Home / info / Kenapa CLBK Bisa Terjadi? Ini Jawabannya

Kenapa CLBK Bisa Terjadi? Ini Jawabannya

CLBK atau cinta lama bersemi kembali bisa terjadi kapan saja, bener gak? Siapa nih yang pernah CLBK sama mantannya? Menurut kamu apa sih alasan atau penyebab seseorang itu bisa CLBK sama mantannya? Padahal nih kalau sudah putus itu tandanya sudah tidak ada kecocokkan lagi. Harusnya mereka mencari pacar baru yang lebih baik dan lebih cocok.

Sebuah survei yang dilakukan di University of Wisconsin, Milwaukee dan Bowling Green State University pada tahun 2012 menemukan bukti bahwa 44 persen responden usia 17 sampai 24 tahun pernah berhubungan kembali dengan dengan mantan pacar mereka setidaknya sekali. Hasil yang sama juga diperoleh dari survei terbaru yang dilakukan oleh aplikasi Wishbone.

Sengaja atau nggak disengaja, sebuah pertemuan bisa membangkitkan kenangan di masa lalu yang sebetulnya sudah disingkirkan jauh-jauh saat kita berjalan ke arah berlawanan dengan si mantan dan melanjutkan hidup seorang diri. Mereka yang dulunya pernah bersama, kadang bisa merindukan saat-saat yang indah yang pernah dijalani. Selain merindukan kenangan yang indah saat bersama, ada lagi beberapa alasan kenapa CLBK bisa terjadi seperti berikut ini:

1. Usia Masih Muda

Kasus CLBK sering terjadi pada pasangan-pasangan muda, kenapa? Ternyata umur adalah faktor utamanya. Menurut Wright, usia muda merupakan masa-masa labil dimana manusia mudah mengambil keputusan berdasar dorongan impulsif. Biasanya keputusan ini menjadi sumber penyesalan di kemudian hari. Hubungan yang putus sambung merupakan salah satu kasusnya.

2. Tidak Ingin Sendiri

“Putus dengan seseorang demi mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan pria/wanita lain membutuhkan masa-masa kesendirian dan kadang ini terlalu berat bagi sebagian orang,” tutur Kali Rogers. Ketakutan ini membuat kita memilih untuk memulai kembali dengan mantan. Dalam situasi seperti ini, kemungkinan besar kita memutuskan untuk kembali bukan karena masih sayang, tetapi karena tak ingin sendiri.

3. Pacar Yang Baru Tidak Tulus

Saat kamu punya pacar baru, maka mantan akan menjadi tolak ukur untuk dijadikan perbandingan. Ketika pacar baru tidak melakukan sesuatu yang buat kamu bahagia, kamu pasti akan merasa bahwa pacar yang baru itu tidak tulus. Kamu pastinya akan menyesal telah meninggalkan mantan sebab kamu merasa dia lebih baik. Selain itu, kamu pun akan sadar ternyata hanya dengan mantanlah hidup kamu lebih bahagia. Hal ini seringkali terjadi.

4. Bertemu Saat Sama-Sama Single

Merasakan cinta, iya. Kangen saat lagi nggak ngobrol intens, iya. Nyaman, iya. Sudah merasa satu sama lain berubah jadi jauh lebih baik dari yang dulu, iya. Sama-sama single? Iya banget! Apalagi yang menghalangi kalian untuk bersama? So, nggak ada salahnya dong CLBK.

5. Tetap Mesra Walaupun Sudah Putus

Sudah putus tapi tetap mesra? Waduh, ini dia yang pastinya buat kamu terus-terusan gagal move on. Kedekatan fisik dengan mantan akan membuat tubuh melepaskan oksitosin. Zat kimia ini menimbulkan perasaan terikat dengan mantan. Cara terbaik untuk menghilangkan sisa-sisa perasaan kepada mantan adalah dengan menjaga jarak dengannya, paling tidak sampai kamu bisa mengelola perasaanmu dengan lebih objektif.

6. Takut Tak Bisa Menemukan Yang Lebih Baik

Mengakhiri suatu hubungan yang terasa begitu intens dan spesial memang menakutkan. Kita merasa telah menemukan cinta sejati yang tak akan bisa tergantikan seumur hidup. Terlalu berat rasanya untuk melepaskan cinta seperti itu, meskipun kita tahu kalau hubungan dengan orang itu tak akan pernah berhasil. Padahal alasan sesungguhnya bukan karena kita takut tak bisa menemukan orang yang lebih baik darinya, tetapi takut tak bisa merasakan kedalaman perasaan dan intensitas emosi seperti itu lagi.

“Cinta di masa muda bisa terasa begitu dalam, apalagi jika itu cinta pertama,” kata Bela Gandhi. “Kita sering berpikir bahwa kita tidak akan pernah menemukan cinta seperti ini lagi dan memutuskan untuk bertahan dengan sesuatu yang hanya tidak akan pernah bisa berhasil jika dijalani dengan rasa takut”.

7. Cinta Sejati

Mengakhiri suatu hubungan yang terasa begitu intens dan spesial memang menakutkan. Kita merasa telah menemukan cinta sejati yang tak akan bisa tergantikan seumur hidup. Terlalu berat rasanya untuk melepaskan cinta seperti itu, meskipun kita tahu kalau hubungan dengan orang itu tak akan pernah berhasil. Padahal alasan sesungguhnya bukan karena kita takut tak bisa menemukan orang yang lebih baik darinya, tetapi takut tak bisa merasakan kedalaman perasaan dan intensitas emosi seperti itu lagi. Jika kamu bisa menemukan cinta terbesar dalam hidupmu, kamu selalu bisa mendapatkannya lagi. Tak selalu harus dengan orang yang sama. Justru kegagalan sebelumnya bisa menjadi jalan bagimu untuk menemukan yang lebih baik di masa depan.

8. Situasi Sudah Berubah

Tak sedikit pasangan memutuskan berpisah karena situasi yang tidak mendukung, entah itu jarak atau masalah lain yang bisa mengganggu stabilitas hubungan. Tetapi begitu penghalang tersebut tak ada, kemungkinan untuk kembali bersama jadi semakin besar.

“Ketika pasangan berpisah karena faktor eksternal atau hal-hal lain yang berada di luar kendali mereka, akan lebih mudah untuk kembali bersama begitu keadaan ini berubah.”

9. Berpikir Mantan Sudah Berubah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kansas State University pada tahun 2003 menemukan bukti bahwa sebagian besar orang yang memutuskan untuk kembali berhubungan dengan mantan berpikir kalau pasangan mereka sudah berubah ke arah yang lebih baik. Cara terbaik untuk memastikan kita tidak memulai kembali hubungan yang bakal berakhir sia-sia adalah dengan menyelesaikan masalah yang mengganjal saat kita mengakhiri hubungan dulu.

10. Karena Jodoh

Nah, ini dikarenakan sudah ada yang menggariskan kita untuk berjodoh dengannya, mau putus bolak-balik juga bakal nggak mempan kalau ternyata Tuhan mengikat kita dengan kata JODOH. Terima nasib aja mau gak mau balikan dengannya dan menjalani hidup bahagia.

Itulah beberapa alasan kenapa CLBK bisa terjadi, apa kamu pernah seperti itu? CLBK bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, jadi nggak perlu malu-malu kalau ingin CLBK ya. See you bye bye. . .

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *