Home / Unique / Wow, Negara Ini Punya Transportasi Terbaik Di Dunia

Wow, Negara Ini Punya Transportasi Terbaik Di Dunia

Hai sobat sekalian, kali ini kita akan membahas tentang transportasi. Banyak kota-kota besar di Indonesia yang terkenal dengan kemacetannya. Mungkin kamu salah satu orang yang sering terjebak macet, bener kan? Terjebak macet adalah hal yang sangat menyebalkan, apalagi kalau kita sedang terburu-buru. Belum lagi panas yang menyengat dan asap knalpot kendaraan yang membuat kamu sesak napas. Tapi tidak semua negara mengalami kemacetan lho, ada beberapa negara memiliki alat transportasi terbaik untuk menghindari kemacetan. Berikut ini adalah negara-negara yang memiliki transportasi terbaik di dunia:

1. Tokyo, Jepang

Negara pertama yaitu Jepang, semoga saja kalian tidak bosan mendengar negara satu ini. Negara maju ini tidak hanya dikenal sebagai salah satu negara dengan makanan terlezat di dunia tapi juga salah satu kotanya yakni Tokyo dikenal pula sebagai salah satu kota paling sibuk di dunia. Pada kali ini, Tokyo kembali masuk ke dalam daftar kota dengan transportasi umumnya yang sangat baik.

Transportasi publik di Tokyo sangat menjunjung tinggi yang namanya kebersihan dan efisiensi. Tidak hanya kereta, kendaraan umum lainnya seperti bus, monorail dan trem semuanya dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah. Dengan total 3,2 miliar penumpang per tahun, kereta bawah tanah yang berada di Tokyo termasuk ke dalam kereta bawah tanah tersibuk kedua setelah Beijing. Teraturnya sistem transportasi di Tokyo membuatnya layak masuk ke dalam daftar negara dengan transportasi terbaik di dunia. Luar biasa sekali negara Jepang ini ya.

2. London, Inggris

Termasuk ke dalam daftar negara superpower di dunia membuat Inggris sangat memperhatikan kenyamanan dari penduduknya. Oleh karena itulah pemerintah Inggris sangat mengawasi sistem transportasi publik yang ada di negara tersebut. Salah satu tranportasi yang terkenal yang ada di London yaitu kereta bawah tanahnya yang disebut dengan London Underground.

Satu hal menarik dari London Underground adalah kereta bawah tanah kebanggaan Inggris ini adalah kereta bawah tanah tertua yang ada di dunia. Namun transportasi umum di London bukan hanya kereta bawah tanah. Masih ada bus, trem, kereta dan feri. Fakta menarik lain yaitu London adalah pusatnya tranportasi umum yang menghubungkan seluruh kota yang ada di United Kingdom.

3. Wina, Austria

Alat transportasi di Wina, yaitu kereta bawah tanah. Kereta bawah tanah tersebut menjadi ikon kota ini karena bentuknya yang unik dan disukai oleh para turis. U-Bahn (Unter- Bahn) adalah sebutan untuk stasiun kereta bawah tanah dan stasiun ini terkoneksi dengan stasiun-stasiun kereta utama di pusat kota. Selain U-Bahn, masih ada kereta jalan (trem) dan bus yang beroperasi di jalan-jalan utama pusat kota. Sebanyak 24 rute kereta bawah tanah beroperasi pada malam hari, yaitu dari pukul 00.30 hingga 5.00 pagi dan semua rute akan beroperasi hingga dini hari pada akhir pekan atau hari libur.

Jika sedang terburu-buru biasanya masyarakat Wina akan menggunakan S-Bahn (Schnellbahn/kereta api cepat metropolitan) yang biasa membawa penumpang dari bagian selatan kota dan seberang Sungai Donau menuju ke bagian utara kota dalam waktu singkat.

4. Seoul, Korea Selatan

Seoul memiliki jaringan kereta api bawah tanah yang terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 508 kilometer dan melintasi sekitar 25 distrik di kota itu. Pada jam-jam sibuk dan hari kerja, kereta datang setiap dua menit sekali sehingga orang-orang di sana tidak khawatir akan terlambat masuk kerja atau sekolah. Di dalam kereta ada tempat khusus untuk lansia, wanita hamil dan kaum difabel yang terlarang diduduki orang-orang di luar kriteria tersebut.

Disana juga ada pedagang asongannya lho, hanya saja mereka tampak lebih praktis dan rapi dibandingkan pedagang asongan kita di sini. Semua barang dagangan dimasukkan dalam sebuah koper besar dan hanya dibuka ketika mereka hendak menjajakan barang dagangannya. Kamu juga bisa menikmati akses WiFi tanpa batas ketika sedang berada dalam kereta, sama seperti ketika kamu berada di tempat umum lain di seantero Korsel.

5. Singapore

Negara tetangga kita ini merupakan negara kecil yang tidak sebanding dengan Indonesia. Tapi jangan salah, negara kecil dengan ibukota Singapore ini memiliki kemajuan teknologi dan juga sistem transportasi yang jauh melewati banyak kota di Indonesia. Dengan 4 MRT dan 1 LRT yang tersebar di seluruh kota, sistem transportasi tersebut telah menjadi transportasi umum favorit warga Singapore.

Hampir mirip dengan Tokyo, Singapore juga sangat memperhatikan kebersihan dan juga ketertiban sarana transportasinya. Tidak hanya kereta, transportasi umum lain seperti bus dan taksi juga menjadi fokus pemerintah agar warganya bisa menikmati transportasi umum tanpa adanya rasa khawatir. Singapore kini ditengarai sedang menambah sejumlah stasiun MRT agar bisa memudahkan warga untuk pergi ke suatu tempat.

6. Munich, Jerman

Munich U-Bahn (kereta bawah tanah Munich) terkenal sebagai alat transportasi publik yang paling komprehensif dan tepat waktu. Salah satu alasannya adalah karena U-Bahn terintegrasi dengan S-Bahn (kereta biasa), bus dan trem. Kalo kamu bingung dan tak tahu jalan, gak perlu khawatir karena U-Bahn menyediakan layanan MVV App Companion untuk melihat peta, jadwal dan alternatif rute yang bisa kamu pilih dan ada juga informasi tentang kemacetan atau penundaan keberangkatan kereta.

Kamu juga bisa memilih tiket langganan kereta bawah tanah jenis harian, mingguan atau bulanan yang cukup divalidasi sekali saja. Cukup menghemat waktu karena penumpang tidak perlu melakukan validasi tiket lagi ketika hendak naik kereta di lain waktu.

7. Hongkong

Menjadi salah satu kota tersibuk di Asia, Hongkong memiliki sistem transportasi yang sangat baik. Kita dapat mencakup seluruh kota dengan kereta api umum yang berjalan hingga 11 baris, bus, minibus, trem, feri dan taksi sehingga sangat efisien dan berkeliling kota dengan mudah.

Sistem transportasi publik di kota ini setidaknya telah menyerap semua hal yang dibutuhkan oleh kepadatan metropolitan. Sistem transportasi Hongkong yang disebut dengan Mass Transit Railway telah membantu mengurangi macet. Sistem pembayaran alat transportasi ini menggunakan kartu pintar yang disebut dengan Octopus Card. Hongkong juga termasuk salah satu kota dengan rasio penggunaan transportasi publik tertinggi sedunia, yaitu 90%. Sementara kartu pintar juga bisa digunakan untuk membayar parkir, supermarket, minimarket dan restoran cepat saji.

Sistem transportasi adalah “kunci” dari semua aktivitas transportasi publik agar berkualitas. Alat transportasi di setiap kota itu sangat perlu dan sangat dibutuhkan masyarakat guna untuk mempelancar perjalanan dan tujuan seseorang yang akan dituju. Semoga saja di Indonesia segera memiliki alat transportasi seperti yang di atas agar tidak ada lagi kemacetan.

Check Also

Gokil, Hari Libur Paling Aneh Di Dunia

Ngomongin masalah hari libur, di Indonesia sendiri hari libur itu kalau gak hari minggu ya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *