Home / pengetahuan / Yuk, Ketahui Kenapa Kita Harus Belajar Bahasa Asing

Yuk, Ketahui Kenapa Kita Harus Belajar Bahasa Asing

Hai guys, penting gak sih menurut kamu bisa berbahasa asing? Kalau kamu beranggapan untuk apa sih belajar bahasa asing, helloww sempit banget tuh pemikiran. Ini tahun 2017 keles, gak jaman lagi deh cuma bisa satu bahasa. Ya, paling gak sih bisa sedikit bahasa Inggris tapi kalau itupun malas kamu pelajari, hmm gak tau lagi deh.

Saat ini kita hidup di dunia global, dunia di mana pemahaman budaya dan interaksi menjadi lebih luas dan hak tersebut merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari yang tak bisa dipisahkan. Tau gak kamu kalau kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia akan mulai integrasi lebih lanjut menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Nah, supaya kita tidak kalah saat menghadapi persaingan terbuka dengan warga negara-negara lain di Asia Tenggara, kamu harus lebih memikirkan betapa pentingnya bisa berbahasa asing. Sadar gak sih, kalau bisa berbahasa asing itu banyak manfaatnya? Gak percaya? Silahkan simak artikel berikut ini:

Membuat Kamu Lebih Pintar

Menjadi orang yang memiliki kemampuan bahasa tentu saja akan membuat kamu lebih pintar dan bahkan bisa meningkatkan keterampilan dalam menjalin hubungan, mencari relasi dan menambah wawasan serta pengalaman anda dengan orang lain. Menurut sebuah penelitian, saat kita menguasai lebih dari satu bahasa, otak kita secara konstan akan sibuk memilih bahasa mana yang akan kita gunakan. Proses pemilihan inilah yang kemudian mampu menguatkan sel-sel otak dan membuat kita bertambah pintar. Bukti lain yang menyebutkan bahwa orang bilingual lebih pintar daripada monolingual adalah bahwa orang bilingual mampu menyelesaikan teka-teki lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang monolingual.

Untuk Memajukan Karir

Mengambil keputusan untuk memiliki pengetahuan bahasa asing merupakan aset besar di dunia profesional untuk meningkatkan karir. Perekonomian dunia yang semakin mengglobal dan orang-orang yang dapat berinteraksi di panggung internasional menjadi sangat berharga. Untuk bersaing dalam bisnis ekonomi global, sangat penting bagi mereka untuk menjalin hubungan dengan perusahaan lain. Kemampuan karyawan sebagai bilingual akan menguntungkan untuk dalam berkomunikasi dengan mitra bisnis asing dan klien dan juga untuk saling memahami dan menghargai bahwa pengaruh bahasa dan budaya terhadap lingkungan kerja sangat saling mendukung satu sama lain.

Memperkaya Pengetahuanmu

Menguasai bahasa asing tentu akan memperkaya pengetahuanmu, terutama pengetahuan-pengetahuan yang terkandung di dalam buku bahasa asing dan tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dengan menguasai bahasa asing tentu saja akan memudahkanmu untuk mengerti dan memperkaya pengetahuanmu.

Untuk Meningkatkan Bahasa Inggris

Percaya atau tidak, belajar bagaimana berbicara bahasa lain benar-benar dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu atau apapun bahasa asli kamu. Lihat, banyak hal menarik yang sering dinyatakan dalam bahasa lain. Ketika kamu berbicara bahasa asing, banyak hal baru yang bisa kamu ketahui. Bahasa asing memerlukan praktik yang berkelanjutan Karena kamu harus secara aktif berpikir tentang apa yang ingin kamu katakan dan bagaimana kamu ingin mengatakannya. Banyak sekali buku-buku dan artikel yang di publish dalam bahasa inggris dan dengan usaha mempelajari bahasa asing lainnya, secara tidak langsung mengharuskan kita untuk belajar bahasa inggris.

Memudahkanmu Saat Traveling

Satu manfaat yang menyenangkan saat kamu bisa menguasai bahasa asing adalah kamu tidak akan bingung-bingung lagi saat akan traveling ke luar negeri. Kamu akan bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan warga lokal sehingga kamu akan lebih bisa menikmati, lebih mengerti serta lebih menghargai budaya yang ada di negara tujuanmu. Tentu saja hal ini tidak akan bisa kamu dapatkan jika kamu tidak mengerti bahasa mereka dong, bener gak?

Mengubah Caramu Memandang Dunia

Tidak hanya bahasa asing, perbedaan bahasa antar daerah di Indonesia juga pasti akan mengubah cara pandang kita tentang dunia. Contoh yang paling mudah adalah berbedaan makna beberapa kata yang sama di dalam bahasa yang berbeda. Seperti kata cokot yang di dalam bahasa Jawa berarti menggigit sedangkan dalam bahasa Sunda berarti ambil. Atau apakah kamu tahu bahwa plastik kresek itu disebut dengan “kantong asoy” di beberapa wilayah di Sumatra?

Meningkatkan Kesempatan Mengambil Beasiswa Ke Luar Negeri

Sekarang ini, untuk bisa masuk setiap perguruan tinggi dan universitas yang kompetitif selalu membutuhkan minimal dua tahun belajar bahasa asing. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang mewajibkan beberapa semester untuk mengambil kursus tambahan untuk belajar bahasa asing.

Untuk lulus S1 saja di Indonesia harus minimal memiliki skor Toefl 500 atau 600, apalagi untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Tentu saja harus menguasai yang lebih tinggi. Banyak sekali tawaran beasiswa keluar negeri pada jenjang S2, kesempatan ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Kemampuan bahasa inggris menjadikan kita memiliki peluang lebih besar untuk meraih beasiswa tersebut.

Mencegah Penyakit Usia Senja

Pengaruh keterampilan dwibahasa terhadap ketahanan seseorang terhadap demensia atau Alzheimer dikemukakan oleh seorang neuropsikolog dari Universitas California, setelah melakukan penelitian terhadap 44 lansia yang menguasai bahasa Spanyol dan Inggris. Empat puluh empat orang yang ditelitinya ini menunjukkan gejala demensia ataupun Alzheimer rata-rata satu tahun lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang hanya menguasai satu bahasa.

Agar Tidak Bergantung Dengan Bahasa Inggris Saja

Memang bahasa standar internasional adalah bahasa Inggris, banyak literatur juga ditulis dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, penguasaan bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan. Akan tetapi kita tidak dapat menangkal bahwa dalam kunjungan atau menetapnya kita di suatu daerah, terkadang banyak yang tidak menggunakan bahasa Inggris, tetapi menggunakan bahasa mereka sendiri. Untuk itu kita harus belajar menguasai bahasa asing lain agar tidak ada ketergantungan dalam penggunaan bahasa Inggris.

Nah, itu dia alasan kenapa kita semua harus belajar bahasa asing, banyak bangetkan manfaat yang diperoleh? Maka dari itu, jangan pernah berpikiran kalau satu bahasa itu sudah cukup ya. Mulai dari sekarang, terapkanlah pada diri kamu supaya perlahan bisa menguasai banyak bahasa asing. Okey, see you…

Check Also

Bukan Dengan Uang, Inilah Cara Unik Pembayaran Zaman Dahulu

Ada jual dan ada beli, ketika kita membeli sesuatu tentu saja kita harus membayarnya. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *