Home / pengetahuan / Mengenal Lebih Jauh Tentang Anak Indigo

Mengenal Lebih Jauh Tentang Anak Indigo

Pernahkah kamu mendengar tentang indigo atau anak indigo? Penasaran gak sih kamu gimana anak indigo itu? Belakangan ini sering kita dengar tentang anak indigo, bukan? Mungkin kamu penasaran apa yang sebenarnya dirasakan mereka. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh bagaimana sebenarnya anak indigo tersebut.

Bagaimana Anak Indigo Itu?

Anak indigo atau anak nila adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa dan bahkan supranatural. Konsep ini merupakan ilmu semu yang didasarkan pada gagasan Zaman Baru pada tahun 1970-an. Pancaran aura yang dimilikinya membawanya kepada suatu karakteristik perilaku unik.

Anak indigo pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang synesthete bernama Nancy Ann Tappe dalam bukunya yang berjudul “Understanding your life through color”. Lewat bukunya tersebut, Nancy membuat klasifikasi manusia berdasarkan warna energi atau cakra. Cakra adalah pintu-pintu khusus dalam tubuh manusia untuk keluar masuknya energi. Konon pada tubuh manusia ada 7 cakra, yaitu cakra mahkota ada di puncak kepala, cakra Ajna di antara dua alis, cakra tenggorokan di tenggorokan, cakra jantung di tengah dada, cakra pusar ada di pusar, cakra seks ada pada tulang pelvis dan cakra dasar ada di tulang ekor.

Sebelumnya kita harus mengetahui dulu mengenai warna indigo yang dimaksud pada anak-anak indigo. Warna indigo adalah warna yang dominan dari warna aura (warna biru-merah). Warna Indigo menunjukkan cakra mata ketiga, pusat aktivitas dari energi fisik yang terbuka pada anak-anak Indigo.

Secara fisik anak indigo sama sekali tak berbeda dengan anak lainnya, tetapi mereka memiliki batin yang tua (old soul), sehingga mereka sering kali menunjukkan kepemilikkan jiwa orang yang lebih dewasa dibandingkan dengan jiwa konservatif yang biasa muncul di dalam anak seusianya. Ditambah mereka juga terkadang memiliki kemampuan intuisi yang sangat mengagumkan dan seringkali memiliki IQ yang berada pada tingkat diatas rata-rata.

Anak-anak Indigo memahami perbedaan yang sangat tipis antara dunia kasat dan dunia spiritual dan mereka memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dari sini yang orang lain tidak mampu. Kebanyakan perilaku anak indigo dapat dipahami dari aspek ini.

Banyak anak-anak sekarang yang terkategorikan sebagai anak indigo yang juga disebut “Children of the Sun” oleh para ahli dari Amerika. Atau disebut juga sebagai “Millennium Children”. Para ahli mengatakan lebih dari 90% dari anak-anak di bawah 12 tahun dan beberapa mengatakan walau dalam persentase yang tidak besar terdapat indigo dewasa. Anak-anak ini teridentifikasi melalui adanya karakteristik yang unik.

Secara fisik dan emosional mereka sangat sensitif. Mereka juga sangat perhatian dan empati terhadap orang lain dan ada juga beberapa menjadi terlihat tidak berperasaan. Anak indigo dapat mudah marah dan kasar, mereka membutuhkan keyakinan bahwa dirinya diterima dan memerlukan konseling. Indigo juga mempunyai rasa depresi di usia muda jika mereka merasa tidak mengapa mereka dilahirkan atau merasa tidak mempu berbuat apa-apa untuk memperbaiki dunia.

Satu hal yang penting dan digaris bawahi, yaitu tidak jarang anak indigo salah identifikasi. Mereka sering dianggap sebagai anak LD (Learning Sidability) ataupun anak ADD/HD (Attentian Deficit Disorder/Hyperactivity Disorder). Mereka cerdas dan kreatif, namun bersifat sulit diatur pada kekuasaan dan sistem secara umum.

Anak Indigo Memiliki Indera Keenam

Seperti yang kita ketahui, manusia pada umumnya memiliki lima indera yakni indera penglihat (mata), indera peraba (kulit), indera pembau (hidung), indera perasa (lidah) dan indera pendengar (telinga). Kelimanya sering disebut dengan istilah panca indera. Dalam kehidupan sehari-hari, panca indera berperan dalam mendapatkan informasi tentang dunia sekitar.

Di luar lima indera itu, banyak orang meyakini adanya indera keenam. Orang akan dianggap memiliki indera keenam jika mampu melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat, didengar atau dirasakan orang lain. Misalnya mampu melihat hantu atau bercakap-cakap dengan hantu. Demikian juga orang yang bisa meramalkan kejadian yang akan datang.

Kata indigo sendiri diambil dari nama warna yaitu indigo yang dikenal sebagai warna biru sampai violet. Lalu bagaimana hubungan warna itu dengan anak-anak yang mendapat julukan tersebut dan diketahui memiliki indera keenam? Indera yang dimaksud adalah intuisi, semua orang sebetulnya memiliki intuisi, tetapi khusus anak indigo mempunyai intuisi yang luar biasa tajam di atas kemampuan orang kebanyakan. Mereka demikian peka seperti halnya anak jenius mempunyai kepintaran di atas rata-rata, demikian juga anak indigo mempunyai intuisi luar biasa tajam.

Fenomena anak indigo makin banyak muncul di tengah masyarakat. Sayang, hingga saat ini belum banyak yang memberikan perhatian bagi pendidikan anak-anak berbakat yang diyakini memiliki indra keenam itu. Fenomena itu menarik perhatian banyak pihak karena dalam paradigma psikologi manusia, anak-anak itu dianggap aneh, seperti pada film ”The Sixth Sense”. Pandangan ini muncul karena selama ini kemanusiaan telanjur dianggap sebagai hal yang statis, tak pernah berubah. Padahal, semua ciptaan Tuhan selalu berubah.

Mengapa Ada Anak Indigo?

Apakah indigo sebuah angerah? Atau kelebihan tertentu? Bisa jadi, dibalik anugerah itu, ada sebuah tanggung jawab yang harus dipikul oleh mereka. Seperti seseorang yang dikaruniai ilmu oleh Tuhan dan kemudian harus menyebarluaskannya kepada orang lain. Lalu seperti apa tanggungjawab yang dibebankan kepada para indigo ?

Secara nyata di masyarakat kita ini, fenomena apa pun yang sedikit aneh selalu menarik perhatian masyarakat. Mayoritas orang yang meyakini fenomena indigo beranggapan bahwa anak indigo adalah anak yang spesial yang lahir ke dunia dengan misi semacam “menyelamatkan dunia”.

Beberapa ahli berpendapat bahwasanya keberadaan anak indigo di dunia ini adalah dalam rangka mengemban misi dan menjadi pemimpin umat manusia generasi berikutnya. Mereka memiliki kecerdasaan spiritual yang sangat tinggi dan bahkan cukup sulit dimengerti oleh banyak kalangan sehingga mereka terkesan menentang dogma dan ritual agama yang telah ada.

Itulah kurang lebih penjelasan tentang indigo, yang dimana anak-anak indigo memiliki kelebihan atau indera keenam. Mereka bukanlah anak-anak nakal yang sering orang bilang, akan tetapi mereka memiliki jiwa yang cerdas dan kreatif. So, jangan pernah menyepelekan anak-anak indigo ya.

Check Also

Bukan Dengan Uang, Inilah Cara Unik Pembayaran Zaman Dahulu

Ada jual dan ada beli, ketika kita membeli sesuatu tentu saja kita harus membayarnya. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *