Home / general / Bisakah Obat Kumur Mengobati Sariwan? Yuk, Cari Tahu

Bisakah Obat Kumur Mengobati Sariwan? Yuk, Cari Tahu

Semua orang pasti pernah mengalami sariawan, itu hal yang sangat menyebalkan bukan? Sakit, perih sampai susah makan terjadi kalau sariawan udah datang. Terkadang bingung juga mencari obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan sariawan tersebut. Katanya sih obat kumur bisa menyembuhkan sariawan, kira-kira bener gak ya? Yuk, kita cari tau jawabannya.

Apa Sih Sariawan?

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan stomatitis merupakan radang yang terjadi pada mukosa (pipi bagian dalam) mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Sariawan dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi serta langit-langit dalam rongga mulut. Sariawan ini tidak dapat menular dan kondisi ini bisa menyerang segala usia dan biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menurun, mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki kondisi kesehatan yang khusus.

Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan adalah jamur Candida albicans. Jamur ini biasanya memang berada di dalam mulut, tapi dalam jumlah kecil. Peningkatan jumlah Candida albicans yang signifikan mengakibatkan sariawan. Beberapa faktor pemicunya adalah:

  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik.
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik atau kortikosteroid.
  • Penggunaan gigi palsu.
  • Menjalani kemoterapi atau radioterapi untuk mengatasi kanker.
  • Merokok.
  • Kadang perubahan hormonal seperti menstruasi juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Benarkah Obat Kumur Bisa Menjadi Obat Sariawan?

Hal ini memang tidak salah. Tetapi, tidak semua obat kumur bisa dijadikan sebagai obat sariawan. Obat kumur bisa mengobati sariawan ringan pada mulut dan bakteri di tenggorokan kamu. Sariawan ringan yang dimaksud contohnya disebabkan oleh goresan makanan yang teksturnya keras ataupun bakteri.

Di dalam obat kumur terdapat kandungan zat antiseptik yang membunuh bakteri penyebab sariawan, sehingga mempercepat penyembuhan dengan cara yang mirip seperti krim antibiotik untuk mengurangi luka di kulit. Peneliti di University of Pennsylvania mengatakan, sampai saat ini belum ada obat kumur yang mampu menjadi obat sariawan secara ampuh. Namun setidaknya, ada 5 bahan dalam obat kumur yang bisa mengatasi sariawan tingkat ringan:

  • Zat antibiotik, fungsinya untuk membunuh bakteri di sekitar luka.
  • Zat antihistamin atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut.
  • Zat antijamur untuk mengurangi pertumbuhan jamur dalam mulut.
  • Zat kortikosteroid untuk mengobati peradangan sariawan.
  • Zat antasida yang membantu memastikan bahan lainnya cukup melapisi bagian dalam mulut kamu.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat kumur:

  • Kebanyakan sariawan akan sembuh selama satu minggu. Namun, segera temui dokter jika sariawan kamu tidak sembuh juga setelah 2 minggu atau bentuk sariawan semakin besar atau meluas. Dokter juga akan mendiagnosis kamu untuk menentukan apa ada masalah medis yang memicu munculnya sariawan.
  • Ketika kamu menggunakan obat kumur, jangan minum langsung dari leher botol obat kumur. Dikhawatirkan bakteri lain akan berpindah dari botol ke dalam tubuh, sehingga dapat memicu timbulnya peradangan baru di dalam mulut atau tenggorokan.
  • Jangan menggunakan obat kumur dengan takaran lebih dari 15 ml. Hindari pemakaian obat kumur untuk sariawan pada anak berusia 12 tahun ke bawah.
  • Saat mengalami sariawan, hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate. Karena zat tersebut bisa yang bisa memperparah luka pada sariawan.

Cara Mengatasi Sariawan

Meskipun terasa sakit dan perih, akan tetapi sariawan tidak membahayakan dan seiring berjalannya waktu dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sariawan yang menyakitkan adalah seperti di bawah ini:

Larutan garam

Berkumur-kumur dengan campuran air garam selama kurang lebih 30 menit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan kamu. Selain itu, larutan garam juga diyakini memiliki kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dapat mencegah sariawan berkembang semakin parah. Tak perlu banyak, satu setengah sendok teh cukup untuk membuat larutan ini.

Kelapa

Kelapa diyakini bisa mengurangi rasa sakit serta mencegah peradangan memburuk. Mengolesi sariawan kamu dengan campuran madu dan susu kelapa atau dengan minyak kelapa sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari dapat kamu coba lakukan untuk mengatasi sariawan ini. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Kantung teh bekas

Menempelkan kantung teh bekas selama kira-kira lima menit pada sariawan diyakini mampu membantu mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan. Ini karena teh merupakan suatu zat basa yang dapat menetralisir keberadaan asam yang mampu memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.

Madu

Mengoleskan madu di atas sariawan kamu akan mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Saudi Arabia University terhadap 94 partisipan yang menemukan, bahwa terdapat penurunan rasa sakit yang timbul serta sariawan yang muncul setelah partisipan mengoleskan madu di atas sariawan mereka selama empat hari. Hal ini diyakini terjadi karena adanya kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dimiliki oleh madu.

Menghindari makanan asam

Makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan permukaan suatu jaringan tubuh. Sehingga membatasi konsumsi makanan asam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah perkembangan kondisi sariawan tersebut. Sebagian besar sayuran, susu, air kelapa dan teh memiliki derajat keasaman yang rendah sehingga aman untuk sariawan.

Sariawan dapat dicegah kok, cukup menjaga kebersihan mulut dan rajin memeriksa kondisi mulut serta sering mengkonsumsi makanan yang memiliki vitamin C. Nah semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan kamu bertambah ya.

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …