Home / general / Aneh, Hal Ini Bisa Terjadi Selagi Tidur

Aneh, Hal Ini Bisa Terjadi Selagi Tidur

Hallo teman yang baik hati dan tidak sombong hehehe, apa kabarnya nih? Baik dong ya. Kali ini yang akan kita bahas adalah sesuatu yang berhubungan dengan tidur. Tidur adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan manusia, sekaligus kegiatan yang diperlukan oleh manusia. Bagi banyak orang, tidur bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mereka bisa tidur dengan tenang dan nyenyak hingga keesokan harinya.

Ya, mungkin menurut kamu, tidur adalah hal yang paling damai tapi nyatanya gak lho. Ternyata selagi kita tidur, ada banyak hal aneh yang dapat terjadi ke diri kita dan beberapa dari kamu tidak dapat pungkiri pasti pernah mengalami beberapa kejadian aneh ini. Mulai dari kejadian yang aneh, lucu bahkan berbahaya. Berikut ini adalah hal aneh yang terjadi saat tidur:

1. Tak Bisa Bergerak Saat Bangun

Pernah merasa tak bisa bergerak ketika membuka mata atau bangun, baik di malam atau pagi hari? Hal ini biasanya disebut “sleep paralysis”. Bayangkan betapa menakutkannya ketika kamu terbangun dan membuka mata, namun tubuh kamu tak bisa digerakkan dan kamu tak bisa bicara selama beberapa detik sampai beberapa menit.

Banyak yang percaya fenomena ini berkaitan dengan hal-hal mistis seperti sedang diduduki hantu atau yang lainnya. Padahal menurut Dr. Winter, hal ini sebenarnya tak berkaitan dengan mistis sama sekali. Fenomena ini terjadi ketika semua otot tubuh, termasuk otot yang berkaitan dengan fungsi pernapasan belum sepenuhnya aktif dan masih tertidur sementara kesadaran seseorang sudah bangun.

2. Merasa Ingin Jatuh

Kamu mungkin pernah mengalami perasaan semacam ini ketika kamu baru saja terlelap dan belum benar-benar tidur, lalu tiba-tiba saja kamu merasa seperti terjatuh ke dalam lubang atau terpeleset hingga tubuh kamu tersentak bangun. Pengalaman semacam ini disebut sebagai “hypnagogic jerk”.

Menurut pakar tidur bernama W Christopher Winter, belum jelas mengapa hal yang dirasakan adalah sensasi terjatuh. “Biasanya, ini terjadi saat kita sangat capek, kurang tidur atau stres. Otak kita akan masuk siklus tidur secara agresif, tetapi tubuh tidak bisa mengejar,” katanya.

3. Ngorok

Suara mendengkur ini terjadi karena adanya getaran pada jaringan-jaringan pernapasan kita. Ada banyak alasan mengapa ngorok dapat terjadi seperti alkohol, medikasi, posisi tidur hingga pertanda adanya kondisi medis, namun suara ngorok paling keras dapat terjadi karena penyempitan tenggorokkan.

Selagi tidur, otot-otot kita terelaksasi, pernapasan kita berubah dan anehnya tenggorokkan kita menyempit yang pada kebanyakan kasus mengarah ke arah yang sering kita kenal sebagai mengorok. Dalam kasus terburuk, penyempitan tenggorokkan membuat seseorang seakan-akan berhenti bernafas baru kemudian mereka mengorok dengan begitu keras.

4. Mengigau

Sekitar 5 persen orang dewasa mengoceh saat mereka tidur. Biasanya, hal ini terjadi pada satu atau dua jam pertama setelah tidur saat ketika tubuh masuk ke tahap tidur secara mendalam, tetapi masih bisa menggerakkan otot untuk memproduksi suara. Sama halnya seperti mimpi, apa yang menyebabkan seseorang berbicara selagi tidur dan apa yang menentukan pembicaraan mereka belum diketahui hingga sekarang. Sejauh ini yang dapat disimpulkan hanyalah salah satu akibat dari stres, depresi atau penyakit.

5. Tidur Berjalan

Kamu pasti sering melihat fenomena orang berjalan sambil tidur. Dalam televisi, terkadang fenomena ini dijadikan bahan lelucon. Padahal sesungguhnya berjalan dalam tidur juga bisa membahayakan. Ketika seseorang tak menyadari apa yang ada di depannya, dia bisa terkena bahaya apapun. Mulai dari jatuh, keluar rumah atau bahkan tertabrak.

Menurut Dr Winter, berjalan sambil tidur terjadi karena tubuh telah terbangun namun otak belum sepenuhnya terbangun. Ini menyebabkan seseorang berjalan saat tidur dengan kesadaran yang hampir tak ada. Hal ini juga yang membuat seseorang yang berjalan sambil tidur tidak mengingat apapun ketika dia berjalan sambil tidur.

Uniknya, orang yang mengalami hal ini bisa melakukan apapun yang mereka mau. Beberapa kasus yang pernah terjadi adalah orang yang tak hanya berjalan sambil tidur, melainkan juga memasak sambil tidur atau mengendarai mobil sambil tidur. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan cara mengatasinya.

6. Menggertakkan Gigi

Dikenal dengan istilah medis Bruxism, sebuah perilaku tidur dimana kamu menggeser-geserkan gigi kamu atau menggertakkan gigi. Dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk di dalamnya adalah stres, gigi yang tidak teratur dan juga memang kebiasaan tidur. Mereka yang menderita hal ini biasanya bangun dengan keadaan nyeri di mulut ataupun dalam kasus yang lebih parah yaitu kerusakan gigi. Salah satu tips mengurangi kondisi seperti ini adalah mengurangi perasaan stres. Anehnya adalah walaupun beberapa orang sering mengalami hal seperti ini dan yang lainnya sama sekali tidak pernah mengalami hal ini dan peneliti tidak tahu secara pasti apa yang menyebabkan perbedaan tersebut.

Itulah beberapa hal aneh yang terjadi pada saat tidur, apa kamu pernah mengalami salah satunya? Hal yang paling sering dirasakan semua orang mungkin yang merasa ingin jatuh ya. Tidur seharusnya menjadi waktu yang nikmat dan proses relaksasi. Namun dengan adanya hal aneh tersebut, tidur kita menjadi tidak tenang dan tentunya tidak nyenyak.

Check Also

Selain Cantik Dan Seksi, Yeon Woo Jhi Juga Memiliki Tubuh Yang Kekar

Memiliki wajah cantik dan body yang bagus adalah impian semua wanita. Tentunya kamu juga menginginkannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *