Home / info / Miris, New Delhi Dapat Gelar Kota Paling Berpolusi Di Dunia

Miris, New Delhi Dapat Gelar Kota Paling Berpolusi Di Dunia

Disaat sekarang ini, semakin banyak orang yang tidak menyadari bahwa polusi itu sangat mengganggu dan berbahaya untuk kesehatan. Ada beberapa jenis polusi yang ada di dunia ini dan kalau ngomongi masalah polusi, tau gak kamu kota mana yang sangat berpolusi? Ya, New Delhi adalah kota yang sangat berpolusi di dunia. Agar lebih jelas lagi, mari kita simak sama-sama.

Apa Itu Polusi?

Polusi adalah proses terjadinya pencemaran lingkungan yang akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan dan ketenangan dari makhluk hidup termasuk manusia. Terjadinya polusi atau pencemaran lingkungan pada umumnya terjadi akibat kemajuan teknologi, dimana dalam usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Contohnya : pencemaran udara, air dan tanah. Sebagai akibat dari turunnya kualitas udara, air dan tanah ialah kerugian dan ancaman terhadap kelestarian lingkungan.

Jika keadaan polusi tetap dibiarkan tanpa solusi, tentu akan membahayakan kehidupan umat manusia. Maka berbagai upaya telah dilakukan demi untuk menanggulagi, mencegah atau mengatasi terjadinya polusi ini atau setidaknya dapat berfungsi menghambat dampak negative yang timbul.

Misalnya dengan membuat tempat khusus membuang limbah, menetralisir bahan polutan dalam limbah dan sebagainya. Supaya pencegahan bahaya polusi bisa lebih berhasil maka dibutuhkan pengendalian lingkungan yang berdasarkan pada baku mutu lingkungan.

Macam-Macam Polusi

Polusi itu banyak macamnya dan sangat berbahaya bagi lingkungan terutama bagi orang di sekitarnya. Beberapa macam polusi akan dijelaskan berikut ini diantaranya :

Polusi Udara

Polusi ini mencemarkan udara di bumi dimana polusi ini berasal dari asap pabrik dan asap dari kendaraan bermotor sehingga menghasilkan banyak gas karbondioksida yang dapat membuat udara jadi tidak bersih.

Polusi Tanah

Ternyata tanah juga dapat terpolusi oleh sampah plastik, pembuangan bekas limbah dan lain-lain sehingga tanah tidak subur dan jika ditanami oleh tanaman, tanaman tersebut akan mati.

Polusi Suara

Suara juga dapat terkena polusi, kita pasti belum tersadar akan polusi jenis ini karena kita fikir ini adalah hal biasa. Polusi suara ini disebabkan oleh suara kebisingan pesawat, suara musik yang keras dan suara dari lalu lintas dan berbagai hal lainnya.

Kontaminasi Radioaktif

Ini adalah pencemaran yang sangat berbahaya dibandingkan dari pencemaran atau polusi dari udara, tanah dan suara. Pencemaran radioaktif berasal dari kebocoran tenaga nuklir atau pembuangan limbah radio aktif yang sembarangn.

Polusi Foto

Polusi ini disebabkan oleh foto yang memakai lampu buatan sehingga dapat merusak penglihatan dan mengganggu pola tidur.

Polusi Visual

Polusi visual dapat juga terjadi walaupun kita tidak menyadarinya. Polusi visual biasanya terjadi di tembok-tembok yang ada dijalanan, dimana tembok tersebut dicoret-coret dan dikotori sehingga terkadang orang lain melihat hal itu sebagai perusak walaupun beberapa orang beranggapan kalau itu adalah sebuah seni.

Polusi Air

Polusi air disebabkan oleh pembuangan limbah pabrik dan limbah rumah tangga ke sungai, danau dan bahkan laut sehingga air menjadi tercemar dan dapat merusak ekosistem air dan lingkungan.

New Delhi Kota Paling Berpolusi

New Delhi mengumumkan kebijakan untuk melawan polusi udara ekstrim yang membuatnya mendapatkan gelar sebagai kota paling tercemar. Kota New Delhi ini sangat jauh dari kata bersih dan bebas polusi, sama halnya dengan Jakarta dan Beijing yang serba semrawut akan Polusi. Namun New Delhi kali ini mendapat julukan dari para wisatawan asing yang berkunjung kesana, yaitu dengan sebutan kota paling berpolusi di dunia.

Mungkin polusilah yang menyebabkan New Delhi dinobatkan sebagai kota paling berpolusi di dunia. Polusi yang dihasilkan dari kota New Delhi dikatagorikan 60 persen mencapai level tidak aman yang disebabkan oleh asap kendaraan dan pabrik yang tidak peduli terhadap lingkungan. Jika terhirup oleh manusia, maka besar kemungkinan akan terjadi sesak nafas, batuk-batuk, pusing dan jika itu terus menerus terhirup oleh penduduk disana maka akan terjangkit paru-paru kronis.

Langkah-Langkah Melawan Polusi Di New Delhi

Ibukota India tersebut mengumumkan langkah-langkah baru untuk melawan polusi udara ekstrim yang telah membuat New Delhi mendapatkan gelar sebagai kota paling tercemar di dunia. Kewal Kumar Sharma, sekretaris kepala kota mengungkapkan jika mulai 1 Januari selama beberapa minggu. Mobil pribadi hanya akan diizinkan beroperasi di jalan-jalan New Delhi pada hari alternatif, tergantung pada plat nomor mobil berakhir di angka genap atau ganjil. Puncak polusi kota biasanya selama bulan-bulan musim dingin.

Kota ini juga berencana untuk menutup salah satu pembangkit listrik termal tertua dan paling efisien. Pembangkit listrik Badarpur, mulai beroperasi pada awal 1970-an menggunakan peralatan usang dan sering rusak. Polisi lalu lintas juga akan diberitahukan untuk memastikan bahwa truk dengan mesin diesel yang transit melalui kota di malam hari hanya boleh masuk setelah jam 11 malam. Saat ini truk yang diizinkan memasuki kota pada jam 09:00 malam sering mengakibatkan kemacetan lalu lintas.

Kebijakan ini tidak jelas sampai kapan akan terus berlaku atau persisnya berapa lama akan dilanjutkan. Sharma mengatakan pemerintah juga berencana membeli peralatan pembersih vakum khusus untuk membersihkan jalan dan mengurangi debu yang ada di kota.

Pengumuman kebijakan itu datang sehari setelah Pengadilan Tinggi Delhi mencela pemerintah kota untuk “mengkhawatirkan” tingkat polusi udara di ibu kota. Awal tahun ini, kota memerintahkan semua mobil pribadi yang lebih tua dari 10 tahun diambil dari jalanan. New Delhi menjadi kota besar kedua di dunia yang melakukannya setelah Beijing.

Tahun lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa ibukota India merupakan terpolusi di dunia dengan 12 kota lainnya. Pada bulan November dan awal Desember, kualitas udara kota merosot ke tingkat berbahaya dengan tingkat polutan PM2.5, partikel yang sangat halus yang dapat bersarang di dalam paru-paru dan menyebabkan kerusakan, melonjak hingga 12 kali di atas tingkat keamanan WHO dari 25 mikrogram per meter kubik.

Gimana menurut kamu setelah membaca artikel di atas? Sangat miris bukan? Kalau semakin lama seperti itu, semua orang yang berada di sana akan mengalami sakit paru-paru. Semoga dengan adanya kebijakan yang sudah disebutkan di atas, akan mengurangi polusi yang terjadi di kota New Delhi tersebut.

Check Also

Viral, Imam Berambut Gimbal

Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar istilah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya”, pepatah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *