Home / info / Tidak Hanya Indah, Gurun Ini Juga Menakjubkan

Tidak Hanya Indah, Gurun Ini Juga Menakjubkan

Apa yang kamu ketahui tentang gurun? Pasir, gundukan atau cuaca panas? Lebih jelasnya gurun dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit – kurang dari 250 mm per tahun.

Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan, jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar. Walaupun jika diamati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. Keindahan bumi ini tidak hanya dapat kita jumpai di daerah pegunungan, lautan dan keindahan kota yang semakin lama semakin modern. Tetapi tahukah kamu, di dunia ini terdapat banyak hamparan gurun yang indah seperti berikut ini:

Gurun Sahara, Afrika Utara

Gurun Sahara merupakan salah satu gurun di dunia yang terkenal sepanjang masa, gurun ini pernah dijadikan sebagai lokasi untuk membuat film, cerita dan juga video klip lagu-lagu yang popular di dunia musik. Gurun Sahara merupakan salah satu gurun yang masuk ke dalam gurun terluas ketiga di dunia. Selain itu, gurun ini memiliki tingkat kepanasan yang sangat tinggi tetapi disisi lain gurun ini memiliki keindahan yang sangat mempesona karena terdapat lanskap yang bervariasi yang terdiri dari satu bagian ke bagian lainnya. Keindahan gurun pasir ini terbentuk oleh alam seperti angin yang sangat kencang dan juga guyuran air hujan, luas dari gurun ini sekitar 8,6 juta km² luas tanah di bagian afrika utara. Sebuah suhu yang menakjubkan di gurun Sahara yaitu 58 derajat Celcius dan sebagian besar Sahara adalah hamparan pasir, meskipun beberapa pegunungan dan padang rumput juga ada, meskipun sangat jarang.

Gurun Wadi Rum, Jordan

Wadi Rum terdiri dari 278 mil persegi (720 kilometer persegi) dari padang gurun. Biasanya gurun ini disebut ‘The Valley of the Moon’, Wadi Rum mengacu pada lembah di Yordania selatan yang memotong granit berwarna-warni dan pegunungan batu pasir. Lembah pasir bervariasi dalam warna dari cahaya menjadi merah bata dan medan lembah juga berbeda di seluruh daerah. Sebagian datar dan lebar atau dalam dan celah-celah sempit di antara formasi batuan.

Gurun Gobi, China dan Mongolia

Gurun pasir yang membentang dikawasan China dan Mongolia ini merupakan salah satu gurun bersejarah yang terdapat kota-kota penting yang berada disepanjang jalan. Keindahan gurun ini terbentuk oleh bayangan dari gunung Himalaya dan gurun Gobi merupakan salah satu gurun terbesar dan terluas di Asia. Tidak seperti kabanyakan gurun-gurun yang ada di dunia ini, gurun Gobi merupakan gurun pasir yang memiliki suhu yang sangat dingin dan bahkan jika tiba musim dingin di ngurun tersebut dapat kita jumpai salju dan juga es diarea perbukitan. Di kawasan gurun Gobi banyak ditemukan berbagai jenis posil dinosaurus dan bahkan telur dinosaurus dapat ditemukan di kawasan bersejarah ini.

Gurun Salar de Uyuni, Bolivia

Gurun salar merupakan sebuah gurn garam terluas dan terbesar di dunia, tetapi banyak orang yang meyakini bahwa gurun ini sangat angker dan penuh dengan hal-hal mistis di dalamnya. Pada puluhan ribu tahun yang lalu, kawasan gurun ini merupakan sebuah danau prasejarah. Tetapi seiring berjalannya waktu, danau ini mengering dan hanya tinggal tersisa dua danau kecil yang baru yang menghasilkan garam. Sekitar 10 ton garam dapat dihasilkan dari gurun ini dan hal yang paling menakutkan disini yaitu pada saat terjadi efek cermin yang dihasilkan oleh pantulan cahaya matahari.

Atacama Desert, Chili

Gurun Atacama merupakan gurun pasir terkering di dunia, di kawasan ini hanya mendapatkan curah hujan sekitar 0,0004 inci curah hujan dari setiap tahunnya. Luas dari gurun pasir ini mencapai hingga 41.000 mil dan terletak di daerah ketinggian lebih dari 8.000 kaki dpl. Disini merupakan lokasi yang sangat baik untuk anda yang ingin menyaksikan keindahan langit untuk melihat rasi bintang dan melakukan pemotretan bintang di langit, karena disini pemandangan langitnya yang sangat cerah dan jarang sekali terdapat polusi cahaya. Bentuk salju yang aneh dan formasi es nya yang terdapat didaerah ketinggian dapat membuat para pengunjung dapat menyaksikan hutan es yang berada ditengah gurun yang tandus, karena dilokasi ini jarang sekali para pengunjung dapat menemukan tumbuhan yang hidup.

Painted Desert, Arizona, Amerika Serikat

Gurun ini memiliki keindahan alam yang tampak terlihat gurun yang berwarna seperti biru, ungu, merah dan oranye. Curah hujan disini kurang dari 10 inci saja setiap tahunnya, sedangkan keindahan dari warna yang tampak diciptakan oleh kandungan mineral yang terdapat didalam tanah liat dan batu pasir. Gurun ini luasnya membentang dari Grand Canyon National Park hingga ke Petrified National Forest di Arizona, untuk menuju ke lokasi padang pasir ini ada banyak jalan besar untuk melakukan pendakian terutama pada saat matahari mulai tenggelam.

Mojave Desert, Nevada, USA

Gurun terindah dan terkenal di Amerika lainnya yaitu gurun Mojave, digurun ini terdapat dua taman nasional yang terdiri dari Taman Nasional Joshua Tree dan Death Valley National Park. Gurun pasir Mojave merupakan gurun pasir terpanas, terkering dan terendah yang ada di Amerika Utara. Death Valley terletak di daerah dengan ketinggian sekitar 282 kaki dibawah permukaan laut, bagi para wisatawan yang berasal dari Amerika tempat ini merupakan tempat yang mudah untuk dikunjungi dan para pengunjung akan terasa nyata menikmati keindahannya serasa keluar dari dunia ini. Lokasi gurun pasir ini terletak di kawasan tenggara California yang masih mencakup di bagian Nevada, Arizona dan Utah. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan gurun pasir, gurun pasir ini merupakan gurun pasir paling popular di Amerika Utara.

Itulah gurun terindah yang ada di Bumi ini, bagus bukan? Ya, setiap tempat memang memiliki keindahan alamnya masing-masing. Gurun di atas tersebut tidak hanya indah, akan tetapi sangat menakjubkan.

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *