Home / tech / Facebook Akan Merilis Fitur Terbarunya, “Watch”

Facebook Akan Merilis Fitur Terbarunya, “Watch”

Semakin canggih saja dunia media sosial di zaman sekarang ini, begitu juga dengan aplikasi-aplikasi yang berada di dunia maya. Inilah yang membuat para pengguna aplikasi tidak ada bosan-bosannya untuk menggunakan aplikasi yang sudah beredar di PC maupun di Smartphone. Smentara itu para pencipta aplikasi juga berlomba-lomba mengeluarkan fitur-fitur terbaiknya, mulai dari tampilan dan sistem.

Raksasa perusahaan Teknologi Informasi (TI) Google kemungkinan bakal mendapatkan lawan sebanding dari Facebook. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini mengumumkan rencananya merilis aplikasi baru menonton video lewat sosial media. Nah, inilah yang sedang diluncurkan Facebook mengenai fitur terbarunya yang sudah banyak dinanti-nantikan para pengguna Sosial Media. 

Dikutip dari laman Newsroom Facebook pada hari Kamis 10 Agustus 2017, Direktur of Product Facebook, Daniel Danker mengatakan, pengguna sosial media ini semakin menikmati pengalaman fasilitas video yang sejak setahun lalu tersedia di dalam Facebook. Dalam blog resminya, Facebook menyebut tujuan Watch sebagai wadah untuk para kreator menemukan audiens, membangun komunitas fans & pada akhirnya meraup untung atas video yang dibuat.

Gambar ilustrasi aplikasi mobile memperlihatkan fitur ini akan diwakili satu ikon baru. Watch akan berdampingan dengan ikon Facebook yang sudah dikenal seperti news feed, profile dan notification. Watch juga punya fitur turunan bernama Show Pages. Facebook mendedikasikan fitur ini untuk acara serial dengan sejumlah episode dan mengaitkan konten dengan topik serupa.

Program-program siaran yang tersedia saat peluncuran di antaranya Nas Daily, Gabby Bernstein dan Kitchern Little. Facebook juga akan menyiarkan langsung satu pertandingan Major League Baseball setiap pekannya. Mayoritas kontennya nanti akan disiarkan secara gratis, namun beberapa penerbit berencana menghadirkan iklan di tengah siaran. Jika berhasil, program video ini bakal menjadi sumber pendapatan baru Facebook. Mereka akan bersaing dengan penyedia layanan serupa seperti YouTube, Amazon dan Netflix.

Yang membuat aktivitas menonton video Facebook menjadi spesial adalah teman Anda dan pada saat menemukan video melalui teman. Anda sering menemukan diri untuk mendiskusikan video dengan teman. Video memiliki kekuatan luar biasa untuk menyatukan orang dan membangun komunitas,” kata Danker seperti dikutip dari The Verge.

Facebook memiliki grafik kuat dari 2 miliar minat dan koneksi penggunanya. Hal ini akan memudahkan mereka untuk memberi ide bagus tentang apa yang menarik minat pengguna dan inilah penyebab sebagian besar iklannya dapat berjalan dengan baik. Watch Ini juga akan menggunakan data dari reaksi pengguna. Video dengan banyak reaksi “haha” akan disorot dalam kategori “Apa yang membuat orang tertawa” misalnya.

Facebook juga membayar beberapa pembuat video untuk membuat acara dengan tontonan yang menarik agar dapat menghasilkan jenis konten yang ingin dilihat perusahaan. Danker memastikan debut ‘Watch’ tidak akan menampilkan konten bertema politik meskipun tema itu merupakan format konten yang populer di YouTube. Danker juga mangatakan, bahwa untuk saat ini sementara sudah ada puluhan pertunjukan yang tersedia di Watch, tapi seiring Watch tersedia secara global, dia yakin nanti bakal ada ratusan pertunjukan video tersedia pada fitur tersebut.

Pada tahun 2021, Mark Zuckerberg juga mengantisipasi Facebook akan terdiri dari sebagian besar video. Mungkin selama ini Anda mengira unggahan Anda atau teman Anda sudah cukup keren, tapi akan lebih keren lagi jika pengguna bisa membuat konten video profesional yang berguna di masa depan” Ucap Mark Zuckerberg.

Karena algoritme ‘Watch’ mempertimbangkan minat dan koneksi Anda saat menyarankan video yang ingin ditonton, maka produk tersebut dikhawatirkan rentan dengan efek bubble filter. Ditanya tentang hal ini, Danker mengatakan bahwa bagian ‘Watch’ Discover akan menyoroti apa yang belum Anda saksikan untuk memperluas pandangan Anda.

Watch di Tab juga akan muncul di aplikasi Facebook, baik di desktop maupun dalam aplikasi TV cerdasnya. Ini akan memungkinkan orang menonton tayangan Facebook melalui layar/media apa pun. Saat orang menghabiskan begitu banyak waktu di Facebook, maka penawaran video ‘Watch’ ini akan sulit dilewatkan.

Menurut wakil presiden berita dan video Facebook yang bernama Fidji Simo, untuk saat ini Watch baru tersedia untuk sejumlah pengguna beruntung. Facebook berencana meluncurkan ke semua pengguna AS dalam beberapa pekan atau bulan ke depan. Untuk para pengguna diluar Amerika Serikat dimintai untuk berasabar menantikan kehadiran Watch. 

Selamat menantikan kehadiran Fitur terbaru dari Facebok dan semoga artikel ini bisa memberikan info terbaru untuk menambah wawasan para oembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *