Home / olahraga / Tips Agar Selalu Tampil Bugar Saat Bermain Futsal

Tips Agar Selalu Tampil Bugar Saat Bermain Futsal

Futsal adalah olahraga yang sangat digemari para kaum lelaki, tidak hanya pria saja yang menggemarinya, bahkan semua kalangan sangat menggemari olahraga ini. Selain dapat berolahraga, futsal juga bisa dijadikan tempat perkumpulan para teman lama yang dulunya sering bermain bersama. Namun terpisahkan karena kegiatan dan kesibukan dalam sehari-hari. Dengan bermain futsal mungkin saja bisa mempererat kembali kekompakkan yang pernah hilang.

Tentu ini sangat disayangkan jika baru bermain futsal sebentar saja sudah merasakan kelelahan, bisa-bisa ini salah satu yang menghambat untuk menjalin kekompakkan antara tim. Bukannya bermain bersama rekan-rekan satu tim, malah hanya duduk sebagai penonton saja. Hal seperti ini tentunya juga sangat dibenci para penikmat olahraga futsal, ini seharusnya memerlukan latihan khusus untuk meningkatkan stamina saat main futsal.

Hal ini dikarenakan pemain futsal maupun sepakbola sehebat apapun teknik dan skillnya terkadang akan menghilang begitu saja ketika staminanya menurun. Hal yang berimbas pada kekuatan dan juga daya konsentrasinya saat bermain. Jika sudah terangah-engah karena kelelahan bisa jadi ini dikarenakan anda sudah terlalu lama tidak bermain futsal dan pada saat memulainya lagi sudah cepat merasa kelelahan.

Nah, kira-kira bagaimana ya caranya agar stamina anda tidak mudah lelah dan bagaimana ya caranya menambah stamina. Yuk, mari simak kiat-kitanya berikut dibawah ini :

Cara Meningkatkan Stamina Saat Main Futsal

Hal yang sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan stamina adalah dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga juga terbukti dapat memperkuat jantung sehingga menyebabkan lebih banyak pasokan oksigen sampai ke seluruh tubuh. Cara meningkatkan stamina yang biasa dilakukan adalah dengan olahraga kardio, yaitu berlari. Karena lapangan futsal lebih kecil daripada lapangan sepak bola biasa, anda pun dituntut untuk jadi lebih lincah, gesit dan cepat dalam pertandingan.

Anda harus bisa mengubah manuver sewaktu-waktu serta harus mampu berlari dengan kecepatan tinggi. Inilah mengapa Anda mungkin jadi lebih cepat lelah ketika main futsal. Berikut tahap tahap bagaimana Anda dapat memaksimalkan olahraga kardio untuk meningkatkan stamina Anda dan agar selalu menjaga stamina anda :

  1. Anda cukup berlari saja. Berlari kecil alias joging & berlari cepat dapat Anda lakukan sesuai dengan keinginan
  2. Buatlah target setiap kali melakukan latihan ini. Misalnya, pada latihan pertama berlari nonstop selama 30 menit, kemudian pada latihan kedua tingkatkan menjadi 45 menit, latihan ketiga 1 jam, dan seterusnya.
  3. Jika Anda rasa berlari saja sudah terasa tidak berat, masukkan menu sprint dalam menu latihan ini. Misalnya, setiap 15 menit sekali Anda melakukan sprint selama 5 menit atau beberapa menit. Nantinya level dari sprint dinaikkan menjadi lebih berat.
  4. Latihan Interval : Mulailah dengan pemanasan dulu selama lima belas menit. Kemudian Anda bisa pilih mau lari atau naik sepeda, misalnya, tapi harus dengan intensitas atau kecepatan tinggi selama tiga menit. Lalu lanjutkan dengan berlari atau naik sepeda pelan-pelan, selama tiga menit. Ulangi sampai kira-kira tiga kali, baru akhiri dengan pendinginan selama sepuluh menit.
  5. Jaga pola hidup sehat Anda mungkin cepat lelah karena gaya hidup Anda sendiri bermasalah. Misalnya Anda kurang bergerak sehingga semua otot tubuh terasa kaku. Atau Anda kelebihan berat badan? Merokok juga bisa jadi penyebab Anda gampang lelah saat main futsal. Kurangi rokok anda.
  6. Latihan Wall Sit akan membantu meningkatkan ketahanan otot-otot di area paha dan tungkai kaki. Anda pun akan kuat lari lebih lama tanpa pegal. Cara melakukannya cukup sederhana. Berdirilah dengan punggung lurus pada dinding. Buka kedua kaki sampai selebar pundak, Kemudian turunkan tubuh dan tekuk lutut Anda seolah Anda mau duduk di kursi. Angkat dan turunkan tubuh Anda berulang-ulang. Setiap lutut Anda membentuk sudut siku (90 derajat) , tahan posisi tersebut selama satu menit. Kemudian berdiri lagi dengan tegak. Nanti kalau sudah terbiasa melakukan wall sit, Anda bisa menambahkan dumbbell pada masing-masing tangan.

Itulah 6 kiat-kiat yang harus anda lakukan untuk menjaga stamina anda agar tidak cepat merasa lelah dan lebih baik lagi dalam bermain futsal. Dibawah ini juga ada cara bernapas yang baik dan benar saat anda sedang berlari atau latihan bermain futsal, berikut ulansannya :

Cara Bernafas Yang Dianjurkan

Sewaktu anda mulai latihan atau berlari sampai sebisa mungkin nafas panjang masuk dari hidung dan keluar dari hidung. Setelah itu sebisa mungkin nafas normal masuk dari hidung keluar dari hidung, kemudian sebisanya nafas pendek masuk dari hidung keluar dari hidung. Ketika sudah terasa sangat berat masuk hidung, keluarkan lewat mulut, Jangan pernah bernafas masuk dari mulut keluar juga dari mulut (Hyperventilation) karena ini dapat menyebabkan pusing bahkan pingsan.

Jika ketika berlari perut terasa sakit, lanjutkan saja karena nanti akan hilang dengan sendirinya. Jika terasa sudah tak sanggup bernafas, berhenti jangan sampai kehabisan nafas. Jika kaki terasa sakit kurangi tempo dan jangan melupakan istirahat serta asupan nustrisi untuk tubuh.

Itulah kiat-kiat agar anda selalu tampil bugar dan tidak cepat merasa lelah. Semoga saja artikel ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk semua para pembaca sekalian, akhir kata kami ucapkan banyak terimakasih. Selamat bermain futsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *