Home / pengetahuan / 7 Hutan Terluas di Dunia, Bagaimana Dengan Indonesia?

7 Hutan Terluas di Dunia, Bagaimana Dengan Indonesia?

Dalam satu negara sudah pasti akan menyimpan salah satu keindahan alam yang seperti sudah kita ketahui. Mungkin tanpa kita sadari ada beberapa objek yang masih belum pernah kita bahas atau kita ketahui sebelumnya. Disini kita akan membahas tentang Negara yang memiliki hutan terluas di dunia.

Sebelum kita akan membahas hutan yang paling luas di dunia, ada baiknya jika mengetahui apa sebenarnya hutan itu. Hutan adalah satu Wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain seperti Pohon, Semak, Paku-pakuan, Rumput, Jamur dan di hutan mungkin juga kita akan meneui beberapa hewan yang tidak pernah ada di jalan raya.

Akan tetapi, dibalik semua kekakayaan hutan yang terdapat disemua negara. Hutan juga mempunyai fungsi sebagai penampung karbon dioksida (Carbon Dioxide Sink) habitat hewan, Modulator Arus Hidrologika dan pelestari tanah serta merupan salah satu aspek Biosfer bumi yang paling penting.

Nah, setelah kita sudah mengetahui pengertian dan berbagai manfaat hutan. Sekarang kita akan masuk pada pembahasan tentang hutan paling luas ddi dunia. Yuk mari simak, dibawah ini tercatat ada tujuh negara yang memiliki Hutan terluas, berikut :

1. Rusia, 809 juta hektar

Negara Rusia yang pertama menjadi nomor satu dengan memiliki hutan terluas di dunia. Sebab negara ini telah membentang dari Karelia yang berdekatan dengan Finlandia sampai ke Semenanjung Kamchatka tepatnya di Rusia Timur. Hutan ini juga memiliki banyak kandungan dan kekayaannya dengan luas 809 Juta Hektar.

Hutan ini mengandung 50% sumber daya dunia dari jenis kayu Konifera. Hutan Rusia juga menjadi salah satu rumah bagi spesies yang tak terhitung jumlahnya, termasuk Macan tutul Salju Siberia dan Harimau Siberia. 10% dari semua harimau liar bisa saja kita temukan dinegara itu. Hutan yang telah dikelola oleh Forest Stewardship dengan 260.000 Kilometer persegi ini telah membantu penebangan secara berkelanjutan.

Pemerintah Rusia juga telah melindungi hutan tersebut dengan keluasan 430.000 Km Persegi. Sebab, penebangan liar pohon sduah diperkirakan bisa mencapai 20-30% dari semua penebangan yang ada di negara tersebut.

2. Brasil, 478 juta hektar

Brazil juga menjadi salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia dan Negara ini mencatat namanya di urutan nomor dua. Brazil telah menjadi rumah bagi hutan tropis tersbesar di dunia. tentunya sudah pasti tahu nama dari hutan ini, nama hutan tersebut adalah Amazon. Hutan ini juga menyumbang sudah lebih dari setengah hutan hujan yang terjadi di bumi.

Hutan Amazon mengandung 90-140.000.000 metrik ton karbon yang membantu untuk mentralisir iklim di bumi. Hutan ini juga menghasilkan 20% dari oksigen bumi melalui pengubahan Karbon Dioksida menjadi Oksigen. Di Brazil juga ada hutan Atlantik yang dipantainya itu telah membentang luas dari Brazil ke Paraguay, bahkan sampai ke Argentina.

Namun sangat disayangkan sekali bahwa hanya 7% saja hutan yang masih utuh dan akan mengancam kehidupan ribuan Spesies binatang termasuk Jaguar, Tapir dan Monyet Howler.

3. Kanada, 310 juta hektar

Kanada adalah tanah kelahiran Justin Bieber, yang telah dikenal sebagai hutan nomor tiga terluas di dunia dengan memiliki keluasannya sekitar 310 juta Hektar. Seperti gambar diatas, bahwa hutan ini hampir setengah dari permukaaan tanahnya ditutupi oleh pohon-pohon. Diperkirakan dari 140.000 spesies tanaman dan hewan berada di hutan Kanada yang terdiri dari 180 jenis pohon yang berbeda-beda.

4. Amerika Serikat, 303 juta hektar

Negara dengan hutan terluas yang ke empat adalah Amerika Serikat dengan luas sekitar 303 Juta Hektar. Sejak koloni mulai menetap di Amerika Serikat pada tahun 1600-an, sekitar 121.405.000 hektar hutan telah ditebang yang sebagian besar digunakan untuk pertanian, pembangunan pemukiman dan perkayuan. 155.399.000 hektar hutan menutupi Amerika Serikat bagian timur, 74% dari hutan ini berdaun lebar dan 83% hutan adalah milik swasta.

Di bagian barat negara, 147,710 juta hektar hutan, 78% di antaranya adalah konifer, yang 58% dimiliki oleh publik. Hutan milik publik dipertahankan sebagai taman nasional, zona perlindungan satwa liar dan taman rekreasi oleh US Forest Service, National Park Service, Fish and Wildlife Service dan Biro Pengelolaan Tanah.

5. China, 197 juta hektar

Salah satu yang menarik dari hutan China adalah jika dimana-mana hutan semakin hari semakin menyempit, maka di China hutan justru semakin meluas dan melebar. Kok bisa? Itu lantaran pihak pemerintah di China menggalakkan program khusus untuk perluasan hutan. Food  and Agriculture Organization (FAO) yang merupakan Organisasi Pangan.

Pertanian milik PBB menyatakan kalau tanaman dan hutan di China mengalami peningkatan dari 157.000.000 hektar pada tahun 1990, menjadi 197.000.000 hektar di tahun 2005. Sampai saat ini memang belum ada data terbaru, tapi Pemerintah China berencana akan terus menambah 40.000.000 hektar hingga tahun 2020 nanti. Kita tunggu saja perkembangan hutan di China nanti.

6. Australia, 164 juta hektar

Negara dengan hutan terluas yang ke enam adalah Australia dengan luas hutan sekitar 164 Juta Hektar. Hutan asli Australia yang utama terdiri dari kayu putih (78%), akasia(7%) dan melaleucas(5%). Hutan-hutan ini pada umumnya terletak di daerah dengan curah hujan 500 milimeter per tahun. Kebakaran adalah ancaman utama bagi hutan di Australia dan pengawas hutan harus menerapkan strategi untuk mencegah kebakaran, pemadaman dan deteksi untuk meminimalisir kerusakan akibat kebakaran hutan.

7. Republik Demokratik Kongo, 134 juta hektar

Ada yang tau nggak kira-kira dimana ya negara Kongo berada? Meski namanya sedikit asing, tapi Republik Kongo ini memiliki hutan terluas ke-7 di dunia,  loh.  Ternyata Republik Demokratik Kongo sebelum tahun 1998 memiliki nama lain yaitu negara Zaire. Republik Kongo sebenarnya adalah sebuah negara yang berada di Afrika bagian tengah. Ya, Republik Kongo berada di benua panas Afrika.

Sebagai negara dengan hutan terluas ketujuh di dunia, pemerintah Kongo juga memiliki tekat yang sama dengan China yaitu memperluas wilayah hutan mereka. Sungguh niat positif yang harus kita hormati dan tiru. Saat ini luas area hutan Kongo sekitar 1.819.326 km2.

Itulah ke-7 negara yang memiliki hutan terluas di dunia menurut fakta yang telah beredar. Lalu bagaimana dengan hutan Indonesia? Dulunya hutan Indonesia juga memiliki luas sekita 88 juta Hektar. Namun seperti yang kita lihat sekarang, bahwa hutan-hutan di Indonesia telah tergantikan oleh jalan raya. Inilah yang menyebabkan hutan di Indonesia terus ditebang.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih menambah wawasan para pembaca sekalian. Sayangilah alam di sekitar anda.

Check Also

Stop, Jangan Makan Terlalu Cepat Kalau Gak Mau Gemuk

Kalau udah lapar, pasti deh kita langsung saja menyantap makanan tersebut cepat-cepat. Ya, namanya juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *