Home / info / Wow, Inilah Pemandian Air Panas Yang Menakjubkan

Wow, Inilah Pemandian Air Panas Yang Menakjubkan

Kalau udah ngomongin tentang air, duh rasanya semua suka deh apalagi dengan kegiatan air. Siapa nih yang suka berenang ? Hmm, enaknya kalau berendam di air ya guys apalagi kalau berendam di air panas. Yap, kali ini kita akan membahas tentang pemandian air panas. Gak semua daerah ada tempat pemandian air panasnya lho, maka dari itu asyik banget kan yang rumahnya berdekatan dengan sumber pemandian air panas tersebut. Banyak pemandian air panas yang unik, pernah tau gak dimana? Ya udah daripada penasaran, yuk kita lihat sama-sama.

1. Blue Lagoon, Islandia

Di negara yang dekat dengan kutub utara ini hampir setiap waktunya diliputi musim dingin. Yang membuatnya unik selain iklimnya adalah geografis alamnya, walaupun dipenuhi salju di Islandia juga ada suatu tempat alami yang dapat menghangatkan tubuh. Tempat tersebut bernama Blue Lagoon yang merupakan pemandian air panas alami yang berwarna biru. Kolam air panas alami ini berada di Grinvandik, sebuah daerah di Islandia yang berada di sebelah selatan Samudera Artik. Air panas Blue Lagoon yang bersumber langsung dari panas bumi ini memiliki warna biru yang sangat indah.

2. Pamukkale, Turki

Pemandian air panas ini terletak di kota Denizli, kolam air panasnya sangat keren. Kolam tersebut bentuknya berundak-undak atau seperti sawah terasiring. Pamukkale mendapat pasokan air yang mengalir sehingga kejernihan airnya selalu terjaga. Kolam yang unik ini memiliki ukuran panjang 2.700 meter, lebar 600 meter dan tinggi 160 meter dan mendapatkan pasokan air panas dari 17 sumber.

3. Conundrum Hot Springs, Amerika Serikat

Di daerah pegunungan Aspen, terdapat kolam air panas alami bernama Conundrum Hot Springs. Berendam di pemandian ini selain merasakan hangatnya air pegunungan alami, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dari pegunungan Aspen dan deretan hutan cemara lebat yang mengelilinginya. Kolam air panas Conundrum Hot Springs ini juga merupakan kolam air panas alami paling unik di dunia karena terletak di ketinggian 3.413 mdpl. Hal tersebut menjadikan pemandian ini sebagai kolam air panas dengan letak tertinggi di Amerika dan juga dunia.

4. Tabacon Hot Springs, Kostarika

Yang membuat pemandian air panas ini unik adalah sumber air panasnya yang tidak berasal dari gunung berapi, melainkan dari air hujan yang masuk kedalam perut bumi dan bercampur dengan magma sehingga memanaskan air tersebut. Air yang panas dan menguap tersebut kemudian keluar ke permukaan melalui celah celah bumi dan mengalir melalui sungai sungai. Jika biasanya pemandian air panas berupa kolam, Tabacon Hot Springs merupakan aliran sungai besar dengan airnya yang hangat. Air yang mengalir itu dikatakan punya suhu diantara 25­50 derajat celcius.

5. Peninsula Hot Springs, Australia

Pemandian air panas ini berada di puncak Hilltop Pool, orang yang berendam di kolam air panas ini akan disajikan dengan pemandangan indah berupa perbukitan di setiap sisi. Kolam air panas dengan pemandangan alam tersebut dijamin akan membuat siapa saja menjadi betah dan ingin berendam lagi di Peninsula Hot Springs.

6. Szechenyi Baths, Hungaria

Budapest di Hungaria adalah salah satu kota di dunia yang terkenal dengan bangunan bergaya gothik. Sampai-sampai kota ini juga memiliki kolam pemandian air panas yang memiliki bangunan super antik dan keren. Di kota ini terdapat pemandian bernama kolam air panas Szechenyi yang disebut-sebut sebagai kolam air panas terbesar dan termegah di Eropa. Menilik lebih jauh, kolam-kolam yang ada di kota ini telah ada sejak abad ke-16.

Air yang ada di kolam air panas Szechenyi berasal dari dua sumber mata air panas yang kaya akan mineral seperti sulfat, kalsium, megnesium, bikarbonat, fluoride dan asam metaboric dalam jumlah yang besar. Mineral-mineral itu dipercaya memiliki khasiat untuk terapi penyakit seperti radang sendi, dan gangguan persendian yang lainnya. Kini tempat tersebut telah memiliki 18 kolam dengan suhu air yang berbeda-beda.

7. Saturnia, Italia

Pemandian ini berada di di Tuscany, Italia. Musim dingin seperti ini adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke kota Spa dunia yaitu Saturnia. Kota kecil ini memiliki sekumpulan kolam air panas alami dari gunung Amiata. Gunung inilah yang kemudian mengalirkan sumber air panasnya menuju ke sungai-sungai di lembah Albenga dan Fiora, terus mengalir hingga Roselle dan Talamone.

8. The Roman Baths, Inggris

Di Inggris tedapat tempat pemandian air panas dari zaman Romawi yang terkenal sebagai tempat pemujaan keramat. The Roman Baths, begitulah nama tempat tersebut. Konon kolam pemandian air panas alami ini ditemukan pertama kali oleh Raja Bladud yang dipercaya warga sebagai pendiri kota Bath. Kini pemandian di dalam bangunan kuno ini menjadi salah satu yang terbaik di Eropa.

Pada tahun 2009, The Roman Baths pernah terpilih menjadi bangunan paling romantis di Britania Raya dalam polling dari sebuah situs internet. Suhu air di kolam ini sangat stabil sekitar 46 derajat Celcius. Sangat menarik karena air di kolam ini sangat dikeramatan oleh warga sekitar. Mereka percaya jika kolam ini adalah rumah dari Dewi Sulis yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Maka jangan heran jika berkunjung ke sana kemudian kamu menemukan tempat pemujaan.

9. Termas Geomatricas, Chile

Kalau kamu ingin merasakan gimana rasanya berendam atau berenang di pemandian air panas yang berada di sebuah tebing, kamu bisa kunjungi Villarica National Park. Disana kalian dapat melihat dan menikmati sendiri seperti apa rasanya berendam di kolam air panas yang berada di tebing di dalam Villarica National Park yang bernama Termas Geomatricas.

Termas Geomatricas merupakan kolam mata air panas alami yang terinspirasi dengan gaya Asia. Terdapat 20 kolam air panas yang masing-masing kolam dihubungkan dengan jembatan gantung berwarna merah. Setelah selesai berendam, kita bisa menikmati air terjun dingin, lubang api dan mengisi perut di sebuah kafe.

10. Grand Prismatic Spring, Amerika Serikat

Amerika Serikat tidak hanya memiliki satu sumber air panas melainkan ribuan sumber mata air panas. Salah satunya adalah mata air panas Grand Prismatic Spring. Seperti pada kolam air panas pada umumnya, Grand Prismatic Spring memiliki kandungan mineral yang bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Yang membuat kolam ini menjadi unik adalah warnanya yang seperti pelangi. Warnanya sangat bervariasi dari hijau sampai merah. Perbedaan warna di Grand Prismatic Spring tersebut tergantung dari 3 kandungan utama yaitu chlorophyll, carotenoid dan suhu air.

Itulah deretan pemandian air panas yang indah bahkan bisa dibilang unik, seru banget kayaknya kalau bisa berendam disana ya. Menurut kamu mana nih yang buat kamu tertarik? Bingung ya karena semuanya keren, daripada bingung lebih baik kamu atur aja dulu jadwal liburan kamu. Semoga informasi tentang pemandian ini bermanfaat ya buat kamu dan menjadi salah satu tujuan liburan kamu.

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *