Home / olahraga / Deretan Beladiri Yang Mematikan

Deretan Beladiri Yang Mematikan

Berbagai cara dilakukan setiap orang untuk mempertahankan diri dari serangan atau ancaman yang berbahaya. Banyak orang yang belajar beladiri untuk melindungi dirinya sendiri ataupun untuk membantu orang lain yang terancam. Seni beladiri adalah satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang mempertahankan atau membela diri. Seni beladiri telah lama ada dan berkembang dari masa ke masa. Pada dasarnya, manusia mempunyai insting untuk selalu melindungi diri dan hidupnya.

Setiap wilayah memiliki kekhasan seni beladirinya masing-masing yang dipengaruhi oleh kondisi dan budayanya masing-masing. Berbagai teknik, cara dan jurus terus dikembangkan untuk membuat lawan kalah. Seni beladiri sejatinya dirancang untuk mengasah pikiran dan tubuh, maupun menyeimbangkan spiritual. Beberapa dari seni beladiri mempunyai moto tak akan menyerang terlebih dahulu. Tapi apakah kamu pernah mendengar seni beladiri yang mematikan di dunia? Kalau kamu belum tau, berikut ini adalah seni beladiri yang mematikan di dunia:

1. Silat

Beladiri tradisional ini merupakan salah satu yang muncul dan berkembang di Indonesia. Dapat dikatakan, Silat merupakan beladiri asli Indonesia. Jenis beladiri ini membutuhkan banyak konsentrasi, terdapat banyak pengaruh dari budaya Tiongkok, Hindu, Budha dan Islam di dalamnya. Tradisi Silat diturunkan melalui lisan dan menyebar dari mulut ke mulut yang diajarkan dari guru ke murid. Diperkirakan Silat menyebar di kepulauan Nusantara semenjak abad ke -7 Masehi.

Biasanya, setiap daerah di Indonesia akan mempunyai aliran Silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri. Silat selain untuk melindungi diri, juga mengandung aspek mental spiritual, seni budaya dan olahraga fisik.

2. Krav Maga

Dalam bahasa ibrani, krav maga berarti pertarungan kontak. Ini adalah sebuah beladiri militer tangan kosong yang dikembangkan di Israel. Teknik dari Krav Maga menekankan pada netralisasi ancaman maksimum dalam konteks “kehidupan nyata”. Dalam seni beladiri Krav Maga tidak ada peraturan, namun dalam teknik membela diri dalam pertarungan, Krav Maga harus menekankan keselamatan diri namun sambil melumpuhkan lawannya dengan cara apapun.

Ada beberapa prinsip dalam Krav Maga yaitu tidak boleh terluka, menetralkan penyerang secepat mungkin, melakukan transisi dari teknik bertahan ke teknik menyerang secepat mungkin, eksploitasi semua reflek alami dalam tubuh, eksploitasi semua bagian tubuh yang mudah diserang termasuk mata, tenggorokan, selangkangan dan lain-lain.

3. Sambo

Seni beladiri Sambo ini berasal dari Rusia, Beladiri ini hampir mirip dengan judo atau gulat. Namun yang membedakan adalah Sambo terbilang lebih brutal dan tidak memiliki aturan. Karena itu Sambo sangat cocok apabila dijadikan pegangan oleh para bodyguard atau pengawal pemerintahan.

Sambo diciptakan pada tahun 1917, dengan alasan bahwa senjata-senjata modern saja tidak cukup untuk mempertahankan diri. Alasan yang membuat sambo masuk ke dalam daftar seni bela diri paling mematikan adalah jika petarung Sambo berhadapan dengan musuh di jalanan, mereka bisa bergulat dengan brutal untuk menyerang dari merobek sendi lawan hingga mematahkan tulang sekalipun.

4. Ninjutsu

Beladiri Ninjutsu atau seni pergerakan sunyi merupakan teknik beladiri yang digunakan oleh mata-mata Jepang atau lebih dikenal dengan sebutan Ninja. Keahlian utama dari Ninja bukanlah membunuh melainkan menyusup dengan atau tanpa suara.

Ninjitsu mengajarkan berbagai cara untuk mengejutkan lawan dan mengalahkan lawan dengan arah perkembangan untuk membunuh. Selain kaki, tangan, berbagai senjata diajarkan juga termasuk teknik menyelinap dan melarikan diri secara efektif. Lalu dilengkapi pula dengan teknik pertahanan diri seperti bantingan berputar dan beberapa teknik lainnya.

5. Systema

Rusia tidak hanya terkenal dengan berbagai alutsista dan persenjataan modernnya saja, namun ternyata juga memiliki salah satu seni beladiri yang cukup mematikan yang disebut Systema. Seni beladiri ini adalah salah satu beladiri wajib bagi para pasukan elite militer Rusia yaitu Spetnaz. Teknik beladiri Systema terbilang sangat penting untuk dimiliki oleh para pasukan khusus tersebut karena memang ditujukan untuk melumpuhkan lawan dalam waktu yang cepat.

Mencakup beberapa teknik utama seperti pertarungan tangan kosong, menggunakan pisau bahkan sampai menggunakan senjata api. Tidak ada jurus-jurus yang baku dalam bela diri ini. Systema menekankan untuk dapat melumpuhkan enam ruas tubuh lawan, yaitu siku, leher, lutut, bahu, pinggang dan pergelangan tangan.

6. Muay Thai

Beladiri ini adalah seni beladiri dengan menggunakan tangan kosong kuno yang berasal dari Thailand. Gerakan dasar dari Muay Thai yaitu melakukan serangan ke kepala, badan dan kaki lawannya dengan menggunakan kepalan, sikut, lutut dan tulang kering.

Berasal dari kata mayva (muay) dan Thai yang merupakan nama dari suku di Thailand. Berkembang kurang lebih sekitar 1 abad yang lalu dan sekarang menjadi olahraga nasional negara Thailand. Beladiri Thailand ini menjadi sangat populer ketika Film Ong Bak naik daun beberapa waktu lalu. Muay Thai mempunyai bentuk pukulan yang hampir sama dengan jenis pukulan tinju ala barat. Muay Thai pada masa sekarang juga popular dengan nama lain “Thai Boxing “.

Itulah beberapa seni beladiri yang berbahaya dan mematikan di dunia. Mungkin kamu harus belajar salah satu seni beladiri di atas untuk melindungi diri sendiri dari ancaman serangan orang-orang jahat. Tapi ingatlah, kamu tidak boleh mengunakan beladiri asal-asalan ya kecuali diri kamu sudah terancam. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu. See you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *