Home / general / Luar Biasa! Danau Biru Yang Indah Ini Ada Di Kalimantan Selatan

Luar Biasa! Danau Biru Yang Indah Ini Ada Di Kalimantan Selatan

Ada yang pernah dengar danau biru? Ya mungkin sebagian besar masih banyak yang belum mengetahui dimana keberadaan danau biru tersebut. Buat kamu yang penasaran dan ingin tau tentang danau biru, silahkan baca artikel ini. Yang pasti danau biru ini ada di Indonesia lho.

Apa yang kamu pikirkan kalau mendengar kota Kalimantan? Hmmm mendengar Kalimantan, pasti kamu membayangkan akan belantara dengan jajaran pepohonan hampir tak bercelah serta biota laut endemik di wilayah perairan Derawan yang seketika muncul di benak sebagian besar orang. Namun, pesona tanah Borneo ternyata tidak sampai disitu saja.

Indonesia memang negara yang unik. Sebuah tempat yang dulunya bekas tambang, berubah menjadi danau yang airnya biru. Danau biru merupakan tempat wisata yang berada di Kalimantan Selatan. Tempat wisata ini bernama Danau Biru Pengaron yang berada di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel. Desa ini bejarak sekitar 100 km dari Kota Banjarmasin.

images (2)

Danau Biru perlahan menyeruak jadi primadona baru di pulau yang terkenal sebagai rumah bagi orang hutan tersebut. Pasalnya, wilayah yang awalnya tersohor akan pemandangan air keruh dengan dominasi warna cokelat ini tiba-tiba punya sisi lain untuk dicicip eksotismenya.

Pesonanya memang asyik untuk dinikmati. Air danaunya yang biru jernih dan bersih, menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal. Selama ini, air di Kalsel lebih berwarna cokelat dan keruh. Namun air danau ini malah berbeda warnanya. Danau ini tercipta tidak secara alami, namun bekas galian atau tambang pasir yang sudah tidak dipakai lagi. Kemudian airnya terisi secara alami, dikelilingi hutan yang masih alami dan malah menciptakan panorama alam yang menawan. Sepintas memang kawasan Danau Biru itu biasa saja. Lokasinya gersang dan tak ada pepohonan sebagai tempat berteduh. Di sekitarnya hanya ditumbuhi tumbuhan liar. Selain itu, juga ada gundukan tanah yang cukup tinggi di sekitarnya.

Hasil gambar untuk danau biru kalsel

Selama ini, tempat wisata ini dikelola secara pribadi oleh warga setempat. Luasnya tak seberapa, namun uniknya ada pasir putih yang membuat warna airnya jadi biru jernih. Bahkan warna airnya seperti terbagi dua, yaitu biru muda di pinggirnya yang tak begitu dalam dan biru tua jernih di bagian tengahnya yang lebih dalam.

images (3)

Suasananya sangat tenang. Di sekelilingnya ada hutan. Di sini pengunjung bisa berenang dengan aman karena kedalamannya hanya berkisar 1-4 meter. Apalagi jika cuaca cerah, tentu akan tambah asyik bersantai di sini. Di sekitar sini tak banyak penjual makanan. Hanya ada penjual pentol bakso serta kudapan ringan dan minuman seperti air mineral dengan kisaran harga jual di bawah Rp 10.000.

Di tempat ini kamu bakal disuguhi pemandangan alam liar dan pedesaan khas Kalimantan Selatan. Di sepanjang perjalanan kamu akan melihat pedesaan dan hamparan sawah yang hijau serta kehidupan tradisional warga pedesaan. Ada yang sedang bertani, memancing, anak-anak yang bebas bermain di alam dan sebagainya. Tempatnya cukup jauh karena di pedalaman Kalsel. Namun buat kamu suka berpetualang di alam liar, cocok deh melepas penat di sini.

Untuk memasuki area ini, kamu cukup membayar parkir Rp 3.000 jika menggunakan sepeda motor dan sukarela jika kamu bermobil. Pengunjung kemari biasanya anak-anak muda atau pasangan muda. Selain bersantai menikmati makanan dan minuman. Suasana yang unik di danau dan sekitarnya memberikan pengalaman wisata yang lain daripada biasanya bagi para pengunjung. Selain menikmati indahnya pancaran air yang biru, mengambil foto dengan latar danau ini menjadi suatu yang tidak boleh dilewatkan.

download (5)

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan Ir Hap Baperdo MM, menjelaskan penyebab air berwarna hijau dan sedikit kebiruan itu mengindikasikan kelimpahan keragaman plankton di perairan danau biru itu cukup tinggi. Berdasarkan uji kualitas air yang mereka lakukan, jelas Hap dari 18 parameter yang dianalisa oleh Laboratorium BLH, terdapat empat parameter yang melebihi ambang batas baku mutu.

Seperti PH atau derajat keasaman, Biological Oxygen Demand (BOD), Amonia bebas (NH-N) dan Total Suspended Solids (TSS). “Ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti mual, diare, bahkan berpotensi membawa parasit apabila masuk ke dalam tubuh,”jelasnya.

“Untuk itu kita ingatkan kepada seluruh masyarakat yang datang rekreasi ke tempat itu, untuk tidak menjadikan danau biru itu sebagai tempat mandi, kebutuhan air minum maupun tempat pencucian. Kalau hanya sekadar untuk datang selfie silakan saja, tidak masalah,”ucapnya.

Karena airnya yang berwarna biru tersebutlah yang menjadikan daya tarik untuk datang ke tempat itu. Sehingga danau biru pun saat ini sudah dikenal cukup luas oleh masyarakat. Apalagi kalau hari libur, akan banyak sekali yang berkunjung ke danau biru ini. Nah, kamu kapan nih berkunjung ke danau biru?

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …