Home / Unique / Melanie Gaydos, Model Yang Sukses Meskipun Menderita Kelainan Genetik

Melanie Gaydos, Model Yang Sukses Meskipun Menderita Kelainan Genetik

Siapa bilang jadi model harus cantik dan bertubuh langsing? Gak berlaku lagi di jaman sekarang jadi model itu harus cantik sempurna, semua ini telah dibuktikan oleh wanita asal Amerika ini yang memiliki kelainan genetik. Bagaimana cerita kelanjutan kisah wanita yang menjadi model ini? Yuk kita simak sama-sama.

Model Sukses Yang Menderita Kelainan Genetik

Namanya Melanie Gaydos, seorang perempuan pemberani yang melawan industri mode dunia dan akhirnya menang. Wanita yang berasal dari Amerika ini memiliki karakteristik yang berbeda dari model-model lainnya. Kodrat seorang model adalah harus bertubuh tinggi, paras cantik, rambut indah serta memiliki perawakan menarik.

Sejak lahir, ia mempunyai kelainan genetik langka yang disebut displasia ektodermal dan alopesia. Kelainan genetik langka itu membuat gigi, kuku, tulang rawan dan tulang belakangnya tidak tumbuh dengan normal seperti halnya orang lain. Penderita kelainan ini bisa mengalami ‘kekeringan’, dimana tubuhnya tidak mengeluarkan keringat sama sekali. Itu berarti cairan keringat yang seharusnya dikeluarkan malah tertahan di dalam.

Sedangkan alopesia adalah penyakit kulit yang menyebabkan kebotakan, penderita alopesia tidak memiliki rambut di bagian-bagian kulit tertentu. Gejala kelainan ini bisa diawali dengan munculnya bercak putih pada bagian kulit yang semestinya berambut. Gaydos juga mengalami kebutaan sebagian setelah pertumbuhan bulu matanya menggores bola mata.

Melanie Gaydos Tetap Percaya Diri

Meski mengalami stigmatisasi sepanjang hidupnya terkait penampilannya, ia percaya bahwa penyakitnya itu bukan penghalang baginya untuk meniti karier. Dan empat tahun yang lalu, ia memutuskan masuk melawan dunia modeling yang penuh stereotipe itu dan Melanie akhirnya memenangkannya.

“Saya mencoba menjadi model antimainstream ketika pindah ke New York, ternyata banyak permintaan yang datang dari Craiglist. Di sana banyak fotografer yang menginginkan model anti mainstream, di luar stereotip,” kata Gaydos

Jika melihat kondisi fisik yang dimilikinya, mungkin sebagian besar dari kamu akan merasa terkejut, karena wanita yang satu ini memiliki wajah yang tidak biasa. Aneh, mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkannya. Tapi jangan kaget kalau wanita ini ternyata mampu menjadi seorang model ternama di dunia dengan semua kekurangan dan keterbatasannya tersebut.

Keadaan fisiknya ini sempat membuatnya menjadi sangat frustasi dan pernah berpikiran untuk melakukan tindakan bunuh diri. Tapi untungnya, niat tersebut berhasil ditepisnya. Meski terlahir berbeda dan memiliki keterbatasan seperti itu, Melanie justru mampu dan sukses menjadi seorang model yang terkenal di dunia.

Menjadi Korban Bully

Di seluruh dunia ada sekitar 7.000 orang telah didiagnosis dengan kondisi ectodermal dysplasia. Ectodermal dysplasia lebih banyak ditemukan pada ras Kaukasia daripada ras lain. Sebagaimana manusia pada umumnya, Melanie Gaydos tentu ingin terlahir dengan kesehatan yang sempurna. Namun dia tidak seberuntung orang lain, kelainan yang dideritanya menyebabkan Melanie Gaydos hanya memiliki 3 buah gigi susu dan tidak memiliki satu helai rambut pun. Penampilan fisiknya yang jauh berbeda dari manusia normal pada umumnya nyaris tidak dapat diterimanya. Melanie Gaydos juga sering menjadi korban bully karena penampilannya yang nampak aneh itu.

Melanie tidak pernah membayangkan akan menjalani karir dalam dunia model seperti ini. Kesempatan ini dianggap sebagai sebuah keajaiban yang tidak akan pernah disia-siakan olehnya. Kepalanya yang tidak berambut dan keterbatasan fisik lain yang dimilikinya, tidak menjadi penghalang untuk dirinya berkarir dan melanjutkan kehidupan yang lebih baik.

“Saya bersyukur atas apa yang saya jalani sekarang ini. Saya bisa bertemu dengan banyak orang yang membuat saya lebih menghargai apa yang saya miliki, daripada bersedih tentang semua yang tidak saya punyai,” katanya.

Di dalam perjalan menuju kesuksesannya tersebut, banyak halangan yang harus dilewati oleh Melanie. Meskipun namanya sudah mulai dikenal oleh masyarakat dunia, namun hal ini bukan menjadi jaminan bahwa dia tidak akan mendapatkan perlakuan buruk dari masyarakat.

Dia masih kerap di bully, karena dianggap tidak memenuhi syarat untuk menjadi seorang model, apalagi menjadi model terkenal dunia. Yah namanya juga baru menapaki karir, pasti banyak orang yang iri atau tidak suka melihat orang lain lebih berhasil dan sukses.

Hebatnya, ia tak membiarkan penyakit bawaannya tersebut membatasi ambisinya. Ia juga menolak jika harus didandani mengenakan rambut palsu untuk menutupi kebotakannya. Untuk alasan medis dan estetika, ia juga pernah membuat gigi palsu yang juga langsung dilepas beberapa bulan setelahnya. Perempuan 28 tahun ini mengaku lebih nyaman dengan keadaan dirinya yang apa adanya. Ia nyaman dengan penampilannya, cara ia berjalan hingga caranya makan sehari-hari.

Walau tak berparas seperti Kendall Jenner ataupun Gigi Hadid, namun karier model Melanie Gaydos terbilang sukses. Ia pernah pula dipotret oleh fotografer fashion terkenal seperti Tim Walker, pria asal Inggris yang biasa memotret Love Magazine hingga Vogue, juga sang legenda Eugenio Recuenco. Tak hanya sebagai foto model, dirinya juga beberapa kali melenggang di peragaan busana. Salah satunya ialah untuk desainer Nina Athanasiou.

Saking uniknya, penyanyi sekaligus artis papan atas dunia, Miley Cyrus sampai ngefans sama Gaydos ini. Miley Cyrus mengomentari salah satu foto Gaydos di akun Instagram pribadi @melaniegaydos untuk menyatakan kekagumannya. Melalui dunia modeling, Melanie Gaydos mendapatkan cara untuk lebih mengenal diri sendiri dan menghargai apa yang ada dalam dirinya.

Nah, itulah kisah si model cantik yang menderita kelainan genetik, namun tetap semangat menjalani hidupnya. Ia salah satu dari sedikit model yang menantang standard kecantikan yang ada sekarang dan mengubah pandangan industri modeling dengan keunikannya. Sampai sini dulu ya perbincangan kita, sampai jumpa lagi…

Check Also

Menakjubkan, Karya Seni Ini Tercipta Dari Sampah Lho

“Sampah”, mungkin itu adalah hal yang tidak berguna lagi kan? Ya, selama ini hampir semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *