Home / Traveling / “Pulau Nusa Barong”, Surga Tersembunyi Yang Ada Di Jember

“Pulau Nusa Barong”, Surga Tersembunyi Yang Ada Di Jember

Ups, liburan telah tiba nih guys dan waktunya untuk berlibur. Kira-kira mau kemana nih? Ke luar negeri or dalam negeri aja nih? Hmm, daripada jauh-jauh sampai luar negeri, lebih baik kamu liburan ke kota Jember. Memangnya ada apa ya di kota Jember? Oke, yuk kita langsung capcus aja.

Pulau Nusa Barong Jember

Pulau Nusa Barong terletak di selatan Pulau Jawa tepatnya pulau ini berada di wilayah Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Pulau ini adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang terletak di Samudera Hindia dan berbatasan dengan Australia. untuk menuju Pulau Nusa Barong, maka kamu menantang keganasan ombak laut selatan. Perjalanan yang berat, namun keindahan Pulau Nusa Barong akan membayarnya dengan impas. Gugusan batu-batu yang indah dengan hamparan pasir putih melengkapi kesempurnaan pantai yang saat ini bertiket masuk Rp.7.000.

Tidak hanya itu, di pulau ini juga terdapat banyak flora dan fauna yang akan menemani kamu. Beberapa fauna seperti kera, tupai dan berbagai jenis burung dapat kamu temukan di pulau ini. Selain itu juga keindahan pantai yang masih alami di pulau ini sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu juga bisa menikmati sensasi berkemah di pulau tak berpenghuni ini. Jenis hewan yang hidup di Pulau Nusa Barong ini sangat beragam, jenis yang banyak dijumpai adalah penyu hijau, penyu sisik, biawak dan ular piton. Terdapat juga jenis mamalia dan primata antara lain: rusa, kera abu-abu, lutung dan babi hutan. Selain itu juga terdapat beberapa jenis burung antara lain: elang laut, raja udang, kuntul, walet, ayam hutan dan kangkareng

Pulau Ini Mirip Dengan Phi-Phi Island Di Phuket Thailand

Pulau Jawa ternyata menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Selain Karimun Jawa dan Pulau Sempu, di Jember terdapat Pulau Nusa Barong. Suatu pulau yang tidak kalah cantik dengan Phi-phi Island di Phuket, banyak yang menyebut Nusa Barong sebagai Phi-Phi-nya Indonesia karena memiliki kemiripan dan keindahannya tiada dua. Sayang sekali, daerah ini sering terlupakan karena banyak turis memilih berkunjung ke Pulau Bali.

Butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan sampan atau jukung untuk sampai ke lokasi. Itupun harus dengan kondisi air laut yang tenang. Pulau ini seolah surga yang tersembunyi di Samudera Hindia. Gugusan batu karang di pulau ini memang terkenal sangat indah. Gugusan karang ini sangat besar, menjulang kokoh dan sekilas mirip dengan candi. Hal inilah yang menjadikan Pulau Nusa Barong mirip dengan Phi-phi Island di Phuket. Kesejukkan udaranya jangan dipertanyakan lagi, tempatnya yang masih belum terjamah membuat pulau ini begitu sejuk dan tenang.

Keindahan bawah lautnya tidak kalah memukau, kamu bisa snorkling di sekitar pantai sambil ditemani ikan-ikan laut dan terumbu karang yang cantik serta lautnya yang sangat biru dan jernih. Namun, kamu disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh ke tengah. Pulau Nusa Barong terletak di Samudera Hindia, maka yang akan kamu jumpai nantinya adalah ombak dan arus yang kuat.

Karena jarang tersentuh oleh tangan manusia, Nusa Barong masih asri dan hijau. Dari kejauhan, perpaduan hutan mangrove, pantai serta daratan rendah sangat memanjakan mata. Sementara itu, pantai di pulau dengan luas 6100 hektar ini masih bersih dan enak untuk berjemur. Kamu bisa menatap keindahan laut yang berwarna biru kehijauan dengan puas. Atau berenang cantik sekaligus menikmati cantiknya karang yang terlindungi di sana. Akan tetapi, saat musim angin barat atau atau musim penghujan, Bidang KSDA pasti akan menolak kepergian wisatawan yang bertujuan ke Nusa Barong. Hal ini karena kencangnya angin laut yang sangat berbahaya untuk mereka.

Banyak Tempat Wisata Yang Tidak Kalah Indah

Tidak perlu khawatir, Jember masih memiliki banyak tempat lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Puger yang biasa digunakan nelayan berlabuh. Tidak jauh dari sana, ada pantai lain yang cukup terkenal di Jawa Timur. Apalagi kalau bukan Pantai Papuma yang berjarak 24 km dan bisa di tempuh selama 1 jam-an.

Di sekitar pelabuhan menuju Nusa Barong memang jarang ada warung makanan. Namun, tidak ada salahnya untuk menjajal kuliner di sana seperti Warung Es Jus di Puger Wetan yang buka hingga 24 jam. Kalau kamu ingin mencicipi makanan khas kota ini, coba berkunjung ke Warung Gudeg dan Pecel Lumintu di Jl. Kertanegara 33. Di kedai ini menjual menu berupa gudeg pecel khas Jember, rasanya benar-benar enak dan nendang di lidah. Kalau kamu memiliki rencana untuk berlibur kesana, pilihlah bulan yang tepat. Usahakan membawa bekal yang banyak terutama air putih. Pasalnya, Nusa Barong sangat minim air tawar dan tidak ada warung.

Akan tetapi tidak semua orang pernah menyusuri luasnya pulau Nusa Barong ini dan mengetahuinya secara detail tentang pulau ini mengenai apa saja yang ada di dalamnya seperti flora maupun faunanya. Karena menurut cerita dari para nelayan maupun warga sekitar Puger mengenai Nusa Barong ini cukup menyeramkan, maka dari itu pulau ini belum pernah terjamah. Salah satu contoh yang membuat Pulau Nusa Barong ini sangat menakutkan adalah adanya seekor ular besar yang sangat panjang, ada juga seekor harimau putih sebesar kerbau dewasa yang biasa mengitari hutan di pulau Nusa Barong tersebut. Akan tetapi terlepas dari semua cerita-cerita misteri yang dimiliki Pulau Nusa Barong itu sendiri, pulau ini merupakan sebuah pulau yang sangat indah dengan pasir pantainya yang begitu bersih serta pemandangan alamnya yang begitu cantik.

Nah gimana guys, keren kan? Buruan deh atur jadwal liburan kamu supaya kamu bisa langsung cus kesana. Eis, jangan sampai kamu buang sampah di sana ya. Karena Pulau Nusa Barong tersebut masih alami, oleh karena itu jagalah selalu kebersihan.

Check Also

10 Jalan Setapak Yang Indah Dan Menakjubkan

Kamu tau apa itu jalan setapak? Yap, jalan setapak adalah jalan kecil yang digunakan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *