Home / info / Yuk, Intip Tips Pacaran Di Bulan Ramadhan

Yuk, Intip Tips Pacaran Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan yang dinanti-nanti telah tiba, semua kaum muslim menjalankan ibadah puasa. Tak mengenal punya pacar atau jomblo, ramadhan tetap istimewa. Hmmm, ngomongin soal pacar, kira-kira batal gak sih pacaran di bulan puasa? Pasti banyak diantara kamu yang bertanya-tanya kan? Bagi yang punya pacar sih, ramadhan jadi memiliki tantangan tersendiri agar ibadahnya tetap sempurna.

Mungkin setiap harinya, kamu biasa terlihat bergandengan tangan atau bahkan berangkulan di depan umum. Namun di bulan suci ramadhan ini, semacam ada kesadaran yang membuat kita enggan untuk melakukannya dan salah satunya yakni menghindari timbulnya nafsu yang bisa mengurangi bahkan membatalkan pahala berpuasa. Nah, biar hubunganmu nggak perlu ikutan puasa selama ramadhan, kamu masih tetap bisa ketemu sama dia kok. Yuk, kita lihat tips pacaran di bulan ramadhan supaya nggak mengganggu puasamu.

1. Sepakati Batasan Dengan Pacar

Sebelum masuk bulan puasa, buat kesepakatan dengan pacar soal batasan pacaran selama bulan puasa. Misalnya nggak boleh gandengan tangan, sentuhan fisik atau ngomong mesra selama puasa. Buat juga hukuman atau konsekuensi bagi yang melanggarnya. Kalau bisa konsekuensinya dibikin agak berat ya. Mengubah gaya pacaran itu nggak mudah bila keinginannya tidak datang dari kedua belah pihak.

2. Ajak Teman Untuk Nemenin Pacaran

Demi mengurangi intensitas berduaan tapi nggak membuat kamu dan dia dilanda rindu, coba deh kencan beramai-ramai. Ketika mau pergi, jangan ragu mengajak teman-teman kalian yang masih jomblo. Kalau perlu ajak dia yang paling konyol dan heboh sehingga mengalihkan perhatianmu dan pasangan pada kelucuannya. Intinya, jangan cuma mengajak mereka yang sama-sama udah punya pasangan. Pergilah ke tempat yang ramai dan menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang positif hingga waktu berbuka tiba. Pasti akan sangat menyenangkan dan membuat waktu kalian berdua berasa cepat berlalu.

Kemungkinan bermesraan kamu dan dia akan jauh berkurang karena kamu dan dia ada rasa segan terhadap orang lain yang berada di sekitarmu. Kan bukan cuma kamu dan dia saja yang harus menjaga prilaku, mereka pun menjaga mata dan hatinya agar terhindar dari hal-hal negatif yang bisa mengurangi pahala puasa mereka.

3. Lewat Pesan Singkat Aja Cukup

Kalau biasanya kamu dan dia ketemuan saat sarapan, makan siang dan makan malam selama bulan puasa. Sekarang kamu harus belajar mencukupkan diri lewat perbincangan virtual. Ya, menahan diri untuk nggak ketemuan langsung akan mengurangi kemungkinan kalian lupa membatasi kontak fisik. Biar gak kelepasan gandengan tangan pas jalan berdua, batasi komunikasimu dan pasangan lewat hubungan tanpa tatap muka. Kalau emang nggak tahan kalau gak ketemu, atur waktu ketemuannya habis buka puasa atau shalat tarawih bersama aja deh selama sebulan.

4. Mengikuti Kegiatan Positif Bersama-Sama

Ngomongin soal kegiatan positif, tak akan ada habisnya. Apalagi ketika bulan ramadhan, banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa mengajak pacar supaya tetap bisa bersama dengan beraktivitas yang berguna. Misalnya bakti sosial di yayasan atau panti asuhan, menjadi panitia remaja masjid untuk menyiapkan tadarus Al Quran, pengajian dan kegiatan sosial lainnya.

Kamu pun bisa mengajak teman-teman lainnya untuk melakukan kegiatan-kegiatan serupa. Sehingga, ramadhan ini bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk berbagai kasih sayang. Tak hanya kepada pacar, tapi juga untuk orang yang membutuhkan.

5. Kencan Di Rumah Pas Ada Orang Tua

Masih takut kebablasan manja-manjaan sama pacar? Kalau memang gak yakin bisa menahan diri, bertemulah dengan pacarmu di rumah pas ada orang tua. Gak mungkin kan mereka membiarkan anaknya mesra-mesraan sama pacarnya di depan mata? Pas bulan puasa lagi.

Selama bulan puasa gak ada salahnya menjadikan rumah sebagai alternatif tempat pertemuanmu dan pacar. Di rumah kamu dan dia akan mau nggak mau terpaksa menyesuaikan diri. Terkadang ketakutan dan rasa nggak enak sama (yang diharapkan) jadi calon mertua memang melebihi rasa takut pada Tuhan. Ini juga bisa jadi momentum bagus untuk mengenalkan pasanganmu ke keluarga.

6. Masak Bareng

Ini salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat kencanmu selama bulan puasa lebih bermakna. Karena dari sahur sampai menjelang buka bisa menahan diri untuk nggak ketemuan atau mengeluarkan kata-kata yang mengundang, hadiahi dirimu dan pasangan dengan kebersamaan unik di dapur.

Kapan lagi bisa nemu alasan yang tepat untuk bawa pacar ke rumah dan masak bareng selain pas bulan puasa? Daripada kamu dan dia harus ikutan ngantri di restoran, mending akali kegiatan kencan kalian dengan agenda masak bareng untuk buka puasa.

7. Tarawih Bersama Ke Masjid Yang Dekat Tempat Makan Enak

Pergi shalat tarawih bersama merupakan strategi yang cukup oke untuk dicoba. Kamu dan dia kan sudah buka puasa, jadi gak harus takut lagi kebablasan saat berduaan. Tapi bukan berarti kamu dan dia bisa bebas mau ngapain aja ya, ingat kamu kan mau shalat tarawih.

Biar gak bosen, kamu dan dia bisa berganti-ganti masjid. Putusin aja malam itu kalian mau makan apa. Pilih masjid yang dekat dengan restoran yang ingin kalian kunjungi malam itu. Nggak ada lagi alasan buat malas solat tarawih. Ada pacar yang nemenin, ada makanan enak yang menanti disantap selepas tarawih.

Gimana dengan tips di atas? Oke kan? Bulan puasa gak harus buat hubungan kamu dan dia juga puasa lho, tapi ingat tips di atas ya. Semoga tips tersebut buat kamu dan pasangan bisa lebih bijak membawa diri selama bulan ramadhan ya.

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *