Home / info / Waspadalah, Perairan Ini Sangat Berbahaya

Waspadalah, Perairan Ini Sangat Berbahaya

Perairan merupakan sumber kehidupan untuk semua makhluk di bumi ini, perairan ini bisa berbentuk sungai, laut, danau dan juga kolam. 2/3 bagian dari bumi merupakan perairan, karena air memang kebutuhan utama semua makhluk hidup. Tapi apakah kamu tau kalau ada perairan yang mematikan? Ya, tidak semua perairan aman buat kita dan tidak semua air itu dapat dikonsumsi lho.

Meskipun keberadaan perairan sangat menguntungkan buat kita, namun perairan yang menopang kehidupan pun bisa mendatangkan kematian. Banyak faktor yang membuat sebagian wilayah perairan menjadi tempat paling berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Ada beberapa perairan yang diketahui sangat berbahaya dan mengerikan, penasaran? Yuk mari kita simak sama-sama artikel ini.

1. Segitiga Bermuda

Segitiga bermuda adalah wilayah di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil atau 4 juta km yang membentuk garis segitiga antara bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

Segitiga bermuda dipercaya sebagai pusat magnet bumi, karena menurut para ahli disana terdapat dua buah lubang besar yang akan menghisap apapun yang melintas di atas lubang tersebut. Diketahui ada puluhan kapal yang jatuh di sekitar segiti bermuda tersebut dan lebih banyak lagi kapal yang hilang mendadak setelah melintas di perairan segitiga bermuda tersebut. Kasus-kasus tersebut membuat banyak orang berpikir bahwa segitiga bermuda merupakan perairan yang sangat berbahaya.

2. Sungai Rio Tinto

Perairan ini merupakan salah satu sungai paling tercemar di dunia. Kadar toksin di perairan ini sangat tinggi. Aliran airnya yang berwarna merah kekuningan sebenarnya mengandung berbagai jenis polutan berbahaya. Bantaran sungai Rio Tinto kaya akan mineral berharga, antara lain tembaga, emas dan perak. Selama berabad-abad wilayah ini dieksploitasi oleh para penambang. Namun eksploitasi berlebihan turut merusak daerah tersebut.

Air Sungai Rio Tinto tercemar oleh kandungan mineral yang larut dalam air dengan kandungan asam tinggi. Selain airnya yang menimbulkan potensi bahaya jika bersentuhan dengan kulit, polusi udara di Sungai Rio Tinto juga bisa mendatangkan masalah kesehatan jika dihirup terus-menerus.

3. Danau Karachay

Danau Karachay yang terletak di Karachay sangatlah murni dan indah, akan tetapi mematikan. Dia juga dapat menjadi sumber radioaktif paling tidak aman di bumi karena menjadi lokasi pembuangan utama limbah nuklir hingga tahun 90-an. Toksin Karachay cukup untuk mampu membunuh Anda tanpa harus meminum airnya. Bagaimana bisa? Sebab dengan berdiri di pinggirnya saja kamu dapat terkena serangan radiasi mematikan yang radio aktifnya tidak akan hilang hingga 500 tahun nanti.

4. Laut China Selatan

Paska hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 tersebut dikait-kaitkan dengan bahayanya Laut China Selatan. Menurut penelitian Badan Amal Kehidupan Liar Dunia (WWF) mengatakan bahwa laut China Selatan merupakan laut yang paling berbahaya, banyak kapal serta pesawat yang hilang tanpa sebab di perairan tersebut. Dugaan sementara adanya badai dan topan serta angin besar lain melintasi Laut China Selatan sehingga menenggelamkan kapal-kapal itu juga beberapa pesawat dan anehnya lagi bangkai kapal atau pesawat tersebut sampai sekarang tidak ditemukan.

5. Samudera Hindia

Samudera Hindia atau Samudera Indonesia adalah perairan terbesar ketiga di dunia. Samudera Hindia juga menjadi perairan paling berbahaya di muka bumi. Hal itu disebabkan oleh aktivitas perompakan yang semakin merajalela sejak tahun 2000-an. Samudera Hindia merupakan jalur operasi bagi para bajak laut Somalia yang terkenal karena kebengisannya.

Pembajakan di pantai lepas Somalia dan sekitarnya telah menjadi ancaman bagi pelayaran internasional sejak tahap kedua dari Perang Saudara Somalia pada awal abad ke-21. Sejak tahun 2005, sejumlah organisasi internasional mengeluhkan aksi pembajakan dan penyanderaan oleh kelompok-kelompok kriminal ini. Sasaran utamanya adalah kapal-kapal yang melakukan pengiriman lewat jalur laut.

6. Selat Malaka

Selat Malaka seperti umumnya perairan di wilayah Asia Tenggara, termasuk perairan Indonesia dan Malaysia yang merupakan wilayah yang dipenuhi perompak. Kondisi geografis Selat Malaka yang sempit dengan ribuan pulau-pulau kecil dan terhubung dengan sungai-sungai memudahkan para perompak untuk menyerang, menawan dan melarikan diri.

Meski sempat dikenal sebagai perairan paling berbahaya di dunia, operasi militer gabungan yang dilakukan negara-negara di sekitar Selat Malaka yaitu Indonesia, Singapura dan Malaysia telah sukses menekan angka serangan perompak di wilayah itu.

7. Danau Bellandur, India

Danau Bellandur merupakan contoh nyata atas pencemaran lingkungan parah di India, karena tingkat polusi di danau ini sangat tinggi hingga mulai membahayakan kesehatan warga sekitar. Tak sedikit warga yang mengalami gatal-gatal dan masalah kesehatan lainnya setelah bersentuhan dengan air danau.

Beberapa waktu lalu, air Danau Bellandur diselimuti busa putih yang menyerupai salju. Busa ini mengandung bahan berbahaya dan sempat memercikkan api. Di baliknya tampak air danau yang berwarna hitam keruh. Fenomena ini sempat menimbulkan kehebohan di jejaring sosial. Warga India menuntut pemerintah untuk tak lagi menutup mata terhadap pencemaran Danau Bellandur yang kian memprihatinkan.

8. New Smyrna Beach

Pantai ini berlokasi di Volusia County, Florida yang dikenal sebagai “shark attack capital of the world”. Pasalnya, pantai ini adalah perairan dengan kasus serangan hiu terbanyak di dunia. Sejak tahun 1882, New Smyrna Beach telah menyaksikan 267 serangan hiu. Jumlah ini memuncak hingga memecahkan rekor pada tahun 2013.

Frekuensi penampakan hiu di pantai lepas Volusia County sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi daripada wilayah laut Afrika Selatan yang dikenal sebagai habitat hiu terbesar di dunia. Jika kamu berenang di laut New Smyrna Beach, kemungkinan besar kamu berada dalam jarak 3 meter dari seekor hiu ganas. Sayangnya, reputasi New Smyrna yang mengerikan justru membuat para pelancong nekat tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Tak sedikit peselancar atau wisatawan biasa yang menjadi korban serangan hiu, ringan maupun fatal.

Nah, itulah beberapa perairan yang berbahaya buat kita dan benar-benar tidak aman untuk dikonsumsi. Padahal air sumber kehidupan kita dan air juga masih dibutuhkan oleh beberapa negara lain yang kekurangan air bersih. Sungguh memprihatinkan sekali ya.

Check Also

Yuk, Tebak Kepribadian Melalui Warna Kesukaan

Kalau sebelumnya kita udah pernah membahas melihat karakter lewat bunga, kali ini kita akan membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *