Home / Unique / ‘Doppelganger’, Fenomena Orang Kembar Tanpa Hubungan Darah

‘Doppelganger’, Fenomena Orang Kembar Tanpa Hubungan Darah

Apa jadinya kalau ada kembaran tapi sama sekali tidak memiliki hubungan darah? Memangnya ada? Jelas ada dong, banyak kisah orang yang memiliki wajah yang sama tapi bukan saudara dan peristiwa ini dinamakan doppelganger. Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari kita sama-sama simak artikel yang satu ini.

Apa Itu Doppelganger?

Doppelganger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan ganger (perjalan). Doppelganger ini merupakan penampakan dari wajah seseorang yang masih hidup, biasanya merupakan suatu pantulan. Bisa diartikan juga sebagai kembaran dari seseorang, karena memiliki wajah yang sangat mirip walaupun bukan saudara kembar kandung.

Dalam sejarah, ada banyak catatan mengenai orang-orang yang mengaku berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri. Fenomena ini berbeda dengan penampakan hantu karena jika penampakan hantu berarti seseorang melihat citra orang yang telah meninggal, maka fenomena doppelganger berarti melihat bayangan seseorang yang masih hidup.

Dalam banyak kasus, doppelganger dipercaya sebagai tanda-tanda kematian. Konon Ratu Elizabeth I berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri sebelum meninggal. Entah kapan fenomena ini pertama kali muncul, namun pada tahun 1691 ditemukan catatan mengenai Doppelganger yang ditulis oleh Robert Kirk yang menulis bahwa fenomena ini telah muncul dalam kisah-kisah rakyat Skotlandia dan Irlandia. Namun pada saat sekarang ini, peristiwa doppelganger sudah sangat banyak ditemui. Berikut ini adalah orang-orang yang bertemu dengan kembaran identiknya namun tidak memiliki hubungan saudara:

Karen Dan Niamh Geaney

Niamh Geaney, seorang mahasiswi cantik yang berprofesi sampingan sebagai Presenter TV di kota Dublin tak sengaja menemukan kembarannya melalui sebuah acara project yang sedang dibuat bersama kedua temannya. Twin Stranges nama project eksperimen sosial tersebut yang dipromosikan lewat jejarin sosial Facebook.

Dalam target mereka, harus menemukan orang yang mirip dengannya atau istilahnya dikenal dengan julukan sebagai doppelganger. Setelah menunggu hampir 28 hari kedua teman Niamh tidak membuahkan hasil, sepertinya tak ada manusia kembar yang menyerupai diri mereka di bagian dunia lain. Anehnya, justru Niamh benar-benar menemukan saudara kembarnya. Wanita tersebut namanya Karen, benar-benar persis 98 persen saat memperhatikan fotonya. Merasa kurang yakin akhrinya mereka pun mengadakan janjian untuk kopi darat.

Ambra Dan Jennifer

Lagi-lagi acara Reality Show Twin Strangers berhasil mempertemukan kembar identik tanpa hubungan saudara. Kali ini terjadi pada dua oran wanita yang berasal dari Amerika serikat yakni Jennifer dari Kota Spring di Texas dan Ambra yang berasal dari Fayetteville di North Carolina. Seperti kisah yang sudah-sudah, mereka juga benar-benar terkejut saat bertemu pertama kalinya.

Apakah ayahku pernah berselingkuh dengan ibumu? Engkau benar-benar mirip sekali denganku dari bentuk wajah, rambut, alis sampai tubuh kita seakan kembar identik. Aku yakin kalau kamu kuajak kerumah, pasti ibuku akan menyangka bahwa engkau adalah diriku, ungkap Ambra sambil tertawa.

Presiden Abraham Lincoln

Kasus doppelganger lainnya yang juga termahsyur di dunia adalah kasus yang dialami oleh Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat di masa lalu. Kisah nyata ini diceritakan sendiri oleh Noah Brooks yang mengaku mendengarnya langsung dari mulut Abraham Lincoln. Diceritakan bahwa saat Lincoln terpilih menjadi presiden, ia menjumpai ‘sosok dirinya’ dengan dua wajah di ruang tamunya. Satu wajah lebih pucat dibanding yang lainnya dan anehnya ketika ia mendekatinya, bayangan itu tiba-tiba langsung menghilang.

Lalu ia menghempaskan tubuhnya ke sofa untuk beristirahat dan bayangan itu muncul kembali. Beberapa hari kemudian, bayangan dirinya dengan dua wajah itu kembali muncul. Namun penampakan itu adalah penampakan untuk yang terakhir kalinya. Ketika ia menceritakannya kepada istrinya, istrinya berkata bahwa dua wajah itu berarti Lincoln akan terpilih sebagai presiden untuk dua kali masa jabatan, sedangkan wajah kedua yang lebih pucat menunjukkan kalau ia tidak akan hidup melewati masa jabatan keduanya. Entah darimana istrinya mengetahui hal itu, namun prediksi kematiannya terbukti benar karena pada tahun 1865 Lincoln terbunuh pada saat memegang masa jabatan keduanya.

Cordelia Roberts Dan Ciara Murphy

Kedua gadis ini tidak akan pernah menyadari bahwa pertukaran pelajar membuat mereka bertemu satu sama lain. Cordelia berasal dari Inggris sementara Ciara dari Irlandia. Mereka berdua kompak mengikuti pertukaran pelajar di Bremen, Jerman. Menariknya lagi, baik Cordelia maupun Ciara mengambil jurusan yang sama. Akan tetapi, awalnya kedua gadis tersebut pun sempat tidak percaya dan melakukan uji Test DNA agar bisa membuktikan apakah mereka masih memiliki genetik yang sama.

Neil Thomas Douglas Dan Robert Stirling

Kisah manusia kembar Doppelganger paling aneh dan unik di dunia terakhir, terjadi dalam penerbangan pesawat Rynaair dari Skotlandia menuju Irlandia. Berawal dari Neil Thomas Douglas, seorang pria berambut merah dan berjanggut asal Skotlandia yang secara acak mendapatkan tempat duduk di samping pria berambut merah lainnya bernama Robert Stirling dari London yang benar-benar mirip dengannya.

Apakah ini semua terjadi secara kebetulan? Yang pasti Neil dan Robert tak ingin menyia-nyiakan kesempatan langka tersebut. Mereka lalu berfoto selfie bersama, saling bertukar kontak telepon dan berencana untuk saling mengunjungi rumah mereka masing-masing.

Nah, itulah kisah orang yang benar-benar sangat mirip, walaupun mereka tidak memiliki hubungan darah sekalipun. Aneh tapi nyata ya, tapi semuanya memang benar adanya. Gimana menurut kamu, sangat unik bukan?

Check Also

Gokil, Hari Libur Paling Aneh Di Dunia

Ngomongin masalah hari libur, di Indonesia sendiri hari libur itu kalau gak hari minggu ya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *