk terus berinovasi. Sehingga terlihat, bunga merupakan kerajinan yang paling mendominasi dalam kerajinan bentuk apapun dan salah satunya yang berasal dari sedotan.

Kalung

Kerajinan kalung, biasanya paling banyak digemari oleh kaum hawa, pembuatannya yang mudah dan super simple, membuat para pengrajin ini selalu bersemangat dalam mengerjakan tugasnya. Karena apabila telah jadi, terkadang mereka sendirilah yang menggunakan kalung tersebut, tetapi biasanya mereka memanfaatkan dari sisa-sisa hasil kerajinan kalung yang terbuat dari sedotan itu.

Sandal

Sedotan bisa disulap menjadi bentuk sendal dengan kegunaan dan fungsi yang sama seperti sendal pada umumnya. Hanya, yang membedakan pada sandal sedotan ini adalah, memiliki permukaan yang kasar atau sedikit lebih timbul dibanding sandal-sandal pada umumnya.

Itulah sejarah tentang sedotan, unik-unik ya bentuknya? Sedotan yang selama ini kita anggap benda yang tidak begitu berguna ternyata banyak manfaatnya. Saat ini bahkan kita bisa menjumpai beragam macam sedotan dengan warna yang cantik dan cerah. Bahkan sejak jaman kita belum tercipta di dunia. Sebagai saran, setiap sedotan pasti memiliki kualitas yang berbeda, jika ingin digunakan secara pribadi maka pilih yang plastiknya aman dan tebal. Waspadai jika sedotan mengeluarkan bau-bauan yang cukup menyengat. Ini biasanya menggunakan bahan yang berbahaya dan mengandung minyak. Waspadai penggunaan sedotan terutama untuk anak kecil yang masih belum mengerti fungsinya, karena ujung sedotan yang cukup tajam cukup mampu melukai.

Check Also

Sejarah Jas Hujan

Bagi Anda pengendara sepeda motor, mungkin sudah sering donk mengenakan yang namanya jas hujan atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *