Home / tips / Cara Jitu Mengatasi Utang Kartu Kredit

Cara Jitu Mengatasi Utang Kartu Kredit

Apakah anda salah satu orang yang memiliki Kartu Kredit? Kalau memang benar kamu adalah salah satu dari sekian orang yang memakainya, tentu anda juga merasakan keringanan menggunakan kartu tersebut. Tapi tidak hanya keringanan saja, karena bisa juga menjadi satu beban terhadap keuangan anda karena dalam setiap pembelian atau pembayaran yang difasilitasi oleh Bank tersebut, sudah pasti setiap bulannya akan ada penagihan disetiap transaksi sebelumnya. Kalau dipikir, metode semacam ini juga dikatakan sebagai hutang terhadap bank.

Kartu kredit adalah alat bantu transaksi pembayaran yang bisa memberikan banyak manfaat bila kamu mengetahui cara terbaik mengoptimalkan fungsinya. Sebaliknya, kartu kredit sudah banyak menjadi sumber bencana seseorang hanya karena kurang bijak dalam menggunakan uang tersebut.

Nah, bagaimana kalau anda kebablasan dan melebihi limit kamu itu sendiri? Sudah pasti juga akan merasakan bebannya untuk membayar pada saat penagihannya. Waduh, seram juga kan guys? Namun dengan cara seperti ini juga bank membebankan bunga kepada anda, karena dari bunga tersebutlah ia bisa mengambil keuntungan. So, jika anda adalah pelanggan Setia kartu Kredit tersebut, pastinya sangat memerlukan solusi agar sedikit mengurangi beban dari fasilitas Bank yang menjadi alat transaksi pembayaran secara praktis.

Banyak bank yang menawarkan kartu kredit dengan berbagai macam kemudahan seperti bebas iuran tahunan, tingkat suku bunga pinjaman relatif lebih kecil, persyaratan dokumen yang lebih mudah, serta nilai plafon pinjaman yang lebih besar akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Dengan berbagai kemudahan diatas biasanya konsumen menjadi terlena, umumnya permasalahan utama yang menyebabkan kartu kredit macet antara lain :

  1. Mengajukan nilai pinjaman yang tidak sesuai dengan kemampuan membayar;
  2. Kartu kredit lebih banyak digunakan untuk kegiatan konsumerisme;
  3. Mengajukan kartu kredit untuk menutupi masalah keuangan yang sebelumnya sudah bermasalah;
  4. Adanya biaya tak terduga misalnya untuk biaya rawat inap di rumah sakit, atau biaya lainnya yang mengakibatkan cashflow anda minus.

Lantas langkah seperti apa yang harus dilakukan untuk menggunakan kartu tersebut dengan cara yang bijak agar tidak menjadi hutang? Selama ada niat untuk mengatasi hutang tersebut, pasti ada jalannya kok. Nggak perlu khawatir, karena saya disini sudah merangkum cara mengatasi pemakaian kartu kredit yang sudah melebihi limit hingga sampai hutang menumpuk. Berikut dibawah ini beberapa metode yang bisa anda terapkan :

Berhenti Gunakan Kartu Kredit Untuk Sementara

Dengan cara yang pertama ini mungkin bisa sangat membantu agar tidak terlalu banyak hutang pada bank. Satu cara menghentikan penggunaan kartu kredit sangatlah penting dalam rangka untuk melunasi tunggakan utang anda. Akan tetapi, bukan berarti dengan anda tidak menggunakan kartu kredit, maka buga tagihannya juga akan berhenti. Tentu saja tidak, karena bunganya akan terus berjalan. Meskipun anda sudah tidak menggunakan Kartu Kredit tersebut.

Namun setidaknya dengan cara ini bisa meminimalisir jumlah total tagihan anda. Dibandingkan kalau anda terus menerus menggunakannya, tentu akan menambah hutang jadinya kan. Kalau anda masih saja menggunakan kartu kredit tersebut. Saya juga berani jamin hutang anda tidak akan pernah terlunaskan dengan tuntas. Ngeri lho ekonomi zaman sekarang. 

Membuat Skala Prioritas Yang Mau Dilunasi

Kalau cara nomor dua ini memang memiliki perbedaan dari segi prioritas. Apalagi anda mempunyai lebih dari dua kartu kredit dan semuanya sudah menunggak hutang. Nah, bagaimana kalau sudah terlanjur seperti itu? Salah satu cara untuk mengatasinya dengan cara ini juga bisa. Mana yang terbaik menjadi pilihan anda, karena yang mengetahui kondisi keuangan anda sendiri.

Jika tagihan anda tertunggak selama 3 bulan dan jumlah gaji anda mencukupi untuk membayarnya segera lunasi segaligus tagihan tersebut, karena seandainya anda hanya membayar sebagian maka akan tetap dikenakan biaya keterlambatan pembayaran yang jumlahnya lumayan cukup besar. Perlu anda ketahui bahwa setelah membayar cicilan tersebut maka kartu kredit bisa anda gunakan kembali. Untuk kebutuhan rutin anda yang sifatnya tunai bisa diperoleh dengan tarik tunai di mesin ATM dengan konsekuensi tambahan biaya lebih kurang 4-6%,  tergantung Bank penerbit.

Hitung kembali seberapa besar kebutuhan dana tunai anda dalam sebulan, lakukan penarikan sekaligus, karena ada beban minimal tarik tunai lebih kurang Rp. 75.000,- per transaksi, biasanya beban ini akan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya rutin denda keterlambatan tunggakan kartu kredit anda.Untuk kebutuhan belanja rutin bulanan lainnya upayakan semaksimal mungkin ditempat yang menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit.

Gali Lubang Kecil Demi Menutupi Lubang Besar

Nah, kalau dengan cara seperti ini memang agak ganjil dan sedikit membuat anda ribet dalam mencari hutang kecil untuk membayar utang besar. Namun dengan cara ini anda juga bisa melakukannya, asalkan tetap konsisten dan berambisi. Maka hutang yang sudah tertunggak di bank akan terlunasi dengan sendirinya. Tetapi perlu diingat juga, kalau anda hendak meminjam dengan hutang baru, harus mencari buanga yang lebih kecil dari bunga hutang sebelumnya yang ingin dilunasi.

Misalnya bunga kartu kredit A adalah 3 persen, maka pinjaman baru anda haruslah memiliki bunga di bawah 3 persen, syukur-syukur tidak ada bunga sama sekali. Cara ini terbilang ekstrim tetapi terkadang efektif karena bisa membuat beban hutang berkurang meskipun butuh waktu lama. Selamat mencoba. Semoga hutang anda bisa terlunasi dengan cara seperti ini.

Memiliki kartu kredit memang membutuhkan tanggung jawab serta pengetahuan dari pemiliknya. Ini penting untuk mencegah pemilik kartu kredit terjebak hutang. Padahal, bila pemilik bijak menggunakan kartu kredit, banyak hal menguntungkan yang bisa diambil. Termasuk aneka promo dan kemudahan saat berpergian, nonton bioskop, belanja atau makan di restoran. Nah, pergunakanlah sebaik-baiknya kartu kredit anda dengan bijak.

Semoga artikel ini bisa membantu anda yang memiliki hutang pada bank, tak terkecuali juga untuk mencegah agar tidak memiliki hutang pada bank. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya.

Check Also

Mau Kalori Berkurang? Yuk, Atasi Dengan Cara Unik Ini

Semua orang tentu saja tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk, berbagai cara dilakukan untuk menurunkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *