Home / info / Ternyata Isyarat Tangan Ini Dilarang Di Berbagai Negara Lho

Ternyata Isyarat Tangan Ini Dilarang Di Berbagai Negara Lho

Di setiap negara pasti memiliki aturan masing-masing yang harus diikuti, beda negara tentu beda budayanya. Menggunakan isyarat tangan di satu negara mungkin tidak masalah tetapi belum tentu dengan negara lainnya karena bisa dianggap tindakan menghina. Seperti di Indonesia, menggunakan isyarat tangan itu adalah hal yang biasa kecuali mengacungkan jari tengah.

Sejumlah negara memiliki aturan yang ketat mengenai isyarat tangan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Bila kalian sampai membuat isyarat tersebut, bisa jadi kalian malah menyinggung orang lain dan ada kemungkinan pula berurusan dengan pihak yang berwajib. Masa iya sih sampai segitunya? Memangnya isyarat tangan apa saja yang tidak boleh dilakukan? Yuk kita lihat jawabannya.

Mengacungkan Jempol

Mungkin hal yang satu ini adalah hal yang sangat biasa sekali, di Barat sendiri contohnya Amerika, mengacungkan jempol digunakan sebagai salah satu bentuk pujian. Jadi, jika ada seseorang atau sesuatu yang mengagumkan, kalian tinggal berikan saja tanda dengan mengacungkan jempol ke arah atas. Tapi berhati-hatilah jika Anda ada di Rusia, Amerika Latin, Yunani, Afrika Barat, Sardinia, Italia Selatan dan Timur

Di negara tersebut, isyarat ini memiliki arti sama seperti kalian mengacungkan jari tengah ke arah mereka. Kalian pasti tahu dong apa maksud dari mengacungkan jari tengah ke orang? Jadi, daripada kalian mengacungkan jari jempol kepada mereka, lebih baik kalian ucapkan saja kata bagus atau luar biasa.

Peace

Peace bukannya berarti damai ya? Mungkin sebagian dari kita beranggapan kalau peace adalah isyarat untuk damai atau bersahabat. Tapi ternyata di Negara Inggris, Australia, Irlandia, New Zealand dan Italia, Peace dianggap isyarat tangan terlarang karena melambangkan organ kewanitaan atau vagina yang artinya ‘dirikan punyamu’ dalam konotasi seksual negatif. Wah bisa gawat nih kalau memberikan isyarat tangan seperti ini sama perempuan cantik di negara-negara yang udah disebut tadi. Masih beruntung kalau cuma dimarahin, tapi kalau sampai dilaporkan ke Polisi, kelarrrrr idup Loe hehehe.

Tangan Terbuka

Ketika berjalan atau hendak menyebrang misalnya, kalian pasti akan membuka telapak tangan kalian ke arah kanan atau kiri dengan tujuan untuk menghentikan sementara laju kendaraan. Di Indonesia misalnya, isyarat tangan terbuka lebar tersebut berguna untuk memberi tanda untuk berhenti. Di negara seperti Yunani, kalian tidak boleh membuka tangan lebar-lebar ke arah orang.

Membuka tangan lebar-lebar merupakan salah satu bentuk cacian atau pelecehan. Masyarakat Yunani memiliki kepercayaan tersebut sejak zaman Romawi. Kode tangan ini memiliki arti sama dengan melemparkan kotoran ke wajah orang. Tradisi ini dinamakan Moutza alias tangan terbuka sambil merenggangkan kelima jari yang mengartikan caci maki atau umpatan penghinaan dan berasal dari kebudayaan era Bizantium Romawi Timur.

Selain di Yunani, ada beberapa negara lainnya yang juga melarang keras memberikan isyarat moutza yang artinya umpatan kasar ‘binatang’ seperti berlaku di negara Pakistan, Afrika, Jepang dan Korea. Namun bentuknya sedikit berbeda, kelima jari direnggangkan tapi membentuk mulut bebek.

Oke

Membentuk lingkaran dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol belum tentu berarti “oke” di beberapa negara lain. Contohnya di Prancis, isyarat itu artinya “nol” atau “tidak berharga”. Sedangkan di Venezuela, Turki dan Brazil, itu merupakan isyarat vulgar yang akan menyinggung hampir setiap orang. Jangan gunakan isyarat itu di Turki, Brazil, Venezuela dan Prancis.

Makan Dengan Tangan Kiri

Saat makan menggunakan tangan kidal alias kiri, di negeri kita sendiri Indonesia sebenarnya juga dianggap tidak sopan meskipun bagi kita sendiri tidak terlalu dipersoalkan. Tapi beda dengan kebiasaan masyarakat di Timur tengah, Afrika, Sri Lanka dan India.

Jika kamu diundang makan malam oleh mereka, jangan sekali-kali menggunakan tangan kiri untuk mengambil makanan. Mereka akan mengganggap kamu sebagai tamu kurang ajar, karena sudah berani menggunakan tangan kiri yang biasa digunakan untuk cebok saat buang air besar.

Telunjuk Menempel Satu Sama Lain

Maklum saja bila kita tidak tahu makna menempelkan jari telunjuk tangan kiri dan tangan kanan. Memang di negara kita ini, tanda tersebut tidak memiliki arti apa-apa. Jadi, aman-aman saja bila kalian menunjukkan tanda tersebut ke teman ataupun orang lain. Tapi, lain cerita lagi jika kalian menunjukkan tanda ini ketika berada di Mesir.

Di Mesir, ketika seseorang ingin melakukan hubungan intim, mereka akan memberikan kode dengan menyatukan jari telunjuk tangan kanan dan kiri ke arah bawah. Jika kalian sampai melakukannya, itu sama saja kalian itu adalah orang mesum. Kalian bisa langsung digiring ke kantor polisi dengan segera.

Memanggil Dengan Satu Jari

Untuk memanggil seseorang, biasanya kalian akan menggunakan kode apa? Apakah itu dengan melambaikan tangan ke atas dan ke bawah? Atau yang satunya lagi yaitu dengan menggunakan jari telunjuk? Jari telunjuk yang ditekuk ke arah diri sendiri juga bisa digunakan untuk memanggil seseorang di beberapa negara.

Khusus di Filipina, memanggil orang dengan jari ditekuk itu tidak berlaku. Kalau kamu melakukannya, kamu malah bisa memancing emosi seseorang. Bagi orang Filipina, memberikan isyarat telunjuk ditekuk sama saja dengan mengatai orang sebagai anjing. Dan biasanya, orang yang memberikan isyarat ini akan ditangkap oleh polisi dan jarinya akan langsung dipatahkan.

Memegang Kepala

Di negara kita Indonesia, memegang kepala bisa berdampak negatif ataupun positif. Contohnya begini, kalau ada orang yang gak dikenal tiba-tiba memegang kepala kamu, kira-kira kamu marah atau sekalian ngajak dia berantem ajah, tapi beda kan kalau yang megang itu kakak kamu sendiri.

Sama seperti di Thailand, bagi mereka kepala menjadi bagian tubuh paling suci karena dalam ajaran agama mereka Buddha, kepala adalah sumber roh manusia berada. Yang boleh memegang kepala hanyalah Ayah dan Ibu. Tidak boleh anggota keluarga lain apalagi teman.

Metal

Memberikan isyarat metal (dengan mengepalkan tangan kamu serta mencuatkan jari telunjuk dan kelingking) wajib kamu hindari saat berada di Italia, Spanyol, Portugal, Brazil dan Kolombia. Di negara tersebut, isyarat tangan itu bisa digunakan untuk mengindikasikan bahwa istri seseorang berselingkuh. Jangan gunakan isyarat itu di Italia, Spanyol, Portugal, Brazil dan Kolombia.

Ya, itulah isyarat tangan yang gak boleh dilakukan di beberapa negara tertentu, aneh sih karena di negara kita hal-hal di atas tersebut adalah yang biasa dilakukan. Namanya juga beda negara, pasti beda tradisi dong ya.

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *