Home / info / Mengulas Sejarah Munculnya Power Bank

Mengulas Sejarah Munculnya Power Bank

Apa yang terlintas dipikiran kamu ketika mendengar power bank? Yap, dilihat dari namanya tentu kita sudah tau kalau benda ini bisa menyimpan daya. Pastinya benda ini udah gak asing lagi buat kamu kan? Tapi apa kamu tau kapan power bank itu muncul? Ya udah mari sama-sama kita bahas yuk.

Power bank adalah alat pengisi daya gadget saat kita sedang berada diluar dan jauh dari sumber listrik. Fungsi power bank dapat disebut juga sebagai penyimpan daya atau dapat dianalogikan sebagai batrei cadangan, namun untuk penggunaannya kita tidak perlu mencopot baterai handphone, kita cukup menancapkan kabel seperti saat kita men-charger dengan menggunakan charger biasa. Untuk lama tidaknya sebuah power bank dapat digunakan tergantung dari daya yang dapat disimpan dari power bank tersebut(biasanya dalam ukuran mAh).

Hasil gambar untuk sejarah power bank

Kemunculan power bank untuk pertama kalinya yaitu di sebuah acara bernama Las Vegas International Consumer Electronics Show pada tahun 2001. Power bank yang pertama kali dikenal dengan nama Power Mobile Bank menjadi prakarsa munculnya portable external battery atau power bank yang banyak beredar dipasaran seperti saat sekarang ini.

Power bank untuk handphone ini awal sekali terkenal mulai pada pertengahan tahun 2006. Kemudian, semenjak era handphone mulai tergeserkan oleh era smart phone pada tahun 2009, power bank menjadi lebih populer dan semakin banyak peminatnya. Diawali dengan terciptanya produk iPhone dari Apple, membuat pertumbuhan smart phone kian pesat. Dengan segala fitur dan aplikasi yang tersedia di dalam smart phone, membuat daya baterai smart phone tersebut lebih cepat habis dibandingkan hand phone biasa. Hal ini lah yang membuat power bank semakin diminati, karena para pengguna smart phone tentunya ingin terhubung terus dengan orang – orang terdekat melalui smart phone yang dimilikinya.

Hasil gambar untuk power bank

Pada saat ini power bank sudah semakin mudah dicari. Dengan Berbagai jenis, merek, tipe dan kapasitas daya pun dikeluarkan. Dan power bank juga bisa digunakan untuk mengisi baterai laptop dan gadget besar lainnya. Tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak jenis & tipe power bank di pasaran.

Misalnya saja sebuah perangkat Blackberry, memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh. Jadi, power bank berkapasitas 6000 mAh dapat mengisi baterai 1500 mAh hingga empat kali charge. Namun ada juga kemungkinan kurang dari empat kali charger, hal ini dikarenakan berbagai sebab misalnya saat pengisian power bank tidak maksimal. Untuk mengetahui apakah daya pengisi baterai portabel sudah habis atau belum, bisa diketahui dengan lampu indikator yang ada pada pengisi baterai portabel.

Semakin besar daya pengisi baterai portabel, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi arus listrik pengisi baterai portabel. Sama seperti waktu yang dibutuhkan oleh pengisi baterai portabel, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi suatu perangkat tergantung dari kapasitas daya yang dimiliki oleh suatu perangkat tersebut. Power bank juga dilengkapi dengan berbagai kabel usb charger sehingga kamu dapat menggunakannya untuk berbagai model handphone.

Hasil gambar untuk power bank

Saat ini, berbagai macam merek power bank sudah banyak beredar di pasaran sehingga mudah didapat. Bukan hanya model, tetapi juga tipe dan besarnya daya disediakan dari setiap power bank. Semakin berkembangnya jaman juga membuat power bank tidak hanya berfungsi sebagai pengisi ulang daya baterai pada ponsel atau gadget lainnya. Namun, power bank juga memiliki banyak fitur tambahan seperti salah satunya dapat menjadi alat bantu penerangan atau senter.

Pada umumnya, power bank dibanderol dengan harga 300 ribu keatas. Nominal tersebut bukanlah nilai yang sangat besar ketika kita ingin dimanjakan dengan fleksibilitas pengisian baterai dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung dengan sumber listrik. Jika ingin menggunakan power bank, jangan lupa power banknya di cas terlebih dahulu, apa lagi kalau bepergian jauh. Seperti halnya power bank merupakan charger gadget yang di dalamnya menyimpan banyak daya listrik.

Hasil gambar untuk power bank

Sekarang ini banyak sekali power bank abal-abal yang beredar dipasaran, kamu harus lebih teliti jika ingin membeli. Pilihlah tempat yang sudah terpercaya, carilah informasi bagaimana cara membedakan power bank asli dan yang palsu bila perlu konsultasikan terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman.

Udah tau kan kapan pertama kali power bank muncul, power bank memang benda yang sangat berguna. Bentuknya yang kecil sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dan menjadi benda wajib yang harus dimiliki terutama untuk anak muda jaman sekarang yang tidak bisa lepas dari gadget. Sekian dulu ya penjelasan tentang power bank ini, bye…

Check Also

Tanpa Atap Dan Dinding, Inilah Hotel Unik Di Pegunungan Alpen Swiss

Kalau kita sedang liburan ke luar kota ataupun ke luar negeri, tentunya hal yang tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *