Home / Unique / Quokka, Hewan Kecil Yang Suka Selfie Dan Selalu Tersenyum

Quokka, Hewan Kecil Yang Suka Selfie Dan Selalu Tersenyum

Hayooo siapa yang tau apa nama hewan yang suka selfie dan suka senyum? Hihihi, pasti kamu pasang wajah kebingungan kan. Memangnya ada ya hewan seperti itu? Jawabannya pasti ada dong. Tapi apa ya nama hewannya? Kalau mau tau, yuk baca artikel ini.

Ngomongin soal senyum, kayaknya manusia harus belajar sama spesies yang satu ini deh. Biasanya sih manusia cenderung senyum kalau lagi mood aja. Nah, hewan yang satu ini gak lho, lagi tidur pun juga tersenyum. Hewan tersebut adalah Quokka.

Quokka adalah hewan berkantung yang berukuran seperti kucing. Berasal dari Australia, hewan ini adalah golongan herbivora yang aktif di malam hari. Quokka dijuluki hewan paling bahagia di dunia karena terlihat selalu tersenyum dalam keadaan apapun.

Quokka pertama kali ditemukan oleh Williem de Vlamingh yang mengira melihat sebuah tikus besar. Maka dari itu, pulau tempat ditemukan Quokka itu disebut Rottnest Island, rott dalam bahasa Jerman disebut tikus. Williem adalah orang Eropa yang mengembara untuk mencari pulau-pulau tersembunyi. Kata-kata Quokka sendiri diambil dari bahasa asli Australia, yaitu bahasa Nyungar.

Mereka dapat ditemukan di beberapa pulau-pulau kecil di pantai Australia Barat, khususnya di Pulau Rottnest di pantai Perth dan di pulau Bald. Sekitar 15.000 ekor Quokka berkembang biak di sana. Pulau-pulau ini bebas dari predator mereka yaitu rubah dan kucing. Tapi kenapa Quokka sering disebut hewan paling bahagia di dunia ya? Lihat aja tuh wajahnya, senyum melulu kan. Sebenarnya sih ini gara-gara bentuk anatomi wajah dan pipi hewan imut ini yang tembem dan kesannya kayak senyum terus.

Sekilas, Quokka ini mirip dengan kelinci tapi memiliki kulit yang gelap seperti musang. Uniknya, Quokka ini bisa berdiri dengan dua kaki layaknya kangguru. Quokka berbobot 2,5 sampai 5 kilogram dengan panjang 40 sampai 90 cm dan panjang ekor 25 sampai 30 cm. Mereka memiliki kantung, tubuh yang kekar, telinga bulat, pendek dan kepala yang lebar. Meski terlihat seperti kangguru kecil yang imut, Quokka dapat memanjat pohon kecil dan semak-semak. Hewan Quokka ini bisa hidup hingga sepuluh tahun. Quokka suka hidup berkelompok di alam liar. Hewan ini akan mencari makan di malam hari. Ekornya berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan lho. Jadi hewan ini betah berlama-lama tidak makan. Makanannya adalah tumbuh-tumbuhan.

Sama seperti kangguru, Quokka juga berkembang biak dengan beranak. Di daratan Australia Barat, Quokka bisa berkembang biak sepanjang tahun, namun di Pulau Rottnest mereka hanya bisa berkembang biak antara Januari hingga Agustus. Masa kehamilannya hanya satu bulan dan bayi yang disebut Joey selanjutnya akan tinggal di kantung sang ibu selama 6 bulan. Induk Quokka bisa melahirkan 2 kali dalam setahun. Selepas 6 bulan anak Quokka sudah bisa meninggalkan kantung ibunya, namun ia masih bergantung pada air susu ibunya hingga 2 bulan selanjutnya. Quokka bisa mulai beranak pinak saat usianya 1,5 tahun.

Terlepas dari wajahnya yang ramah senyum dan bahagia terus, keberadaan spesies Quokka sebenarnya justru bisa dibilang kurang membahagiakan. Meskipun populasi Quokka banyak di pulau-pulau kecil di pantai, Quokka diklasifikasikan sebagai hewan yang rentan. Hewan imut ini bahkan udah masuk ke dalam kategori vulnerable di negaranya sana alias statusnya adalah hewan yang dilindungi. Pemerintah Australia Barat melindunginya dengan peraturan hukum. Para pengunjung di Pulau Rottnest dilarang memberi makan Quokka dan dilarang membuang sampah di pulau ini agar tidak dimakan oleh para Quokka.

Hewan lucu ini terancam punah karena habitat mereka berkurang akibat illegal logging. Untuk menjaga populasinya agar tetap stabil, salah satu penangkaran hewan di Australia membudidayakan dan melindungi Quokka. Di tempat inilah para pengunjung diperbolehkan berfoto selfie bersama hewan kecil dan mungil tersebut. Dan nampaknya Quokka sangat menyukai kebersamaannya bersama manusia. Hewan ini juga terlihat sangat bahagia saat diajak foto selfie. Hewan ini sangat menarik bagi para turis dan sering mendapatkan biskuit yang sebenarnya sering membuat perutnya terganggu. Meskipun banyak yang tertarik, tapi warga dilarang untuk memeliharanya secara pribadi.

Kalau kata orang senyum itu ibadah. Ketemu orang yang gak dikenal aja kalau awalnya udah senyum duluan, akhirnya pasti bakalan cair dan lebih enak buat diajak ngobrol. Apalagi warga Indonesia terkenal dengan keramahannya yang murah senyum. Asal jangan senyam-senyum sendirian aja sih, hehe. Dan buat kamu yang lagi galau, coba lihat aja hewan ini, dijamin langsung senyum. 🙂

Check Also

Menakjubkan, Karya Seni Ini Tercipta Dari Sampah Lho

“Sampah”, mungkin itu adalah hal yang tidak berguna lagi kan? Ya, selama ini hampir semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *