Home / healthy / Mengenal Lebih Dalam Angin Duduk Yang Merenggut Nyawa

Mengenal Lebih Dalam Angin Duduk Yang Merenggut Nyawa

Kalau hanya Masuk Angin biasa saja mungkin setiap manusia akan mengalami dan merasakannya. Dengan cara tradisional (Kusuk) saja bahkan sudah bisa mengatasinya. Masuk Angin adalah hal yang biasa dan sangat lazim sekali jika setiap manusia terkena masuk angin. Namun, bagaimana jika Angin Duduk yang menyerang anda. Tentu hal semacam ini sangatlah membahayakan nyawa si penderita.

Apakah yang anda ketahui tentang Angin Duduk? Apakah anda sudah mengetahui penyebab penyakit semacam ini? Atau anda belum mengetahui bagaimana caranya mengatasi Angin Duduk? Angin Duduk sangatlah berbahaya sekali bagi kesehatan, bahkan bisa merenggut nyawa seseorang. Sudah banyak juga Mitos yang telah beredar di Indonesia, kalau orang yang sedang Kerokan maka bisa terkena Angin Duduk dan menyebabkan kematian. Hal semacam ini hanyalah Mitos yang telah beredar pada masyarakat.

Nah, sudut pandang seperti itu harus saya ubah dengan rangkuman yang telah saya siapkan untuk memberikan info fakta tentang angin duduk, penyebabnya serta cara mengatasi angin duduk. Biar tidak terlalu menyebar luas mitos yang menyatakan bahwa kerokan yang menyebabkan angin duduk itu terjadi. Mungkin sudah terlalu sering kasus penyakit ini memang banyak merenggut nyawa seseorang, jika sudah terserang Angin Duduk.

Angin Duduk bukan berarti anginnya sedang duduk santai, bukan ya guys. Penyakit ini yang disebut Angin Duduk atau dalam bahasa medis disebut dengan Angina adalah nyeri pada dada yang disebabkan karena otot jantung tidak menerima cukup oksigen dari aliran darah anda, kemudian merasa dada anda seperti ditekan atau diremas. Rasa nyeri ini timbul bukan hanya di dada, tetapi juga di bahu, lengan, leher atau punggung. Tidak hanya itu saja yang dialami oleh penderita angin duduk. Selain gejala tersebut, gejala angin duduk lainnya adalah:

  • Sesak napas.
  • Tubuh terasa lelah.
  • Mual.
  • Pusing.
  • Gelisah.
  • Mengeluarkan keringat berlebihan.

Yang juga perlu anda ketahui adalah angin duduk bukanlah merupakan sebuah penyakit. Ini merupakan sebuah gejala dari penyakit yang berkaitan dengan jantung. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan angina berdasarkan jenisnya, yaitu:

Penyebab Angin Duduk

Jantung yang pada umumnya sangat membutuhkan asupan darah yang kaya akan oksigen secara cukup. Darah untuk organ ini akan dialirkan melalui dua pembuluh besar yang disebut sebagai pembuluh koroner. Angin duduk terjadi ketika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan. Berdasarkan hal-hal yang dapat memicu penyempitan pembuluh koroner, angin duduk dibagi menjadi empat jenis, yaitu :

1. Angina stabil (angina pektoris)

  • Angina jenis ini disebabkan oleh penyakit jantung koroner (PJK). PJK dapat terjadi jika plak terbentuk di dinding pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menyempit dan mengakibatkan tersumbatnya aliran darah ke jantung. Hal ini kemudian menyebabkan pasokan oksigen ke jantung terganggu.
  • Angina stabil dapat terjadi saat otot jantung membutuhkan lebih banyak darah, seperti saat beraktivitas fisik, stres emosional, pada suhu sangat panas atau sangat dingin, makan berlebihan, dan merokok.

2. Angina tidak stabil

  • Atau, kadang disebut sindrom koroner akut disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung karena terbentuknya plak pada pembuluh darah. Plak ini bisa pecah dan menyebabkan luka pada pembuluh darah, sehingga darah bisa menggumpal dan menghambat aliran darah. Angina jenis ini biasa terjadi saat anda beristirahat, sedang tidur atau sedikit beraktivitas, dan datang secara tiba-tiba.

3. Angina varian (angina Prinzmetal) 

  • Angina jenis ini terjadi ketika arteri koroner yang memasok darah dan oksigen ke jantung anda mengalami penyempitan sementara karena spasme. Angina jenis ini dapat terjadi kapan saja, termasuk saat anda beristirahat, biasanya saat tengah malam atau dini hari.

4. Angina mikrovaskular 

  • Angina jenis ini juga disebabkan oleh penyakit Mikrovaskuler Koroner. Ini merupakan penyakit jantung yang memengaruhi pembuluh darah arteri koroner terkecil di hati dan lebih cenderung terjadi pada wanita dibandingkan pria. Penyakit Mikrovaskuler koroner juga disebut sindroma jantung X dan PJK non-obstruktif.

Meskipun tidak semua nyeri dada berhubungan dengan penyakit jantung, anda tetap harus waspada. Temui dokter jika tiba-tiba anda merasakan nyeri pada dada, namun belum pernah terdiagnosis menderita masalah apa pun pada jantung. Walau tidak semua nyeri dada disebabkan oleh gangguan pada jantung, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang paling aman.

Angina biasanya disebabkan oleh penyakit jantung. Suatu substansi berlemak, yang disebut plak, menumpuk di pembuluh arteri sehingga menghambat aliran darah menuju jantung. Hal ini memaksa jantung untuk bekerja tanpa asupan oksigen yang memadai. Inilah penyebab rasa nyeri angina. Mungkin juga terbentuk gumpalan darah di arteri jantung yang memicu serangan jantung. Penyebab-penyebab angina yang lainnya ialah:

  • Sumbatan pada pembuluh arteri utama dari paru-paru
  • Pembesaran atau penebalan pada jantung
  • Penyempitan katup di bagian utama jantung
  • Pembengkakan kantung di sekeliling jantung
  • Adanya robekan di dinding aorta, yakni pembuluh arteri terbesar dalam tubuh anda

Pengobatan Angin Duduk

Sudah banyak orang yang mengenal minuman herbal ini. Herbal yang berasal dari buah noni ini memang memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan salah satunya dapat mengobati angin duduk secara tradisional. Noni juice adalah produk herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan secara alami yang pastinya tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya.

Dengan melalui pengobatan tradisional seperti ini diharap anda dapat memperoleh kesembuhan secara total bahkan penyakit lain yang dapat diatasi dengan ramuan buah noni ini juga dapat anda cegah. Noni juice yang terbuat dari 100% ramuan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya sangat cocok dikonsumsi oleh semua umur dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai unsur senyawa terkandung pada herbal tradisional ini seperti antioksidan dan anti inflamasi.

Antioksidan akan menghindarkan anda dari radikal bebas yang sewaktu-waktu dapat menyerang jantung dan menyebabkan Penyakit Kanker. Dengan mengkonsumsi Noni juice secara rutin maka akan membantu tubuh untuk menangkal kerusakan pada sel kanker dan dan beberapa penyakit berbahaya lainnya termasuk penyakit jantung. Herbal Noni juice mengandung sejenis fitonutrien, yakni skopoletin yang berguna dalam melenturkan dan melebarkan saluran pembuluh darah yang menyempit dan tersumbat.

Setelah pembuluh darah sudah lentur, tekanan darah bakal kembali normal sehingga jantung tidak perlu bekerja berat untuk memompa darah. Karena alasan itulah banyak orang yang merasakan bahwa gejala-gejala penyakit jantungnya berkurang atau bahkan menghilang setelah meminum Noni juice. Noni juice memang sanggup mengatasi masalah pada pembuluh darah, sehingga cocok dijadikan herbal untuk mengobati penyakit angin duduk secara alami.

Anda bisa mencegah angin duduk dengan cara mencegah penyakit jantung dan jika anda sudah mengidap penyakit jantung, anda masih bisa melakukan hal-hal yang bisa membantu menunda penyempitan pembuluh darah. Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah:

  • Mengontrol tekanan darah
  • Mengurangi atau membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi
  • Ubah kebiasaan makan anda menjadi kebiasaan makan sehat, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang
  • Aktif secara fisik
  • Mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat. Jika anda kelebihan berat badan, sebaiknya lakukan penurunan berat badan dengan cara sehat.
  • Mengontrol kadar gula darah, jika anda mempunyai diabetes
  • Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol

Nah, setelah anda sudah mengetahui Gejala, penyebab Angin Duduk dan Pengobatannya secara alami mungkin bisa memberikan satu manfaat tersendiri untu anda sendiri. Setidaknya anda bisa mencegahnya dengan membaca artikel ini dan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Akhir kata saya ucapkan banyak Terimakasih atas perhatiannya.

Check Also

Jenis, Cara Menghindari dan Mengobati Infeksi Jamur Kulit

Apakah anda sedang mengalami penyakit Infeksi kulit Jamur? Memang sih, penyakit ini tidak akan merenggut nyawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *