Home / Motivasi / Sebelum Balikan, Renungkan Dulu Hal Ini Dengan Mantan

Sebelum Balikan, Renungkan Dulu Hal Ini Dengan Mantan

Kalau ngomongin masalah cinta memang gak akan ada habisnya, bener gak? Ya, dalam hubungan percintaan pasti akan banyak masalah yang dihadapi. Mulai dari masalah kecil yang sepele hingga masalah besar yang menyebabkan hubungan kamu putus. Nah, buat kamu yang sudah putus dan pengen balikan lagi, ada hal yang harus direnungkan dulu guys biar gak gagal untuk kedua kalinya. Silahkan disimak ya.

Balikan dengan mantan memang gak ada salahnya, tapi sebelumnya jangan dilakukan sembarangan. Masih cinta gak bisa dijadikan satu-satunya alasan untuk balikan lagi. Pasalnya, mantan adalah sebentuk kegagalanmu di masa lalu. Kalau kamu gak yakin bisa memperbaikinya, untuk apa kembali ke masa-masa gagal itu.

Jika sudah terucap kata putus maka selesailah suatu hubungan. Mengingat mantan dan semua kenangan harusnya tak boleh kamu lakukan. Namun itu justru menjadi hal tersulit yang harus kamu lalui. Terkadang mengenang akan mantan bisa membuatmu menyesal telah putus dengannya.

Jika kamu dan si mantan bisa menjamin atau bersepakat agar hubunganmu bisa berjalan dengan baik, boleh-boleh saja balikan. Setidaknya kalian sudah sedikit berkaca pada kegagalan terdahulu. Sebelum memutuskan untuk balikan lagi, ada hal yang harus direnungkan terlebih dahulu seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Harus Benar-Benar Menunjukkan Inisiatif Untuk Memperjuangkan Hubungan Kalian

Itu artinya, tidak akan ada lagi kata “putus” jika belum benar-benar mencari solusi sebuah masalah, mengurangi apa yang dahulu berlebih dan membuat hubungan kalian gak sehat serta menambah apa-apa yang dulu kurang dalam hubungan kalian.

2. Yakin Tidak Timbul Masalah Yang Sama

Saat kamu memutuskan untuk balikan dengan mantan, pikirkan lagi penyebab putus kalian. Mungkin beberapa pasangan putus hanya karena masalah sepele, namun ada juga pasangan yang putus dengan sejuta masalah kompleks yang tak bisa terpecahkan. Kamu harus paham alasan kenapa kalian putus. Apabila masalah tersebut dapat diselesaikan, bicarakan dengannya dan buat penyelesaian agar masalah tersebut tidak muncul lagi ketika kamu balikan.

3. Ada Signal Bahwa Dia Juga Masih Sayang

Meski sudah lama putus, kalian tetap jalin komunikasi dengan baik. Dia juga secara intens kasih perhatian layaknya masih pacaran. Itu satu tanda bahwa dia juga masih punya rasa yang sama. Mungkin saja dia berencana buat nembak kamu lagi, cuma tunggu moment yang pas aja.

4. Mementingkan Romansa Dalam Hubungan

Tanpa itu semua, sebuah hubungan akan terasa hambar dan rentan bosan. Romansa itu ibarat nyala api walau kecil dan sederhana tetapi bisa membuat hubunganmu terus hangat.

5. Kalian Putus Bukan Karena Dia Main Kasar Atau Ada Orang Ketiga

Jika alasan kalian pisah karena dia selingkuh atau mulai ada kekerasan secara fisik maupun mental, buang jauh niat kamu buat balikan. Kamu terlalu berharga buat jalani hubungan yang gak sehat.

6. Menjalin Komunikasi Dengan Jauh Lebih Baik Dibanding Sebelumnya

Ini adalah salah satu pilar penting bagi hubungan yang kalian bangun, juga bisa jadi salah satu penghancur kalau gak dijaga. Jadi, pahami betapa pentingnya komunikasi.

7. Kalian Udah Sama-Sama Menyadari Dan Mengakui Kesalahan

Kalau kalian sudah sama-sama mengakui kesalahan di masa lalu dan saling memaafkan, itu tandanya kalian sudah bertambah dewasa dalam bersikap. Kalau pun kalian kembali pacaran, yakinlah kali ini hubungan kalian akan berjalan lebih lancar.

8. Keputusanmu Balikan Bisa Menutup Peluang Cinta Lain

Bisa jadi pada saat kamu putus ada seseorang di luar sana yang sangat bersyukur karena membuka peluangnya untuk dekat dengan kamu. Siapa tau dia lebih baik dari mantanmu. Jika kamu memutuskan untuk balikan, pastikan dulu kamu tidak akan menyesal karena telah menutup kesempatan cinta yang lain datang kepadamu.

“Gelas pecah tak akan bisa kembali sempurna”, ibarat kata gelas yang pecah tak akan pernah bisa kembali seperti semula. Mungkin ini cocok untuk hubungan yang terluka. Hubungan cinta yang terjalin bisa rusak karena bermacam-macam masalah. Walaupun masalah telah selesai, belum tentu hubunganmu bisa seperti dulu lagi.

Jika kamu memutuskan untuk balikan, pastikan dulu tak ada yang berubah. Entah itu perasaan satu sama lain, sikap pasangan ataupun hal lainnya. Kecuali berubah menuju yang lebih baik agar masalah tak muncul kembali. Komitmen, komunikasi dan kepercayaan juga harus ada agar hubunganmu dengan dia awet kedepannya. So, jangan lupa untuk renungkan hal di atas ya guys. Bye bye… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *