Home / info / Viral, Imam Berambut Gimbal

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah ini memang benar dan nyata di muka bumi ini. Karena apa bila kita hanya melihat dari luarnya saja, itu belum tentu mencirikan apa yang sebenarnya ada didalam. Apa yang terlihat bagus dari luar belum tentu juga bagus didalamnya dan sebaliknya, belum tentu juga yang terlihat buruk dari luar akan menggambarkan keburukan didalamnya.

Seperti cerita salah satu artis tanah air yang satu ini. Meskipun penampilan luarnya terlihat horor atau urak-urakan, siapa yang pernah menyangka sosok seperti ini bisa menjadi imam. Sofyan Alop atau lebih dikenal dengan nama panggung Cupink Topan adalah salah satu aktor laga tanah air yang sebenarnya telah memulai kariernya sejak 10 tahun lalu.

Namun namanya mulai dikenal oleh publik sejak ikut serta dalam film laga berjudul “The Raid Redemption” (2011). Setelah itu, nama Sofyan Alop kembali redup seiring waktu. Pria dengan tampilan layaknya preman dengan rambut gimbal ini telah lama tak terdengar kabarnya.

Dalam video dibawah ini sangat terlihat jelas Cupink sedang mengimami shalat dengan bacaan Al Quran dengan merdu. Aktor di film Laga tersebut Qiraah nya luara biasa, bahkan Gubernur Maluku Utara KH. Abdulgani Kasuba. Lc. sampai terkesima mendengarkan suaranya. Siapa sangka, pria berambut gondrong dan gimbal, dengan tampang sangar ini bacaan Al Qurannya begitu luar biasa.

Beberapa hari terakhir ini nama Cupink Topan kembali naik ke permukaan. Bukan karena perannya dalam sebuah film, tetapi karena videonya yang beredar di dunia maya. Video yang diambil di hotel Bidakara ini memperlihatkan Cupink Topan menjadi imam shalat. Dengan pakaian ‘preman’nya, ternyata kemampuan pria berumur 32 tahun ini bikin siapa saja tercengang saat mendengarnya membaca ayat Al-Qur’an. Bahkan diketahui, Gubernur Maluku Utara, Abdulgani Kasuba, mengapresiasi bacaan shalat pria asal Tidore ini.

Sejarah Perjalanan Sofyan Alop

Aktor di film Laga ini menamatkan sekolahnya di SMK Tidore jurusan Akuntansi, Cupink Topan melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan. Niatnya diawal kuliah, ia ingin mengambil jurusan Ekonomi Islam. Namun, dia justru terdampar di Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Di fakultas PBA, Cupink merasa kesulitan dan pada Semester V dia merasa kewalahan karena tiap kali presentasi, setiap mahasiswa harus menggunakan bahasa Arab. Tetapi pada akhirnya ia memutuskan untuk pindah Fakultas, namun karena proses pengurusan pindah fakultas yang ribet membuatnya memutuskan berhenti kuliah pada tahun 2006.

Meski sekolahnya sempat terhenti, tak menjadikan Cuping kehilangan semangat, dengan modal pengalamannya bermain teater saat masih berstatus mahasiswa menjadi pelajaran yang berharga baginya. Pentas teater berjudul Kertas Kosong yang digagas oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassar (HIPMIN) itu menjadi awal perkenalannya dengan dunia peran”Di sanalah saya pertama belajar teknik olah pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, improvisasi, juga artikulasi” jelasnya.

Setelah itu, Sofyan Alop alias Cupink Topan memantapkan pilihannya pada seni peran. Kota besar adalah tujuan utamanya merantau, sepuluh tahun lalu, Sofyan Alop dipaksa temannya untuk mengikuti lomba modelling. Ternyata langkah itu menjadi pembuka jalan bagi kariernya di dunia akting. Sofyan Alop kemudian mulai mendapat tawaran beberapa judul film. Salah satunya dia pernah terlibat dalam film The Raid Redemption (2011). Namun beberapa waktu kemudian namanya kurang dikenal.

Hingga saat ini, video yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Iqchalcedony Obi ini sejak tiga hari lalu, sudah ditonton hampir delapan juta orang dan dibagikan puluhan ribu kali. Para warganet yang menyaksikan video ini tentu saja nggak bakal menyangka kalau Cupink Topan punya suara semerdu itu apalagi lengkap dengan tajwid bacaan yang benar.

Para warganet merasa terharu dan mengapresiasi kemampuan pria tersebut saat menjadi imam. Meski tampilannya kayak preman dan ditambah rambutnya yang gimbal, ternyata Cupink Topan nggak kalah saing sama ustad-ustad ternama saat menjadi imam disalah satu masjid.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan para pembaca semuanya dan bisa juga menjadi salah satu acuan untuk tidak melihat sesorang hanya dari penampilannya saja.

Note : Don’t Judge Book From The Cover. Tidak ada manusia yang terlahir sempurna, baik buruknya dimiliki kita sebagai manusia dan kesempurnaan hanya milik sang pencipta seluruh isi semesta alam raya. Lihatlah seseorang dengan kerendahan hati kita.

Check Also

Kacamata Atau Softlens, Mana Sih Yang Lebih Baik?

Apa kamu pernah mengalami kebingungan saat harus memilih antara memakai kacamata atau softlens? Ya, itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *