Home / Motivasi / Lahir Dengan Jantung Di Luar, Gadis Kecil Yang Cantik Ini Tetap Ceria

Lahir Dengan Jantung Di Luar, Gadis Kecil Yang Cantik Ini Tetap Ceria

Hai sobat sekalian, apa kabarnya nih? Sehat dong ya. Hmm, menurut kalian apa sih yang masih kurang di dalam hidup kalian. Apa kalian masih merasa belum memiliki fisik yang sempurna? Ya, alangkah indahnya kalau kita tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang. Berbeda sekali dengan yang dialami oleh gadis kecil asal Rusia ini. Baca kisahnya yuk.

Virsaviya ‘Bathsheba’ Borun-Goncharova adalah nama gadis yang memiliki kelainan pada jantung. Pada saat masa kehamilan, ibu dari Virsaviya ‘Bathsheba’ Borun-Goncharova sudah diberitahu oleh para dokter yang menangani kasusnya tersebut. Para dokter mengatakan bahwa bayinya tidak akan mampu bertahan hidup. Akan tetapi ibu dari Virsaviya tak sependapat dengan dokter yang merawat anaknya.

Namun siapa sangka, bayi yang terlahir dengan jantung di luar tubuh 6 tahun lalu ini kemudian tumbuh menjadi gadis ceria nan cantik. Selama 6 tahun gadis kecil tersebut sudah berjuang dan tetap bertahan sampai sekarang ini.

Virsaviya bertahan dari pentalogy cantrell, sebutan bagi kondisi langka di mana hanya terjadi pada satu banding sejuta kelahiran. Pada kasus ini, Virsaviya punya jantung dan usus di luar rangka dada dan perutnya. Faktanya, denyut jantung Virsaviya bisa terlihat dengan gamblang, mengingat hanya berupa lapisan kulit tipis yang menutupi jantungnya.

Meski dari luar tampak bahagia, gadis berambut cokelat yang berasal dari Rusia ini pindah ke Boston, Amerika Serikat bersama ibunya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di Boston’s Children’s Hospital. Virsaviya mendapatkan bantuan biaya terkait sederet perawatan yang harus dijalani olehnya dari para dermawan.

Berbeda dengan anak yang lain ketika sakit, Virsaviya tak pernah sedih dan menunjukkan kalau ia sedang sakit. Sakit yang dideritanya ternyata tak jadi halangan untuk membuat bocah cantik ini terus ceria. Ia menyukai kuda poni dan lumba-lumba, menggambar, bernyanyi, menari dan juga Beyonce. Ia selalu tetap bersemangat menjalani hidupnya. Menurut sang ibu, putrinya itu memiliki kemampuan yang luar biasa. “Dia bisa menari bahkan melakukan split”. 

Borun berharap dengan bertandang ke AS, ada tim medis yang bersedia mengoperasi Virsaviya. Sebab, selama ini sebagian besar RS menolak melakukan operasi karena prosedur itu amat berisiko. Belum lagi proses operasi yang bakal dilakukannya cukup rumit.

Baru-baru ini, Borun dan sang suami juga membawa Virsaviya ke salah satu RS anak di Boston. Namun saat itu tim medis mengaku tak bisa melakukan operasi karena tekanan darah Virsaviya cukup tinggi dan itu bisa menimbulkan risiko komplikasi jika operasi dipaksakan. Bagaimanapun Virsviya tetap tak bisa melakukan operasi paling tidak hingga dua tahun ke depan karena tekanan darah. Namun ia tetap menjalani kesehariannya dengan penuh kegembiraan.

Bahkan ketika ditanya tentang penyakitnya, jawaban Virsaviya sungguh filosofis. “Aku tahu mengapa jantungku berada di luar. Yesus ingin menunjukkan bahwa ia bisa membuat hal-hal yang istimewa, seperti yang terjadi padaku,” ungkapnya.

Saat ini Borun dan keluarganya pergi ke Hollywood dan berharap Virsaviya bisa mendapat pengobatan agar tekanan darahnya bisa kembali normal. Meski memiliki jantung di luar tubuh, si kecil Virsaviya tetap ceria. Bahkan ia mengatakan hobi menggambar kuda poni dan malaikat. Di sana keadaan Virsaviya kian membaik dan jarang lagi sakit-sakitan seperti biasanya. Ia tidak lagi sakit-sakitan seperti dulu. Ia juga mulai belajar bahasa Inggris.

Virsaviya tidak diperbolehkan pergi ke sekolah karena dunia anak-anak penuh dengan bermain dan teman-teman yang masih seumuran dengannya tidak bisa dijamin memahami kondisinya. Risiko Virsaviya mengalami kecelakaan atau jantungnya tersenggol anak lain sangatlah besar. Namun, walaupun ia gak bisa bersekolah, Virsaviya tetap tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas. Ia suka bernyanyi dan bercita-cita ingin menjadi Beyonce suatu saat nanti.

“Memang saya tidak pergi ke sekolah dan kelas balet. Tapi saya ingin melakukannya di rumah. Jantung saya ada di sini, di luar dada saya. Saya pun sangat mencintai ibu karena dia selalu menyentuh jantung saya sebab ia menyukainya,” tutur Virsaviya.

Sampai saat ini, terlihat jelas jika jantung Virsaviya memiliki ukuran satu kepalan tangan. Keseharian bocah pecinta lumba-lumba, anjing dan kuda ini pun selalu diabadikan sang ibu di akun instagramnya @dariborun. Semoga cepat sembuh adik kecil kita ini ya.

Ibunya pun telah memohon bantuan masyarakat dan meminta sumbangan untuk membayar tagihan rumah sakit serta untuk memenuhi biaya hidup mereka. Hingga kini Virsaviya telah berhasil mengumpulkan $11,790 donasi dari harapan bisa mencapai $20,000 melalui laman Youcaring.com dengan judul Bathsheba’s Heart.

Gimana, masih mau mengeluh dengan apa yang sudah kita miliki? Kita harus belajar dari adik kecil tersebut ya. Sakit aja masih tetap ceria dan tetap belajar. Adik kecil itu bisa menjadi inspirasi kita untuk tetap bersyukur dan kita sama-sama berdoa semoga ia cepat sembuh. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *