Home / info / Ternyata Barang Keseharian Ini Memiliki Masa Kadaluarsa Juga Lho

Ternyata Barang Keseharian Ini Memiliki Masa Kadaluarsa Juga Lho

Kalau ngomongin makanan, sudah tentu ada masa kadaluarsanya. Bener gak? Tapi guys, tidak hanya makanan saja lho yang punya masa kadaluarsanya tetapi juga barang, yang pastinya gak kalian duga ini memiliki masa kadaluwarsa. Penasaran kan barang apa yang dimaksud? Silahkan disimak ya.

Banyak orang yang tidak menyangka kalau barang yang kita pakai sehari-hari itu ternyata bisa juga kadaluwarsa. Jangan tunggu sampai rusak, sebab masa pakai barang-barang ini ternyata jauh lebih singkat daripada yang kamu duga. Jika terus-menerus dipakai bisa menjadi sarang kuman, bahkan menularkan penyakit. Berikut ini adalah barang sehari-hari yang punya masa kadaluarsa paling singkat.

1. Sisir

Hasil gambar untuk Barang Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

Sisir yang terbuat dari bulu sikat lembut ini ternyata memiliki masa pakai yang lebih pendek, yaitu sekitar 7 – 10 bulan. Selain dibersihkan setiap 1 minggu, kita juga harus mengganti sisir setiap tahun. Meski belum setahun, jika 10 persen gerigi sisir milik kamu hilang, saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Sisir bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan ketombe karena jamur atau bahkan infeksi pada kulit.

2. Bantal

Hasil gambar untuk Barang Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

Bantal memiliki masa waktu 2 sampai 3 tahun karena dalam waktu tersebut bantal bisa berdebu dan dapat menyebabkan sakit leher. So, kalau sudah lewat waktu alangkah baiknya kamu beli yang baru.

3. Handuk

Hasil gambar untuk masa kadaluarsa barang sehari-hari

Cuci handuk tiap minggu dalam air bertemperatur 60 derajat celsius. Kamu bisa dengan mudah terkena infeksi kulit jika jarang mencuci handuk. Apalagi jika handuk juga digunakan oleh orang lain, penyakit kulit akan menular. Jangan memiliki kebiasaan berbagi handuk yang sama dengan orang lain. Meskipun rajin dicuci, handuk tetap harus diganti setiap 1 sampai 3 tahun sekali. Pasalnya, proses pencucian biasa pun tidak dapat menghambat perkembangbiakan bakteri pada serat-serat handuk.

4. Bra

Hasil gambar untuk Barang Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

Bra punya masa pakai selama 1-2 tahun. Setelahnya, penyangga payudara itu akan kehilangan bentuk, elastisitas dan berpotensi tak nyaman digunakan. Beli bra baru tiap tiga bulan. Khusus bra olahraga, ganti baru setelah dicuci 30 sampai 40 kali. Hindari menggunakan detergen kimia dan pelembut karena merusak bahan lycra pada bra. Kamu perlu membeli bra secara teratur karena payudara terdiri dari jaringan lemak.

5. Sandal

Hasil gambar untuk Barang Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

Mungkin diantara kamu semua kalau memakai sandal pasti lebih dari 6 bulan, memang gak masalah sih asal rajin membersihkannya. Tapi kalau tidak ingin kakimu mengalami infeksi jamur, kamu harus mulai berinventasi dengan membeli alas kaki baru. Juga jangan lupa untuk mencucinya ya guys.

6. Sikat Gigi

Hasil gambar untuk Barang Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

Sikat gigi harus diganti 3 bulan sekali agar dapat kembali bekerja secara efektif. Karena setelah itu, sikat gigi tidak dapat digunakan lagi. Apalagi ketika bulu-bulunya sudah mulai rusak, mempertahankannya hanya bisa membuat gusimu malah terluka dan berdarah.

7. Parfum

Hasil gambar untuk masa kadaluarsa parfum

Meskipun botol parfum tidak mencantumkan tanggal expired, hal ini tidak menghentikan fakta bahwa parfum juga mengalami masa kadaluarsa. Parfum punya daya tahan lama antara 2-3 tahun. Jika kamu menyimpan cairan wangi itu dalam kondisi botol terbuka, masa pakainya hanya sekitar 2 tahun. Jika kamu tanpa sadar menggunakan parfum yang telah kadaluarsa, kamu dapat terserang alergi, baik alergi pada kulit maupun alergi terhadap jenis parfum yang bersangkutan.

8. Bumbu

Hasil gambar untuk masa kadaluarsa bumbu rempah

Rempah-rempah kehilangan rasa dan bau dari waktu ke waktu yang secara efektif membuatnya tak lagi berguna. Bumbu dalam bentuk bubuk hanya bertahan selama 6 bulan. Jadi jangan terlalu lama ya menyimpan bumbu di dapur.

9. Obat Nyamuk Semprot

Hasil gambar untuk Obat Nyamuk Semprot

Produk ini hanya efektif selama 2 tahun, jika kamu menggunakan botol obat nyamuk semprot yang sama selama bertahun-tahun, jelas itu adalah hal yang sia-sia. Setelah waktu itu terlampaui, kamu pasti akan menjadi incaran nyamuk dan serangga lainnya karena obat nyamuk itu tidak lagi bisa bekerja secara efektif.

10. Spons Cuci Piring

Hasil gambar untuk masa kadaluarsa barang sehari-hari

Hayo pernah nyangka gak kalau spons juga bisa kadaluarsa? Yap, ternyata spons memiliki masa kadaluarsa hanya 2 minggu saja lho. Spons harus diganti secara berkala atau jamur akan berkembang di dapur kamu. Alternatifnya, kamu bisa mendisinfeksi spons dalam air mendidih yang bisa membunuh bakteri.

11. Talenan

Hasil gambar untuk masa kadaluarsa barang sehari-hari

Makanan yang sehat bisa saja tetap membawa berbagai masalah kesehatan kalau gak diolah dengan benar. Salah satunya talenan yang digunakan untuk sebagai alas memotong. Menurut Hygine Council, bakteri yang terpapar pada talenan bahkan 50 kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Makanya setelah selesai digunakan, kamu mesti mencucinya dengan cairan disinfektan. Kalau sudah mulai susah dicuci, silahkan ganti yang baru ya.

Itulah barang sehari-hari yang memiliki kadaluarsa dalam waktu singkat. Karena semakin sering dipakai, barang tersebut akan cepat mengalami penurunan fungsi. Jadi jangan pikir hanya makanan saja ya yang memiliki masa kadaluarsa. 🙂

Check Also

Inilah Jenis Pisau Yang Berbahaya Di Dunia

Pisau ialah alat yang digunakan untuk memotong sebuah benda. Pisau terdiri dari dua bagian utama, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *