Home / general / Mana Yang Lebih Baik Untuk Kesehatan, Air Hangat Atau Es?

Mana Yang Lebih Baik Untuk Kesehatan, Air Hangat Atau Es?

Air memiliki begitu banyak manfaat untuk hidup kita, wah gak kebayang deh kalau di dunia ini gak ada air. Tapi kali ini yang akan kita bahas adalah mana sih yang lebih baik, minum air hangat atau minum air es? Ada yang mengatakan bahwa konsumsi air es lebih menyehatkan, sementara sebaliknya banyak juga pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air hangat karena mereka meyakini bahwa air hangat lebih menyehatkan bagi tubuh. Daripada bingung, yuk kita simak sama-sama:

Air Minum Yang Wajib Dikonsumsi Setiap Orang

Kita disarankan untuk mengonsumsi cukup air putih yaitu kurang lebih 8 gelas per hari. Anjuran tersebut mengindikasikan bahwa agar tubuh tetap sehat, maka kebutuhan air yang diperlukan manusia per hari adalah kurang lebih 8 gelas. Meskipun demikian, kebutuhan air minum tersebut juga dapat berbeda-beda untuk tiap orang tergantung pada usia, jenis kelamin, cuaca maupun jenis aktivitas yang dilakukan. Bila kamu sering merasa haus, mudah lelah dan urin berwarna kuning, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih.

Perlu diingat bahwa anjuran minum air putih 8 gelas perhari itu bukan berarti kita boleh langsung mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak sekaligus. Minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus (dalam satu waktu) dapat menimbulkan efek yang merugikan dan berbahaya bagi tubuh, yaitu membuat volume darah semakin kental yang pada akhirnya akan semakin membebani kerja jantung dan ginjal. Oleh karena itu, selain memperhatikan jumlah kebutuhannya per hari, perhatikan pula cara atau aturan minumnya, yaitu jangan sekaligus. Misalnya minum 1-2 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sesudah makan pagi (sarapan), 1 gelas sebelum makan siang, 1 gelas setelah makan siang, 1 gelas di sore hari sebelum makan malam, 1 gelas setelah makan malam dan 1 gelas sebelum tidur.

Manfaat Minum Air Hangat

Untuk membuat tubuh agar selalu sehat, minum air mineral sangatlah diperlukan. Ada orang yang suka sekali minum air es karena terasa menyegarkan, sementara di sisi lain ada yang suka minum air hangat karena terasa lebih nyaman di perut. Di bawah ini adalah manfaat dari minum air hangat:

1. Mampu menurunkan berat badan

Air hangat atau panas dapat membantu untuk menjaga metabolisme tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan. Air hangat akan lebih baik lagi manfaatnya jika di campur dengan perasan air lemon di pagi hari, maka sistem metabolisme lebih lancar dan sehat.

2. Mengurangi rasa sakit kram perut karena menstruasi

Jika para wanita mengalami kram perut ketika menstruasi, tak perlu mengonsumsi obat-obatan. Cobalah untuk minum satu gelas air hangat maka rasa sakit kram perut akan reda dengan sendirinya.

3. Mengeluarkan racun dari tubuh

Ketika minum air hangat atau panas, suhu tubuh meningkat dan ketika itulah racun-racun keluar dari tubuh. Makanya jika kamu ingin terhindar dari racun-racun ada baiknya untuk meminum air hangat setiap harinya.

4. Mencegah penuaan dini dan jerawat

Air hangat dapat memperbaiki sel-sel kulit sehingga akan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini tentu saja akan membuat kulit tetap halus dan tidak cepat tua. Selain itu minum air hangat juga bisa mencegah timbulnya jerawat, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, yaitu manfaat air hangat bisa mengeluarkan racun atau detoksifikasi maka jerawat tidak akan mudah muncul.

5. Membuat Rambut lebih sehat

Jika kamu mendambakan memiliki rambut yang halus dan bercahaya, cobalah untuk minum air hangat setiap harinya. Air hangat akan membuat akar-akar rambut aktif dan mengembalikan vitalitas alami rambut. Selain itu air hangat dapat membantu pertumbuhan rambut serta mencegah ketombe.

6. Memperlancar sirkulasi darah

Air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga sistem syaraf kamu tetap sehat. Dengan begitu kamu akan lebih bersemangat dan tidak mudah sakit.

7. Memperlancar BAB

Jika kamu memiliki masalah BAB yang tidak lancar, cobalah untuk minum segelas air hangat setiap paginya. Dengan begini sisa-sisa makanan akan lebih mudah keluar dan BAB akan menjadi lebih lancar.

Manfaat Minum Air Es

Tidak hanya air hangat saja yang bermanfaat untuk tubuh, tetapi juga air es. Setelah mengetahui manfaat dan khasiat minum air hangat, mari kita lihat bagaimana manfaat minum air es bagi tubuh.

1. Menghidrasi tubuh seusai olahraga

Ini adalah fakta yang perlu diketahui bahwa selama kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Untuk menurunkan suhu tubuh pasca olahraga, kamu sangat dianjurkan untuk minum air dingin. Air dingin akan membantu tubuh kamu untuk menurunkan suhu inti tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh mereka sebanyak 50% dibandingkan dengan kelompok yang minum air dengan suhu kamar.

2. Menurunkan demam

Minum air es ketika kamu mengalami demam merupakan salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh. Sangatlah penting untuk menjaga tubuh terhidrasi penuh saat demam, karena tubuh kamu sedang bekerja keras untuk melawan segala faktor yang menyebabkan demam. Saat kamu kepanasan, minum air es dapat menjadi bantuan yang tepat. Kamu juga bisa menambahkan beberapa perasan lemon segar dan garam untuk membantu mengisi elektrolit yang hilang.

3. Melawan heat stroke

Dr. Neha Sanwalka, seorang ahli gizi dan diet mengatakan bahwa minum air es selama cuaca panas akan lebih cepat diserap dibandingkan dengan air hangat. Ketika kamu kembali ke rumah dari cuaca yang sangat panas atau ketika kamu mengalami heat stroke, kamu wajib minum air es.

Mana Baik Untuk Kesehatan?

Pengobatan tradisional China dan Ayurveda tidak menyarankan minum air es, karena air es dapat menyebabkan kontraksi otot. Di sisi lain, minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus melindungi organ-organ internal dari kerusakan. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum air hangat. Namun pada hari yang panas, kamu dapat minum air dingin untuk menurunkan suhu tubuh.

Air hangat dan air dingin memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing. Apapun pilihan kamu, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi tubuh, karena setiap orang memiliki respon tubuh yang berbeda-beda. Hal terpenting yang perlu selalu diingat adalah menjaga pasokan air bagi tubuh per hari agar tubuh selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan menambah pengetahuan kamu.

Check Also

Latar Belakang Perang Dunia II Serta Misteri Yang Belum Terpecahkan

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang terjadi …