Home / info / Fobia Terhadap Makanan Paling Aneh Di Dunia

Fobia Terhadap Makanan Paling Aneh Di Dunia

Pernah dengar kata fobia gak sih guys? Udah sering deh kayaknya ya dengar kata itu. Fobia ketinggian atau fobia kegelapan adalah hal yang biasa, tapi bagaimana dengan fobia makanan? Penasaran? Yuk kita baca sama-sama artikel ini.

Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Ada perbedaan bahasa antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia. Pengamat fobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara dibayangan mental seorang pengidap fobia, subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna dan sangat menjijikkan ataupun menakutkan.

Pada umumnya, manusia pasti suka makan. Selain untuk bertahan hidup, makan dengan berbagai jenis makanan dapat meningkatkan mood yang ada dalam diri manusia. Tetapi, sebagian orang ternyata bisa memiliki fobia terhadap makanan, bahkan menganggap makanan itu sebagai hal yang menyiksa.  Tentunya akan sangat rumit bukan? Hal yang seharusnya membahagiakan malah menjadi sesuatu hal yang mengerikan. Biasanya, para pengidap fobia cukup menyadari bahwa ketakutan mereka tidak masuk akal. Namun, seringkali mereka tak berdaya dan tak dapat berbuat apa-apa. Berikut ini fobia-fobia aneh yang harus kamu ketahui:

1. Thermophobia, Fobia Pada Makanan Atau Minuman Panas

Fobia ini merupakan rasa ketakutan terhadap makanan ataupun minuman panas. Jika melihat makanan atau minuman panas, pengidap thermophobia akan merasa mual dan gemetar. Meskipun dianggap aneh, pengidap thermophobia masih bisa bertahan dengan mengganti makanan yang panas dengan makanan yang dingin. Waduh susah juga ya kalau mengidap fobia ini, kalau masuk angin kan harus minum air panas bukan air es 🙂

2. Xocolatophobia, Fobia Pada Cokelat

Beberapa orang mungkin menganggap cokelat adalah bagian hidup yang tidak akan pernah bisa dilepas. Namun, penderita xocolatophobia justru ingin melepaskan diri dari apapun yang berkaitan dengan cokelat. Pengidap xocolatophobia tidak akan tahan mencium bau kokoa atau cokelat. Jika tercium, mereka akan merasa seakan kehilangan keseimbangan. Kasihan banget ya gak bisa makan cokelat yang enaknya gimana gitu 🙂

3. Frigophobia, Fobia Pada Makanan Atau Minuman Dingin

Kalau yang ini kebalikan dari thermophobia, pengidap fobia frigophobia merupakan orang yang takut pada makanan atau minuman yang dingin, seperti es krim ataupun makanan lainnya yang ditaruh di dalam kulkas. Jangankan makan, berada didekat makanan dingin ataupun melihat orang yang sedang minum es pun membuat pengidap frigophobia panik luar biasa.

4. Geumaphobia, Fobia Pada Rasa Baru

Mencicipi setiap rasa baru dapat menjadi pengalaman yang menakutkan bagi pengidap geumaphobia. Salah satu penyebab geumaphobia adalah selera makan yang sering tidak menyenangkan, terutama saat terpaksa. Mencoba rasa baru pada makanan akan membuat pengidap geumaphobia merasakan ketakutan yang luar biasa. Mulai dari rasa panik yang berlebihan sampai detak jantung yang berdebar tidak karuan.

5. Cibophobia, Fobia Pada Semua Makanan

Cibophobia adalah fobia terhadap semua makanan. Tapi terkadang orang yang mengidap cibophobia hanya takut terhadap jenis makanan tertentu saja, misalnya hanya takut pada makanan yang cepat busuk, takut pada makanan olahan susu, takut pada makanan yang berbau menyengat dan lain sebagainya. Jadi mau makan apa kalau seperti itu? Hmm gawat sekali.

6. Phagophobia, Fobia Menelan Makanan

Bagi pengidap phagophobia, memasukkan makanan ke dalam mulut mungkin bukan masalah tapi yang jadi masalah adalah ketika mereka harus menelan makanan tersebut. Menelan makanan adalah pekerjaan yang sangat sulit dan membuat mereka menderita. Mereka hanya bisa mengunyah makanan sampai di mulut saja dan kalau sampai menelan makanan tersebut, mereka akan mengalami panik yang luar biasa. Karena ketika makanan selesai dikunyah dan akan ditelan, mereka akan merasa ada benjolan di tenggorokan yang membuat mereka merasa tercekik. Memilukan sekali pengidap fobia ini ya guys.

7. Methyphobia, Fobia Pada Alkohol

Jika separuh orang di dunia memiliki fobia ini pasti dunia akan menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali, bener gak? Penderita methyphobia mungkin bisa dikatakan sebagai orang yang anti terhadap alkohol. Fobia ini membuat pengidapnya memiliki ketakutan yang berlebih terhadap alkohol. Jika berdekatan dengan orang yang baru saja meminum alkohol, pengidap methyphobia akan merasakan tegang otot, pusing dan jantung berdetak tak menentu. Baru mencium baunya saja sudah segitunya apalagi kalau mereka meminumnya, bisa mati mendadak mungkin ya 🙂

Itulah beberapa fobia aneh yang diderita sebagian orang, terdengar aneh kan? Namun itu semua nyata lho. Fobia ini mengerikan sehingga membuat pengidapnya mengalami keanehan di dalam hidupnya. Apakah kamu salah satu pengidap fobia seperti di atas? Kalau kamu mengidap salah satunya, segera konsultasikan masalah ketakutan atau fobia kamu pada psikiater. Dengan demikian kamu akan mendapatkan pertolongan yang tepat. Namun bersyukurlah bagi kamu yang tidak memiliki fobia tersebut dan semoga kamu tidak mengalaminya.

Check Also

Inilah Penemuan Yang Tercipta Secara Tidak Sengaja

Sudah banyak sekali penemuan-penemuan yang ditemukan di dunia ini. Para ilmuwan berlomba-lomba untuk melakukan penyelidikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *