Home / healthy / Suka Malu Pipis Di Tempat Umum? Bisa Jadi Kamu Mengalami Pee Shy

Suka Malu Pipis Di Tempat Umum? Bisa Jadi Kamu Mengalami Pee Shy

Terkadang kita kalau sedang jalan-jalan ke mall, taman atau tempat umum lainnya pasti malu atau malas banget tuh ke toilet yang ada di tempat tersebut dan pada akhirnya kamu menahan buang air kecil maupun besar. Hal seperti ini disebut Pee Shy atau shy bladder syndrome, taukah kamu apa itu Pee Shy? Di artikel ini akan dibahas penjelasan apa itu Pee Shy, yuk simak sama-sama.

Apa Itu Pee Shy?

Beberapa orang tertentu akan mengalami rasa sangat takut untuk menggunakan kamar mandi umum yang dikenal dengan istilah pee shy atau shy bladder syndrome. Ketakutan yang aneh ini membuat penderitanya sulit beraktivitas di luar rumah. Penderita sindrom ini biasanya akan berusaha sekuat tenaga untuk menahan diri dari buang air kecil atau besar saat berada di tempat kerja, sekolah atau saat menjalani aktivitasnya. Sekilas, mungkin kamu menganggap jika ketakutan ini mungkin agak terdengar lucu, tidak masuk akal atau hanya sesuatu hal yang bodoh. Tapi sindrom ini lebih dari sekedar itu, seseorang yang mengalaminya harus mendapatkan pertolongan agar terbebas dari rasa takut ini.

Gangguan ini akan membuat hidup dan aktivitasnya menjadi terbatas seperti harus mencari pekerjaan yang dekat dengan rumahnya, tidak bisa pergi jauh atau menggunakan pesawat, sering dianggap sebagai kelakuan yang aneh serta tidak peduli seberapa besar usahanya untuk menahan buang air kecil yang bisa membuatnya tidak nyaman dan menyakitkan.

Pada dasarnya pee shy ini adalah suatu gangguan kecemasan. Karena adanya kecemasan yang terus menerus ditambah dengan rasa malu, maka seseorang akan mengencangkan otot sfingter urin yang akan menjaga ketat agar urin tidak keluar. Keharusan bagi otot sfingter untuk menekan ini dilakukan di bawah alam sadar dan bukan suatu pilihan.

Bila kelainan yang dimiliki masih tergolong ringan, maka kemungkinan masih bisa buang air kecil di tempat umum meskipun timbul rasa tidak nyaman. Akan tetapi bila sangat parah, tentu akan benar-benar mengubah dan membatasi aktivitas dan kehidupannya. Bahkan bisa sampai menyebabkan kondisi medis tertentu akibat terlalu sering menahan buang air kecil.

Faktor Penyebab Pee Shy

Fobia ini bukan suatu masalah medis yang berkaitan dengan sistem saluran kencing kamu. Sebaliknya, fobia ini muncul akibat rasa gugup untuk buang air kecil saat kamu berada di sekitar banyak orang. Hingga kini belum dapat diketahui dengan pasti apa penyebab dari pee shy atau shy bladder syndrome. Laki-laki dan perempuan diketahui memiliki jumlah yang sama dalam hal gangguan ini. Jika gangguan ini berlangsung terus menerus, maka sangat mungkin menimbulkan penyakit pada organ yang berhubungan langsung dengan proses pengeluaran urin seperti ginjal, uretra atau kandung kemih. Namun, ada beberapa penyebab yang bisa jadi faktor pemicu seseorang mengalami pee shy, diantaranya:

  • Trauma akibat pelecehan seksual yang terjadi di toilet umum
  • Pengalaman bullying yang terjadi di toilet umum saat seseorang membentak, memukul atau mengolok-olok kamu
  • Emosi yang meluap-luap seperti perasaan cemas, marah, takut, gugup yang berlebihan sehingga menyebabkan tekanan yang membuat kamu kesulitan untuk buang air kecil
  • Toilet umum memang tidak menarwarkan privasi karena sarana ini memang disediakan untuk banyak orang.
  • Terlebih apabila di toilet pria yang biasanya hanya dibatasi oleh sekat-sekat dan tidak memiliki pintu atau dinding seperti yang ditemukan di toilet wanita. Nah bagi sebagian orang, tidak adanya privasi di dalam toilet ini membuat seseorang merasa malu untuk buang air kecil di toilet umum.

Semua orang pasti akan buang air setiap hari. Meski begitu, tak banyak orang yang tahu tentang fakta-fakta unik dari urin. Berikut ini adalah fakta uniknya tentang urin:

  • Tubuh manusia memproduksi sekitar 2-2,5 liter urin per hari. Bahkan jika kamu tidak minum air lebih dari 2 liter kamu tetap memproduksi urin sebanyak jumlah tersebut.
  • Kencing adalah salah satu cara terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh kamu. Kencing secara teratur dapat membersihkan tubuh dari racun, limbah dan mikroba.
  • Pee shy atau yang memiliki nama ilmiah paruresis adalah gangguan kecemasan dimana kamu tidak dapat buang air di toilet umum. Kamu baru bisa kencing hanya di toilet rumahmu.
  • Gangguan kencing lainnya yang cukup unik adalah micturition syncope dimana seseorang dapat pingsan setelah buang air. Penyebab tepatnya hingga saat ini masih belum jelas. Namun beberapa peneliti mengaitkannya dengan penurunan tekanan darah saat buang air kecil.
  • Kencing yang terlalu sering, bahkan lebih dari sekali dalam 1 jam bisa menjadi tanda dari gangguan penyakit tertentu seperti diabetes, kandung kemih yang terlalu reaktif atau infeksi kandung kemih.
  • Retensi urin akut adalah gangguan yang serius dimana seseorang tidak dapat kencing sama sekali.
  • Jika kamu melihat bahwa urin yang kamu keluarkan terdapat busa berlebihan di atasnya, ini adalah indikasi dari gangguan ginjal dan kamu harus mengobatinya sesegera mungkin.

Pengobatan Untuk Mengatasi Pee Shy

Tidak perlu khawatir, karena sindrom ini masih bisa diatasi. Beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu:

  • Terapi perilaku kognitif akan sangat bermanfaat dalam mengatasi hal ini. Dengan cara ini, seseorang dibantu untuk mengubah pikiran dan perasaannya mengenai buang air kecil di toilet umum.
  • Mengajarkan teknik relaksasi yang berguna untuk mengatur pernapasan, relaksasi otot serta membayangkan sesuatu yang menyenangkan atau santai sehingga mengurangi kecemasan seseorang terkait fobia yang dimilikinya.
  • Mengonsumsi obat anti kecemasan.

Nah, itu dia penjelasan tentang Phe Shy, apa kamu salah satu orang yang mengalaminya? Kalau iya, mulai dari sekarang biasakan diri kamu untuk menerima keadaan kalau toilet umum memang tidak bisa terlalu private. Kalau kamu bisa mengendalikan hal tersebut, maka sindrom ini pun akan hilang dari hidup kamu.

Check Also

Bisakah Obat Kumur Mengobati Sariwan? Yuk, Cari Tahu

Semua orang pasti pernah mengalami sariawan, itu hal yang sangat menyebalkan bukan? Sakit, perih sampai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *