Home / Traveling / Asyiknya Berlibur Di Pantai Pink Pulau Komodo

Asyiknya Berlibur Di Pantai Pink Pulau Komodo

Hallo guys, mari kita liburan ke pantai yuk. Gak usah jauh-jauh sampai ke luar negeri sana deh, cukup di Indonesia aja kok. Iya loh Indonesia, gak percaya ada tempat yang indah? Penasaran kan dimana pantainya? Ya udah yuk, kita simak sama-sama artikel ini.

Pantai Pink Di Pulau Komodo

Pulau Komodo memang identik dengan kadal raksasa purba yang langka, namun pulau ini juga mempunya pantai yang tak kalah mempesona. Rasanya kurang lengkap bila ke Pulau Komodo tanpa mengunjungi pantai ini. Namanya adalah Pink Beach atau Pantai Pink.

Sudah pernah berkunjung ke Pantai Tangsi alias Pantai Pink? Dinamakan Pantai Pink karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Namun masyarakat setempat lebih suka menyebutnya Pantai Merah dan sementara para wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Pantai Pink merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Tentunya bangga menjadi warga Indonesia karena memiliki sejumlah pesona alam yang unik dan hanya ada di sini. Dan bagi Taman Nasional Komodo sendiri, keberadaan Pink Beach dikawasan ini semakin menambah keajaiban yang bisa ditemukan di Pulau Komodo ini selain hewan purba komodo dan 277 spesies hewan lainnya dari dataran Australia dan Asia.

Pantai unik ini sudah berhasil memikat banyak wisatawan dan semakin dikenal dunia. Dari jauh, pasir pantai ini memang tidak terlihat pink melainkan hanya putih biasa. Namun, datanglah ke tepiannya dan tunggulah sampai ombak menjilat tepian pasir. Warna pink akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering.

Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Namun, beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pantai Pink adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Pantai yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan Pantai Merah ini relatif sepi dan tenang sehingga pas buat kamu yang ingin menenangkan diri. Hal ini dikarenakan pantai ini tak berpenghuni dan termasuk kawasan liar tempat tinggal para komodo. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati kalau mengunjungi pantai ini dan jangan sampai mengganggu para komodo disana.

Surga Bawah Laut Yang Indah

Tidak hanya kondisi pantainya yang cantik, kehidupan bawah laut di Pantai yang satu ini juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami. Di Pantai Pink sendiri terdapat banyak sekali biota laut yang meliputi 1500 spesies ikan, 250 spesies terumbu karang dan kurang lebih 75 spesies spong. Oleh karena itu, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para penelusur saat mengunjungi pantai cantik ini. Cobalah berenang dan nikmati segarnya air nan biru itu. Jika takut tenggelam, kamu bisa menggunakan pelampung dan jangan lupa menggunakan perlengkapan snorkeling agar bisa menikmati pemandangan di bawah laut Pink Beach di pulau komodo.

Karena keindahannya, pulau Komodo ini dijuluki Paradise Underwater oleh para diver yang pernah diving di sana. Di pantai ini terdapat pelagis yang melimpah, terumbu karang yang berwarna-warni serta keanekaragaman hewan laut yang luar biasa banyaknya. Jika beruntung, kamu bahkan bisa bertemu ikan pari yang sedang asyik bermain pasir di dasar yang tidak terlalu dalam. Tepian Pantai Pink adalah surga bawah laut yang membuat siapapun berdecak kagum. Tak perlu menyelam terlalu jauh karena pemandangan cantik ini bisa dinikmati hanya dalam kedalaman tak sampai 1 meter.

Selain itu jangan berenang di pantai kalau ada komodo yang sedang berkeliaran. Hati-hati pula jika wanita sedang menstruasi, pasalnya penciuman komodo sangat tajam terutama ketika ada bau darah. Lebih baik jika kamu ingin ke pantai ini bersama pemandu atau polisi hutan yang bisa kamu temui di depan atau di pos penjagaan Taman Nasional Komodo.

Di perairannya yang dangkal, kamu bisa menyaksikan keindahan koral dan berbagai biota yang ada di alam bawah lautnya. Apalagi ketika sinar matahari menembus jernihnya air sehingga kamu bisa menikmati surga lautnya dengan mata telanjang. Selain itu pantai ini juga dihiasi dengan perbukitan hijau yang memanjang dari ujung pantai hingga ke ujung yang lain seolah turut menjaga kelestarian alam pantai. Kecantikan pantai ini masih terjaga dan masih belum banyak kerusakan sehingga tak heran jika masih banyak keanekaragaman hayati yang bisa dinikmati.

Kamu juga bisa bersantai dan bermandikan cahaya matahari dengan ditemani pemandangan alam yang indah. Jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan alam Pink Beach dalam bidikan kamera. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga sayang untuk dilewatkan. Kunjungan ke pantai ini biasanya menjadi satu dengan paket berkeliling Taman Nasional Komodo. Jadi kamu bisa menghubungi agen tour kamu untuk bisa menikmati keindahan Pantai Merah atau Pink Beach.

Di Pantai Pink ini fasilitasnya masih sangat minim sekali dan bahkan bisa dibilang tidak ada. Disarankan untuk para penelusur membawa bekal makanan dan minuman yang cukup karena tidak terdapat warung di pantai ini. Pink Beach Komodo Island bisa ditempuh dengan menyewa dengan speed boat atau kapal dari Labuan Bajo. Namun jika kamu menggunakan paket tour Komodo biasanya dari Labuan Bajo terlebih dahulu menuju Dermaga Loh Buaya yang ada di Pulau Rinca. Kurang lebih perjalanan ini memakan waktu selama 45 menit. Sementara dari Dermaga Loh Liang yang ada di Pulau Komodo hanya diperlukan waktu 30 menit perjalanan dengan kapal.

Wah gimana guys, bagus banget kan tempatnya? Kamu bisa mengisi waktu liburan kamu ke Pantai Pink tersebut, akan tetapi hati-hati ya dengan komodonya. Oh iya satu lagi, sebaiknya kamu jangan lupa membawa bekal ya karena di sana tidak ada warung. Apa kamu tertarik berkunjung ke sana.

Check Also

10 Jalan Setapak Yang Indah Dan Menakjubkan

Kamu tau apa itu jalan setapak? Yap, jalan setapak adalah jalan kecil yang digunakan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *