Home / mystery / Misteri Tersembunyi Di Balik Hutan Amazon

Misteri Tersembunyi Di Balik Hutan Amazon

Bukan hanya soal bentang alam atau legenda setempat, tapi kehidupan suku-suku di dalamnya yang belum tersentuh. Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata Amazon? Pasti kebanyakan menjawab hutan yang sangat luas atau sungai-sungai panjang dengan habitat ikan piranha. Faktanya, Amazon lebih besar dari perihal tersebut.

Hutan termegah didunia ini ternyata memiliki misteri dibaliknya, namun keberadaan hutan seluas 1,4 miliar hektar ini dalam kondisi terancam karena kebakaran, sejatinya hutan hujan amazon disebut sebagai paru-paru dunia. Amazon memproduksi 1/5 oksigen didunia dan memproduksi 20% air bersih didunia juga ada di amazon. Amazon juga menyimpan setidaknya setengah dari keragaman flora dan fauna dunia, di perkirakan terdapat sekitar 40.000 spesies tanaman 1300 spesies burung, 3000 ikan, 430 spesies mamalia, dan 2,5juta serangga.

Hutan hujan teropis ini juga merupakan surga bagi dunia pengobatan, sebanyak 70% tanaman yang berguna untuk penyembuhan kanker hanya bisa di temukan di hutan hujan teropis, hutan amazon memang jadi salah satu ekosistem paling banyak di teliti dan dipelajari oleh para ilmuan dari seluruh penjuru negri, tetapi dibalik kekayaannya, ada sisi misteri yang tersembunyi.

Berikut adalah ragam info tentang hutan amazon :

  • Suku Asing Yang Tak Tersentuh

Suku -suku tersebut sudah mendiami hutan amazon sejak beberapa ratus tahun silam. Menariknya terdapat 100 suku yang belum tersentuh dunia luar, kebanyakan mereka menempati hutan amazon yang masuk wilayah Brazil, suku trasi hidup terisolasi karena akses tempat tinggal mereka sulit dijangkau. Selain itu mereka sendiri juga tidak mau keluar dari wilayahnya.

Salah satunya sempat mencuri perhatian dunia adalah pada 2011 silam tepatnya bagian barat dari hutan amazon. Saat itu 1 pesawat berisikan para peneliti dari Brazil menangkap salah satu kehidupan dari suku amazon yang belum terdata. Tubuh mereka terlihat berwarna kemerahan, sementara tangan merekan memegang panah dan tombak.

  • Misteri Ular Raksasa Sungai Amazon

Masyarakat sekitar sungai mempercayai bahwa yakumama ular raksasa itu hidup disini. Yakumama berarti penguasa air. Dimana para peneliti dari eropa menganggap mitos tentang yakumama yang merupakan monster atau anakonda, sebuah suku pribumi amazon berkata bawhwa sakin besarnya yakumama raksasa mampu membendung sungai kecil, mereka menggambarkan bahwa monster air ini memiliki panjang sampai 50 meter.

Ular terpajang yang pernah ditemukan di dunia adalah titano boa dari hutan kolombia, ular ini memiliki panjang hingga 13 meter. Jadi jika yakumama benar-benar ada maka panjangnya lebih dari 3 x lipat titano boa. Para penjelajah sering kali mendengar cerita masyarakat lokal mengenai kisah anakonda raksasa, walaupun hingga saat ini belum pernah ada seorang pun yang bisa membuktikan monster air menyeramkan tersebut.

Jijante memiliki panjang sekitar 40 meter dan mencapai berat 5ton. Menurut suku asli amazon sungai amazon tercipta karena lintasan yang dilalui suku riju jijante. Mengingat ukuran tubuh ular ini begitu panjang dan besar maka jalur yang dilaluinya terbentuk menjadi sebuah lintasan dan kemudian ketika hujan turun lintasan tersebut akan terisi air layaknya kubangan.

Seiring berjalannya waktu lintasan ini menjadi bertambah besar dan panjang, sehingga menjelma menjadi sungai amazon seperti saat ini. Keberadaan suku riju jijante memang sulit dibuktikan secara nyata dizaman seperti sekarang dan menurut para ahli suku riju jijante dipercayai sebagai keturunan dari ular zaman purbakala yaitu jijan tropis

  • Misteri Sungai Mendidih Di Amazon

Penduduk setempat menyebut sungai ini direbus oleh panas matahari. Warga setempat percaya kalau air panas tersebut dilepaskan oleh ular raksasa yakumama sang penguasa air. Suhu air itu mencapai 100 derajat sehingg hewan yang jatuh kedalam sungai ini pun mati seketika. Duduk di tepi sungai akan terasa seperti berada didalam panggangan roti. Masyarakat lokal menganggap sungai mendidih ini sebagai rumah para roh hutan, mereka juga percaya sungai ini memiliki kekuatan spiritual yang luar biasa.

Anehnya sumber mata air panas biasanya berada didekat gunung berapi atau sumber magma, namun hutan ini memiliki jarak 643 km dari gunung berapi terdekat, diperkirakan air menjadi panas karna adanya retakan bumi.

  • Misteri Mapinguari

Banyak saksi yang mengaku pernah dengan bertemu sang monster menyeramkan. Menurut bahasa penduduk setempat, mapinguari memiliki makna hewan yang meraung atau hewan buas berbau busuk. Berdasarkan kesaksian mapinguari digambarkan sebagai sosok makhluk menyerupai kukang raksasa dengan tinggi hampir mencapai 2 meter ketika berdiri.

Selain itu tubuhnya juga mengeluarkan bau yang amat menyengat, sedangkan kulitnya dilindungi oleh bulu tebal dan cangkang keras yang bahkan tidak bisa ditembus oleh anak panah maupun peluru sekalipun, sejumlah kesaksian juga menyatakan bahwa mapinguari memiliki mulut raksasa pada bagian perutnya untuk mengunyah manusia.

Masih banyak misteri yang tersimpan dibalik hutan amazon ini, sebagai paru-paru dunia hutan ini sangat penting dijaga kelestariannya.
Masih sekitar 80% lagi dari hutan ini yang belum di jangkau oleh manusia, karena itu masih banyak hal yang belum di ketahui dari hutan ini, maka dari itu kita sebagai manusia harus bisa menjaga alam, karena pentingnya hutan sebagai produksi oksigen secara alami. Sekian ulasan tentang hutan amazon ini, semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *