Home / info / Inilah Penemuan Yang Tercipta Secara Tidak Sengaja

Inilah Penemuan Yang Tercipta Secara Tidak Sengaja

Sudah banyak sekali penemuan-penemuan yang ditemukan di dunia ini. Para ilmuwan berlomba-lomba untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Mulai dari merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhirnya menyimpulkan.

Bahkan, ada beberapa penemuan yang diciptakan secara tidak sengaja dan telah mempengaruhi kehidupan manusia hingga saat ini. Mungkin kalau penemuan itu tidak ada, mungkin hidup kita akan sangat berbeda sekarang ini. Berikut ini adalah penemuan-penemuan yang tercipta secara tidak sengaja:

1. Es Loli

Pernah dong ngerasain gimana enaknya es loli? Es Loli diciptakan oleh Frank Epperson, seorang anak berumur 11 tahun dan merahasiakannya selama 18 tahun. Pada tahun 1905, Frank meninggalkan campuran bubuk soda dan air di teras, beserta tongkat pengaduk. Malam itu, suhu di San Francisco mencapai suhu terendah. Ketika ia terbangun keesokan harinya, ia menemukan campuran tersebut sudah beku dan terciptalah es rasa buah yang ia beri nama epsicle. 18 tahun kemudian ia mematenkan penemuan tersebut dan menyebutnya Es Loli (The Popsicles).

2. Teh

Pada sekitar tahun 2373 SM, Kaisar Shen Nung sedang merebus sebuah minuman panas. Namun ternyata dia lupa menutup ketel air tersebut, sehingga tanpa sengaja angin meniup suatu daun di sekitar tempat tinggalnya dan masuk ke dalam ketel tersebut. Pada saat sang kaisar mau mengambil minuman itu, rupanya daun itu sudah bercampur dengan minuman dan mengeluarkan harum yang luar biasa. Dan pada saat dicoba diminum rasanya sangat nikmat sekali. Sejak saat itulah teh mulai beredar di China atas penemuan yang tidak disengaja.

3. Brownies

Kabarnya, terciptanya sebuah brownies adalah karena kelalaian sang pembuat kue dalam mengolah kue dalam memasukkan baking powder. Sehingga kue cokelat yang hendak dibuatnya jadi bantat (tidak mengembang), maka terlahirlah sebuah brownies. Resep brownies pertama kali dipublikasikan pada tahun 1897 di Sears, Roebuck Catalogue. Dalam sejarah kuliner, brownies merupakan termasuk katagori cookie atau kue kecil berbahan dasar tepung, rasanya manis dengan tekstur lembut dan renyah.

4. Keripik Kentang

Keripik kentang pertama kali diciptakan oleh George Crum di Moon’s Lake House dekat Saratoga Springs, New York, pada tanggal 24 Agustus 1853. Dia kesal dengan keluhan pelanggan yang terus mengirim kentangnya kembali ke dapur karena terlalu tebal dan basah. Crum memutuskan untuk mengiris kentangnya sangat tipis dan tidak bisa dimakan dengan garpu. Hasilnya, pelanggan sangat senang dengan penemuan keripik baru ini. Keripik ini menjadi cemilan khas di dalam setiap penginapan dengan nama “Saratoga Chips” dan menjadi faktor kontribusi terbesar untuk masalah obesitas di dunia Barat.

5. Coca Cola

Penemuan cola-cola dilakukan oleh seorang apoteker dari Atlantan, John Pemberton. Suatu hari, ketika John Pemberton sedang berusaha membuat obat sakit kepala, secara tidak sengaja ia menghasilkan sebuah formula berasa cola. Setelah berjalan 8 tahun dari waktu penemuannya, minuman ini akhirnya dibotolkan dan dikomersilkan secara luas. Sayangnya, formula pembuatannya masih dirahasiakan hingga saat ini.

6. Teflon

Penemuan teflon atau polytetrafluoroethylene (PTFE) terjadi di tahun 1938, teflon ditemukan secara tidak sengaja oleh Roy Plunkett dari Kinetic Chemical saat mencoba membuat CFC jenis baru. Tahun 1941 Kinetic Chemical mematenkannya dan mendaftarkan Teflon tahun 1945 sebagai merk dagang.

Teflon telah digunakan secara komersial sejak tahun 1940 untuk berbagai tujuan, karena sifatnya yang stabil terhadap bahan kimia lain (sulit bereaksi terhadap bahan kimia lain) serta dapat menghasilkan permukaan yang anti gores. Pemakaian terbanyak di masyarakat dalam bentuk peralatan memasak anti lengket misalnya wajan dan panci.

7. Goodyear

Salah satu ilmuwan yang berusaha keras untuk mencari campuran yang pas untuk ban ini adalah Charles Goodyear. Tapi sayangnya usahanya sia-sia sama dengan ilmuwan lainnya. Tapi tanpa disengaja, dialah yang menemukan ban yang bisa tahan dengan segala kondisi dan menjadi salah satu ban terkenal di dunia sampai saat ini. Jadi ceritanya pada waktu itu, Charles ini sedang beristirahat dan dia tanpa sengaja menjatuhkan segumpal karet dengan zat semacam sulfur secara bersamaan ke sebuah kompor panas dan rupanya karet ini bisa bereaksi dengan sulfur. Saat diteliti lagi karet yang bercampur dengan sulfur menjadi tahan panas dan juga tahan dingin. Berdasarkan inilah akhirnya ban karet menjadi ban yang bisa tahan panas dan tahan dingin. Ban yang ditemukan itu sekarang dikenal dengan nama Goodyear.

8. Penisilin

Pada tahun 1928, ilmuwan Skotlandia Sir Alexander Fleming mempelajari Staphylococcus-bakteri yang menyebabkan makanan menjadi beracun. Ia menutup laboratoriumnya dan meninggalkan peralatan kerja berupa cawan yang dibiarkan selama dua minggu. Saat kembali, ia menemukan sejumlah jamur (fungus) yang aneh telah ada dan berkembang biak di dalam salah satu cawan kaca tersebut. Jamur tersebut kemudian diteliti lebih lanjut hingga dipatenkan sebagai penisilin, yaitu obat antibiotik yang paling banyak digunakan manusia hingga saat ini.

9. Sabun Berbusa

Tahukah kamu sebenarnya awal penciptaan sabun itu tidak berbusa? Hal ini terjadi pada tahun 1879. Akan tetapi semua berubah setelah seorang pegawai melakukan sebuah kesalahan, dia meninggalkan sebuah mesin pembuat sabun disebuah pabrik untuk makan siang. Akibat dari kecerobohannya tersebut sabun yang dihasilkan menjadi mengeluarkan busa, karena lebih efisien dan signifikan, kesalahan pegawai tersebut diacungi jempol oleh pemilik pabrik dan sampai sekarang sabun mengeluarkan busa.

10. Alat Bantu Jantung

Suatu ketika Wilson Greatbatch melakukan sebuah penelitan terhadap pasien dan tanpa disengaja Wilson melakukan sebuah kesalahan, dia memasang sebuah resistor yang berbeda ke tubuh pasiennya tersebut. Namun alat yang salah itu bukannya menimbulkan masalah, akan tetapi kesalahan tersebut malah menyadarkan Wilson mengenai sebuah alat yang hampir mirip dengan kinerja jantung. Dari percobaan Wilson tersebut, dia bisa menemukan sebuah alat bantu jantung dan bahkan populer hingga sekarang ini.

11. Permen Karet

Seorang pria bernama Thomas Adams sedang bereksperimen dengan chice atau getah tanaman dari Amerika Selatan, sebagai pengganti karet. Sayangnya, eksperimen yang dilakukan Adams berulang kali gagal. Adams pun merasa sedih. Lalu dengan kesalnya, ia malah menelan potongan dari tanaman tersebut ke mulutnya. Ternyata ia menyukainya. Sejak saat itulah, Thomas Adams dinobatkan sebagai penemu permen karet. Dan saat ini, permen karet telah diproduksi dalam jumlah besar di dunia.

12. Menara Pisa

Salah satu kesalahan manusia yang sangat melegenda hingga sekarang adalah adanya menara Pisa di Italia, salah satu keajaiban dunia ini dibangun oleh arsitek Bonnano da Pisa. Konon katanya arsitek tersebut salah dalam melakukan sebuah perhitungan mengenai kedalaman fondasi bangunan dengan tinggi bangunan, hal tersebut membuat pondasi menara Pisa tidak kuat dan bahkan dari tahun ketahun mengalami kemiringan. Namun karena keunikan inilah, menara Pisa hingga saat ini menjadi daya tarik para wisatawan.

Ada yang tau gak sebelumnya kalau penemuan-penemuan tersebut tercipta secara tidak sengaja? Kalau kamu belum tau, itulah beberapa penemuan tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu. Sampai jumpa lagi…

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *