Home / Unique / Menakjubkan, Karya Seni Ini Tercipta Dari Sampah Lho

Menakjubkan, Karya Seni Ini Tercipta Dari Sampah Lho

“Sampah”, mungkin itu adalah hal yang tidak berguna lagi kan? Ya, selama ini hampir semua orang menganggap hal tersebut tidak berguna. Akan tetapi tau gak sih kamu kalau sampah itu bisa dimanfaatkan lho, gak percaya? Biar kamu tau kalau sampah itu berguna, yuk simak artikel yang satu ini.

Apa itu sampah? Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Berdasarkan asalnya, sampah padat dapat digolongkan sebagai Sampah Organik dan Sampah Anorganik.

  • Sampah Organik, adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasi oleh mikroba atau bersifat biodegradable. Sampah ini dengan mudah dapat diuraikan melalui proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus (selain kertas, karet dan plastik), tepung, sayuran, kulit buah, daun dan ranting. Selain itu, pasar tradisional juga banyak menyumbangkan sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan dan lain-lain.
  • Sampah Anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. Sampah anorganik dibedakan menjadi : sampah logam dan produk-produk olahannya, sampah plastik, sampah kertas, sampah kaca dan keramik, sampah detergen. Sebagian besar anorganik tidak dapat diurai oleh alam/ mikroorganisme secara keseluruhan (unbiodegradable). Sementara, sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga misalnya botol plastik, botol gelas, tas plastik dan kaleng.

Nah, berikut ini adalah karya seni yang dibuat dari sampah lho:

SPBU Quilted, New York

Ini adalah bentuk kreativitas para seniman untuk mengekspresikan keprihatinan mereka akan ketergantungan minyak yang cukup parah. Proyek kesenian ini bernama Proyek Reklamasi Seni Dunia atau dikenal juga sebagai proyek pom bensin. Untuk itu, mereka mengumpulkan berbagai macam kain perca untuk menutup pom bensin tersebut sebagai bentuk protes.

Semua kain perca kemudian dijahit bersama-sama dan akhirnya pom bensin yang berada di pusat Kota New York tersebut ditutup setelah ditinggalkan dan diubah menjadi bangunan seni kain perca. Hingga kini, pom bensin itu masih terletak di pusat Kota New York dan selalu dijadikan objek fotografi oleh penduduk setempat bahkan wisatawan asing yang secara kebetulan melintas di jalan tersebut.

Paper House, Massachusetts

Kalau biasanya rumah dibangun dari beton atau kayu kokoh, berbeda dengan rumah satu ini. Kenapa? Berada di Kota Rockport, Massachusetts, Amerika Serikat, rumah ini menarik ribuan wisatawan karena terbuat dari kertas? Masa sih? Gak percaya deh. Rumah yang secara keseluruhan dilapisi kertas koran ini dibuat oleh seorang insinyur mekanik, Elias F Stenman pada tahun 1922. Awalnya, ia hanya berniat membalut dua kamar di rumahnya dengan koran, namun lama kelamaan ia justru melapisi seluruh rumah dengan koran bekas. Bahkan, semua benda di dalamnya, seperti kursi, piano dan lainnya dibalut kertas. Akibatnya, banyak wisatawan lokal maupun asing yang merasa penasaran dengan bangunan ini dan selalu ingin ke dalamnya. Tak perlu takut masuk karena bangunan rumah tetap dibangun oleh material kuat seperti beton, hanya saja dilapisi dengan koran.

Beer Can House, Texas

Kalau yang satu ini merupakan hasil kesenian rakyat yang terletak di Houston, Texas. Diperkirakan lebih dari 50 ribu kaleng menghiasi bangunan ini. Botol, tutup botol, serta atribut kaleng lainnya tak luput dari bangunan tersebut. Proyek ini dimulai pada 1968, ketika Milkovisch yang merupakan pensiunan pelapis perabot rumah tangga, bosan meratapi kehidupannya yang tanpa aktivitas. Awalnya, ia membuat rumput yang ada di sekitaran rumahnya dari bahan daur ulang yang unik sehingga nampak berkilauan. Setelah selesai, ia pun melakukan hal yang sama pada rumahnya.

Dekorasi baru dilakukan dengan menutupi seluruh dinding dan atap bahkan menciptakan lonceng dari kaleng bir. Menurutnya, menghiasi rumah dengan botol kaleng jauh lebih mudah dibandingkan dengan melukis dan unsur seni tetap terasa begitu mendekati bangunan ini. Saat ini, rumah bir dioperasikan oleh The Orange, salah satu lembaga seni di Amerika Serikat yang melindungi bangunan seni maupun kerajinan khas Amerika. Saking menariknya, bangunan ini juga telah menarik pengunjung dari seluruh Texas dan menjadikan rumah ini sebuah museum yang dilindungi.

Bottle Village, California

Terletak di kawasan Simi Valley, California, Bottle Village merupakan bagian dari seni yang dibangun secara otodidak oleh tangan perempuan paruh baya yang kala itu sudah berusia 60 tahun. Pada awalnya ia berencana membuat sebuah ruang penyimpanan, namun ketika mengetahui harga blok sinder yang mahal, ia memutuskan membuat ruang tersebut dari botol. Ia mendapat ide ini dari taman hiburan Knott’s Berry Farm, di Buena Park, California.

Ia mulai mengumpulkan barang bekas bersama adiknya dan tanpa sadar ia telah mengumpulkan lebih dari satu juta botol. Tressa Prisbey pun mulai membangun bangunan dari dinding hingga menghasilkan 16 bangunan dengan struktur yang secara keseluruhan terbuat dari botol tersebut. Banyak pihak mengatakan desa botol ini merupakan seni yang luar biasa unik.

Selama 25 tahun, ia membangun desa tersebut dan kini menjadi landmark bersejarah yang dipelihara oleh Kota California. Desa ini tercantum dalam daftar nasional tempat bersejarah pada tahun 1996. Akan tetapi, pada 1984 desa ini mengalami kerusakan cukup parah akibat gempa bumi. Dua tahun setelah gempa, bangunan yang sudah hancur lebur tersebut membutuhkan biaya sangat besar untuk memperbaikinya. Dengan dibantu pihak swasta, desa ini kembali dipulihkan dan untuk sementara waktu ditutup oleh umum selama masa perbaikan.

Gimana pemirsa, masih gak percaya kalau sampah itu sangat berguna dan bermanfaat? Hmmm buang jauh-jauh deh pikiran itu, jaman sekarang ini apapun bisa diciptakan. So, jangan pernah buang sampah sembarangan lagi ya atau kamu bisa kumpulkan sampah yang bisa di daur ulang dan serahkan pada seniman yang berkreativitas.

Check Also

Melanie Gaydos, Model Yang Sukses Meskipun Menderita Kelainan Genetik

Siapa bilang jadi model harus cantik dan bertubuh langsing? Gak berlaku lagi di jaman sekarang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *